Analisis Faktor Rendahnya Cakupan Standar Pelayanan Minimal Pada Pelayanan Hipertensi

  • Jayandra Jayandra Universitas Hangtuah Pekanbaru
  • Mitra Mitra Universitas Hangtuah Pekanbaru
  • Dessy Rusdy Puskesmas Kuala Cenaku
Keywords: Capaian Puskesmas, Hipertensi, Standar pelayanan minimal, Posbindu

Abstract

Hipertensi merupakan salah satu penyakit tidak menular utama yang menjadi perhatian pemerintah, sehingga pengendaliannya diintegrasikan dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM) sesuai PMK Nomor 4 Tahun 2019. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor penyebab rendahnya capaian SPM pada pelayanan kesehatan penderita hipertensi di UPTD Puskesmas Kuala Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan desain Rapid Assessment Procedure (RAP) dengan metode penelitian cepat yang digunakan untuk mengumpulkan informasi penting dalam waktu singkat, biasanya di komunitas tertentu atau dalam situasi tertentu. Pengumpulan data dengan cara wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi kegiatan posbindu PTM dan di validasi dengan triangulasi sumber informasi dari informan, dan metode. Analisis data menggunakan teknik problem solving cycle, fish bone analysis dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendahnya capaian SPM disebabkan oleh faktor ketidakpatuhan pasien hipertensi untuk memeriksakan diri ke Posbindu dan Puskesmas, lokasi Posbindu yang terpusat di satu tempat, kurangnya pengetahuan masyarakat tentang hipertensi, dan minimnya dukungan keluarga. Rekomendasi intervensi meliputi kolaborasi lintas program untuk inovasi pelayanan, pelaksanaan Posbindu keliling, edukasi rutin di setiap desa, serta penambahan media promosi kesehatan seperti poster, buku, dan leaflet.

References

Alendra, V., et al. (2024). Analisis Implementasi Kebijakan Program Pelayanan Kesehatan Hipertensi Dengan Cerdik Dan Patuh di Puskesmas Alahair Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2024. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(3). 5609-5623. Diunduh 28 Nopember 2024. Available from: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/prepotif/article/download/34819/25161/131044

Diani, M. T., et al. (2023). Optimalisasi Pemerataan Sdm Kesehatan di Indonesia. Journal of Nursing and Public Health. Vol. 11 No. 1, 234-245. Diunduh 28 Nopember 2024. Available From: https://jurnal.unived.ac.id/index.php/jnph/article/download/4125/3193

Dinas Kesehatan Provinsi Riau. (2023). Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKJIP) Tahun 2023.

Glanz, K., Rimer, B. K., & Viswanath, K. (2015). Health Behavior and Health Education: Theory, Research, and Practice. Jossey-Bass. Diunduh 27 Nopember 2024. Available from: https://psycnet.apa.org/record/2015-35837-000

Harsismanto., dkk. (2020) ‘Kualitas Tidur Berhubungan dengan Perubahan Tekanan Darah pada Lansia’, Jurnal Kesmas Asclepius, 2(1), pp. 1–11. Diunduh 28 Nopember 2024. Available from: https://doi.org/10.31539/jka.v2i1.1146.

Hasibuan, I., et al. (2024). Literatur Review Penggunaan Poster Sebagai Media Komunikasi Kesehatan. Jurnal Kolaboratif Sains, Volume 7 No. 8, 3347-3352. Diunduh 28 Nopember 2024. Available from: https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/JKS/article/download/5895/4422

Holt-Lunstad, J., Smith, T. B., Baker, & Stephenson, D. (2018). Loneliness and social isolation as risk factors for mortality: A meta-analytic review. Perspectives on Psychological Science, 10(2), 227–237.

Kemenkes RI (2019) Hipertensi Penyakit Paling Banyak Diidap Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Diunduh 27 Nopember 2024. Available from: https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20190517/5130282/hipertensi-penyakit-paling-banyak-diidap-masyarakat/

Kemenkes, (2024). Bahaya Hipertensi, Upaya Pencegahan dan Pengendalian Hipertensi. Diunduh 27 Nopember 2024. Available from: https://www.kemkes.go.id/id/rilis-kesehatan/bahaya-hipertensi-upaya-pencegahan-dan-pengendalian-hipertensi

Kurniawan, D. S., dkk. (2019). Pengaruh Pelatihan Kader terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Posbindu. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 14(2), 134-140.

Levine, R., et al. (2012). Partnerships in Public Health: Lessons from Global Health Initiatives. Global Health Journal, 7(3), 112-118.

Maja G., dkk. (2016). “Work motivation and job satisfaction of health workers in urban and rural areas”. Diunduh 28 Nopember 2024 Available from: https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/29328608/

Purwanti, R., et al. (2019). Edukasi Kesehatan dan Pencegahan Penyakit Tidak Menular Berbasis Komunitas.

Puskesmas Kuala Cenaku. (2023). Laporan Standar Pelayanan Minimal (SPM) UPTD Puskesmas Kuala Cenaku.

Sulistyo, A. B., dkk. (2023). " Meningkatkan Akses dan Kesadaran Akan Kesehatan Melalui Mobile Clinic: Studi Kasus di Desa-Desa Terpencil. Diunduh 28 Nopember 2024. Available from: https://www.researchgate.net/publication/374685242_Meningkatkan_Akses_dan_Kesadaran_Akan_Kesehatan_Melalui_Mobile_Clinic_Studi_Kasus_di_Desa-Desa_Terpencil

WHO (2019) Hypertension WHO, Hypertension. Available at: https://www.who.int/news- room/fact-sheets/detail/hypertension.

Wiyanti, A., et al. (2023). Penerapan Standar Pelayanan Kesehatan Minimun Di Puskesmas Cipaku. Jurnal Syntax Adm, 4(7), 1034-1048. Diunduh 28 Nopember 2024. Available from: https://doi.org/10.46799/jsa.v4i7.807
Published
2025-04-28
How to Cite
Jayandra, J., Mitra, M., & Rusdy, D. (2025). Analisis Faktor Rendahnya Cakupan Standar Pelayanan Minimal Pada Pelayanan Hipertensi. urnal romotif reventif, 8(2), 262-270. https://doi.org/10.47650/jpp.v8i2.1751
Abstract viewed = 176 times
PDF downloaded = 92 times