Evaluasi Mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kota Parepare

  • Rusda Ananda Program Studi Administrasi Kesehatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Sulawesi Barat
  • Heriyati Heriyati Program Studi Administrasi Kesehatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Sulawesi Barat
  • Muh. Hosni Mubarak Program Studi Administrasi Kesehatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Sulawesi Barat
  • Rizky Maharja Program Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Sulawesi Barat
Keywords: Mutu Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Pasien, Puskesmas

Abstract

Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan kesehatan secara berkelanjutan, Puskesmas sebagai fasilitas pelayanan kesehatan perlu melakukan evaluasi. Evaluasi dilakukan melalui pelaksanaan survei kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas Kota Parepare melalui pengukuran tingkat kepuasan masyarakat yang mencakup unsur persyaratan; sistem, mekanisme, dan prosedur; waktu penyelesaian; biaya/tarif; produk spesifikasi jenis pelayanan; kompetensi pelaksana; perilaku pelaksana; penanganan pengaduan, saran, dan masukan; serta sarana dan prasarana. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei yang dilakukan di seluruh Puskesmas Kota Parepare. Pengumpulan data dilakukan pada September-Oktober tahun 2024. Metode penentuan sampel menggunakan accidental sampling sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 623 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan yang diselenggarakan oleh Puskesmas Kota Parepare berada pada kategori “baik”. Unsur yang memiliki nilai kepuasan pasien tertinggi adalah unsur biaya/tarif sementara unsur kepuasan dengan nilai terendah diantara sembilan unsur lainnya adalah persyaratan. Kegiatan survei kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi bagi Puskesmas yang merupakan fasilitas kesehatan tingkat pertama agar senantiasa meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan serta memberikan pelayanan kesehatan yang sesuai standar dan memenuhi harapan masyarakat.

References

Akbar, M. I., & Ahmad, L. O. A. I. (2020). Survey Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan terhadap Pelayanan RSUD Kabupaten Buton Utara. Jurnal Kesehatan Masyarakat Celebes, 01(04): 1-10. http://jkmc.or.id/ojs/index.php/jkmc

Ananda, R., Damayanti, R., & Maharja, R. (2023). Tingkat Kepuasan Masyarakat terhadap Kinerja Pelayanan Kesehatan. Jurnal Keperawatan Profesional, 4(1), 9–17. https://doi.org/10.36590/v4i1.570

Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Selatan. (2024). Jumlah Penduduk Menurut Kabupaten/Kota (Ribu Jiwa), 2022-2024. [cited 2025 Feb 1]. Available from: https://sulsel.bps.go.id/id/statistics-table/2/ODMjMg==/jumlah-penduduk-menurut-kabupaten-kota.html

Fakih, M. (2020). Kepuasan terhadap Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang. Universitas Darul Ulum Islamic Center Sudirman Guppi, 1–98.

Gusrianti, Ulva, F., & Azka, N. (2024). Prosedur Pelayanan dan Ketersediaan Fasilitas dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas. Jurnal Ilmu Kesehatan, 8(2): 260. https://doi.org/10.33757/jik.v8i2.1093

Hakim, L. N. (2020). Urgensi Revisi Undang-Undang tentang Kesejahteraan Lanjut Usia. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 11(1): 43–55. https://doi.org/10.22212/aspirasi.v11i1.1589

Hakim, L., Zaman, C., & Wahyudi, A. (2022). Analisis Kepuasan Pelayanan Pasien COVID-19 di Rumah Sakit Santo Antonio Baturaja. Jurnal Kesehatan Saelmakers PERDANA, 5(2): 254–259. https://doi.org/10.32524/jksp.v5i2.663

Hariani, B., Wahyudi, A., & Rawalilah, H. (2022). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan di RSUD Lahat Tahun 2021. Jurnal Kesehatan Saelmakers PERDANA, 5(2): 447–367. https://doi.org/10.32524/jksp.v5i2.702

Indayani, N., & Komalasari, E. (2023). Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Masa Nifas di PMB Erna Komalasari Tahun 2023. Journal of Scientech Research and Development, 5(2), 169–174. https://idm.or.id/JSCR/index.php/JSCR

Karningsih. (2023). Hubungan Kompetensi dan Kualitas Pelayanan dengan Tingkat Kepuasan Masyarakat. Public Service and Governance Journal, 4(2), 193–217.

