Efektifitas Mediasi Mindfulness Dalam Menurunkan Tingkat Kecemasan Menghadapi Osce Pada Mahasiswa D-III Kebidanan

  • Desi Heriyana Institut Batari Toja Bone
  • Musni Musni Institut Batari Toja Bone
Keywords: Kecemasan, Meditasi, Mindfulness, Osce, Mahasiswa

Abstract

Kesehatan mental merupakan isu yang mulai disadari oleh masyarakat, terutama pada Mahasiswa. Individu yang sadar akan pentingnya kesehatan mental akan mengarahkan dirinya untuk mencapai kesejahteraan psikologis. Kecemasan yang dialami mahasiswa dapat menimbulkan gangguan psikis maupun gangguan fisik apabila tidak ditangani dengan tepat. Tujuan penelitian adalah untuk melihat pengaruh terapi mindfulness terhadap tingkat kecemasan mahasiswa yang akan menghadapi ujian Osce (Objective Structured Clinical Examination). Metode one group pre dan posttest design quasi eksperimen dengan jumlah sampel sebanyak 34 responden melalui teknik total sampling. Tingkat kecemasan diukur dengan instrumen HARS (Hamilton Anxiety Rating Scale) dan terapi mindfulness menggunakan Standar Operasional Prosedur. Terapi mindfulness dilakukan sebanyak 3 kali tatap muka selama 7 hari. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dengan nilai α = 0,05. Hasilnya terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat kecemasan sebelum dan sesudah intervensi p = 0,000 (< 0,05) yang berarti ada pengaruh. Terapi mindfulness menyeimbangkan saraf simpatis dan saraf parasimpatis dengan ketenangan sehingga otak akan menginstruksikan tubuh dan pikiran untuk lebih tenang sehingga otak juga dapat berpikir positif yang dapat menurunkan tingkat kecemasan serta menjaga kesehatan psikis dan fisik bagi mahasiswa DIII Kebidanan. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai alternatif tindakan kebidanan dalam mengurangi kecemasan.

References

Cohen, S. D., Cukor, D., & Kimmel, P. L. (2016). Anxiety in patients treated with hemodialysis. Clinical Journal of the American Society of Nephrology, 11(12), 2250–2255.

Dhamayanti, T. P., & Yudiarso, A. (2020). The Effectiveness of Mindfulness Therapy for Anxiety: A Review of Meta Analysis. Psikodimensia, 19(2), 174. https://doi.org/10.24167/psidim.v19i2.2734

Ernst, A. F., & D’Mello, D. (2020). Efficacy of a brief mindfulness intervention upon anxiety in early psychosis patients. Early Intervention in Psychiatry, 14(4), 503–506. https://doi.org/10.1111/eip.12902

Iskandar, A. (2017). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil OSCE pada Mahasiswa PSIK FKIK UMY

Jennifer N Baumgartner PhD., and Tamera R Schneider PhD, "A randomized controlled trial of mindfulness-based stress reduction on academic resilience and performance in college students," Journal of American College Health 71, no. 6 (2023)

Katowa-Mukwato, P., & Banda, S. (2014). Medical Students Knowledge of Clinical Practical Procedures: Relationship with Clinical Competence. Creative Education,5, 1895-1904.

Komariah, M., Ibrahim, K., & Pahria, T. (2022). Manajemen Stres dengan Latihan Mindfulness pada Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(4), 495–501. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v7i4.2905

Marwiyah, N., Dan Sari, P. A. (2017).Efektifitas Senam Ibu Hamil Terhadap Tingkat Kecemasan Ibu Hamil Trimester Il Dan Ill Di Desa Margaluyu Wilayah Kerja Puskesmas Kasemen. Jurnal Ilmiah Kesehatan, XII, 35.

Sari, Dewi Keumala, Riko Hengki Nababan, and Wardiyah Daulay. 2023. “Pengaruh Meditasi Mindfullness Terhadap Perubahan Cemas The Effect of Mindfullness Meditation on Anxiety Changes.” Jurnal Kesehatan 12(1): 19–25.

Sedlmeier, Peter et al. 2012. “The Psychological Effects of Meditation: A Meta-Analysis.” Psychological Bulletin 138(6): 1139–71.

Stinson, C., Curl, E. D., Hale, G., Knight, S., Pipkins, C., Hall, I., White, K., Thompson, N., & Wright, C. (2020). Mindfulness Meditation and Anxiety in Nursing Students. Nursing Education Perspectives, 41(4), 244–245. https://doi.org/10.1097/01.NEP.0000000000000635

Siregar, W. M., Tanjung, D., & Effendy, E. (2022). Efektivitas Terapi Musik Alam terhadap Tingkat Kecemasan pada Pasien Hemodialisis.Journal of Telenursing (JOTING), 4(2), 428–438. https://doi.org/10.31539/joting.v4i2.2692

Santoso, B. A., & Rinaldi, M. R. (2022). Teknik Mindfulness Dan Kecemasan Perempuan Sebagai Aparat Sipil Negara. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 14(1), 21-30. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.v ol14.iss1.art3

Syarifah, S. (2013). Gambaran Tingkat Kecemasan Mahasiswa Keperawatan Saat Menghadapi Ujian Skill Lab di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Wahyuni, S. E., Daulay, W., Purba, J. M., & Nasution, M. L. (2022). The Influence of Online Cognitive Behavior Therapy Applications on Nurse’s Anxiety during the COVID-19. Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences, 10(G), 354–357. https://doi.org/10.3889/oamjms.2022.8128
Published
2025-02-23
How to Cite
Heriyana, D., & Musni, M. (2025). Efektifitas Mediasi Mindfulness Dalam Menurunkan Tingkat Kecemasan Menghadapi Osce Pada Mahasiswa D-III Kebidanan. urnal romotif reventif, 8(1), 169-175. https://doi.org/10.47650/jpp.v8i1.1768