Kementerian Kesehatan. (2022). Indikator Mutu Nasional Pelayanan Kesehatan Tempat Praktik Mandiri Dokter dan Dokter Gigi, Klinik, Pusat Kesehatan Masyarakat, Rumah Sakit, Laboratorium Kesehatan, dan Unit Transfusi Darah. www.peraturan.go.id

Kementerian Kesehatan. (2022). Laporan Kinerja 2022 Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit. https://p2p.kemkes.go.id

Kementerian Kesehatan. (2024). Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 6 Tahun 2024 tentang Standar Teknis Pemenuhan Standar Pelayanan Minimal Kesehatan. BN 2024 (204), 1–130.

Khoirunnisa, S., & Ramadhika, A. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Umum Bina Sehat. AKADEMIK Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 4(2): 727-735.

Kosassy, S. M., & Mulya, A. P. (2020). Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Tenaga Kesehatan dalam Memberikan Layanan di Puskesmas Mandiangin Kota Bukittinggi. Jurnal Public Administration, Business and Rural Development Planning, 2(1). http://ejournal.stia-lppn.ac.id/index.php/index/index

Malinda, R., & Sari, M. (2020). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien Pelayanan Rawat Jalan di BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) RSUD Kota Langsa. Jurnal Edukes : Jurnal Penelitian Edukasi Kesehatan, 3(2).

Meisyaroh, M., Murtini, & Haslinda. (2023). Kepuasan Pasien pada Pelayanan Kesehatan di Puskesmas. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 12(03): 238–245. https://doi.org/10.33221/jikm.v12i03.1853

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. (2017). Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. BN 2017 (708), 1–30.

Muslim, E. A. (2021). Standar Pelayanan Minimal BLUD UPT Puskesmas Turi. Lamongan: Dinas Kesehatan UPT Puskesmas Turi.

Nau, K. Y. C., & Salsabila, S. (2020). Tinjauan Pelaksanaan Pengumpulan, Validasi dan Verifikasi Data Rekam Medis Guna Mendukung Laporan Eksternal (RL4a dan RL5) di Rumah Sakit Umum Kabupaten Tangerang. Prosiding 4 SENWODIPA, 7 November 2020: 39-46.

Pasolong, H. (2021). Kepemimpinan Birokrasi. Bandung: Alfabeta.

Pemerintah Pusat. (2023). Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan. LN 2023 (105), 1-300.

Peraturan Presiden. (2020). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2020 Tentang Rencana Pembangunan Jangan Menengah Nasional Tahun 2020-2024. LN 2020 (10), 1–7.

Rismaniar, Zaman, C., & Anggreny, D. (2022). Analisis Kepuasan Pelayanan Kesehatan Terhadap Pasien di Puskesmas Sekar Jaya Kabupaten Ogan Komering Ulu. Jurnal Kesehatan Saelmakers PERDANA, 5(1), 194–201. https://doi.org/10.32524/jksp.v5i1.404

Salfadri, Yulistia, & Oktaruni, V. M. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien pada Puskesmas Muaro Bodi Sijunjung. Jurnal Matua, 4(4): 830-839.

Sari, I. K. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Urug Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 7(1), 194–207. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v7i1.3431.

Suciati, G., Zaman, C., & Gustina, E. (2023). Analisis Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Mohamad Rabain Kabupaten Muara Enim Tahun 2022. Jurnal Kesehatan Masyarakat ITEKES Cendekia Kudus, 11(1): 102-116.

Sun’an, M., Soleman, M. M., & Nurlaila. (2024). Tingkat Kepuasan Masyarakat dalam Pelayanan Kesehatan di Provinsi Maluku Utara: Studi Kasus RSUD. Chasan Boesoiri. Studi Ilmu Manajemen Dan Organisasi (SIMO), 5(2): 285–296. https://doi.org/https://doi.org/10.35912/simo.v5i2.3591

Suwendro, N. I., & Patui, N. S. (2024). Hubungan Karakteristik Pasien dengan Kepuasan Pelayanan di Puskesmas Pantoloan, Kota Palu. Preventif: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 15(3): 226-237.

Widayati, I., & Jatmiko, W. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Penanganan Komplain Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi, 6(2): 165-182.
Published
2025-04-28
How to Cite
Ananda, R., Heriyati, H., Mubarak, M., & Maharja, R. (2025). Evaluasi Mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kota Parepare. urnal romotif reventif, 8(2), 252-261. https://doi.org/10.47650/jpp.v8i2.1793
Abstract viewed = 191 times
PDF downloaded = 109 times