Analisis Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Peserta Program JKN-KIS di BLU RSUD Kabupaten Bombana

  • Nadila Puspita Ningsi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Halu Oleo
  • Suhadi Suhadi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Halu Oleo
  • Mubarak Mubarak Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Halu Oleo
  • Alchamdani Alchamdani Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Tadulako
Keywords: Mutu pelayanan, JKN-KIS, kepuasan

Abstract

Kepuasan pasien sebagai pengguna layanan merupakan salah satu indikator dalam menilai mutu pelayanan di rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien JKN-KIS di BLU RSUD Kabupaten Bombana. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan desain cross sectional. Populasi pada penelitian ini sebanyak 2104 pasien JKN-KIS dan sampel penelitian sebanyak 336 responden yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan uji Chi-Square dan Regresi Logistik Biner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 5 variabel yang diteliti, 4 variabel memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien JKN-KIS di BLU RSUD Kabupaten Bombana yaitu tangible (p-value = 0,000), reliability (p-value = 0,000), responsiveness (p-value = 0,000), assurance (p-value = 0,000), dan variabel emptahy tidak ada pengaruh yang signifikan (p-value = 0,366). Hasil uji multivariate menunjukkan bahwa variabel tangible dan assurance merupakan variabel yang paling berperan atau memiliki pengaruh paling signifikan dalam menciptakan kepuasan pasien JKN-KIS di BLU RSUD Kabupaten Bombana. Variabel reliability dan responsiveness memiliki kekuatan pengaruh lebih besar dalam menciptakan kepuasan pasien pada pelayanan di rumah sakit. Hal ini dapat menjadi petunjuk atau acuan pihak rumah sakit dalam melakukan evaluasi terhadap kualitas pelayanan kesehatan guna meningkatkan kepuasan pasien secara menyeluruh.

References

Amalia, M., Tulit, C.B., & Nursapriani, N. (2023). Persepsi Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan dan Dimensi Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah. Journal of Pharmaceutical and Health Research.

Asnidar, Akbar, & Nurjaya. (2020). Pengaruh Tangible dan Responsiveness Terhadap Kepuasan Pasien Pada RSUD Lamaddukelleng Kabupaten Wajo. Movere Journal, 2(2), 20–31.

BPJS Kesehatan. (2023). Data Peserta JKN Tahun 2023. Jakarta: BPJS Kesehatan.

BLU RSUD Bombana. (2023). Profil BLU RSUD Kabupaten Bombana. Bombana: BLU RSUD Kabupaten Bombana.

BLU RSUD Kabupaten Bombana. (2023). Laporan Hasil Survey Indeks Kepuasan Masyarakat. Bombana: BLU RSUD Kabupaten Bombana.

Dewi, R. S., Efendy, I., & Anto. (2018). Pengaruh Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi BPJS di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Tingkat II Kartika Husada Pontianak Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2018 Affecting of Patient Satisfaction to the Quality of BPJS Admi. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 08(02), 185–194.

Fauzi, Ahmad. (2020). Analisis Pengaruh Mutu Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Peserta JKN PBI dan Non PBI di Unit Rawat Jalan RS X. Tesis, Program Magister Kesehatan Masyarakat, Pascasarjana Universitas Jember, Jember.

Firdaus, F. F., & Dewi, A. (2015). Evaluasi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien BPJS di RSUD Panembahan Senopati Bantul. JMMR (Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit), 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.18196/jmmr.v4i2.690.

Haeruddin, Alwi, K., & Syamsuddin, U. (2021). Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan dan Minat Kembali di RSUD Haji Makassar. Jurnal Kesehatan, 4(3), 282–288.

Handayani, S. B., & Iriyanto, S. (2010). Pengaruh kualitas pelayanan dan tarif terhadap kepuasan serta implikasinya terhadap minat beli pasien rawat inap pada Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang.

Julianda, Z., Julianda, Z., & Mochammad, E. (2023). Supply Infrastructure Financing & Kualitas Mutu Layanan dalam Meningkatkan Kepuasan Peserta JKN. Jurnal Jaminan Kesehatan Nasional, 3(1), 143–155. https://doi.org/10.53756/jjkn.v3i1.146.

Marzuq, N. H., & Andriani, H. (2022). Hubungan service quality terhadap kepuasan pasien di fasilitas pelayanan kesehatan: literature review. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 13995-14008.

Muninjaya, A. A. G. (2014). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC.

Pohan I. (2006). Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan, Dasar-dasar Pengertian. Jakarta: EGC.

Prayitno, S. (2018). Mutu Pelayanan dan Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Inap Ruang Dahlia RSUD Kota Madiun. Jurnal Kesehatan Manarang, 3(1).

Putri, S. C., Purwaningsih, E., & Ardan, M. (2023). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien JKN di Instalasi Farmasi RSUD I.A. Moeis Samarinda. Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(1), 428–433. https://doi.org/https://doi.org/10.55338/saintek.v5i1.1566.

Rajab, M., & Andilah, S. (2023). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan. Medika Respati: Jurnal Ilmiah Kesehatan, 18(1), 73-86.

Retnanningtyas, E. (2018). Manajemen Mutu Pelayanan Kebidanan. Kediri: Strada Press.

Rizal, F., Marwati, T. A., & Solikhah, S. (2021). Dimensi Kualitas Pelayanan Dan Dampaknya Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien: Studi Di Unit Fisioterapi. Jurnal Kesmas (Kesehatan Masyarakat) Khatulistiwa, 8(2), 54-62.

Saputra, Hadi. (2022). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta Tahun 2021. Tesis, Program Studi Magister Manajemen, Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Setiawan, M. D., Fauziah, F., Edriani, M., & Gurning, F. P. (2022). Analisis Mutu Pelayanan Kesehatan Program Jaminan Kesehatan Nasional (A: Systematic Review). Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12869–12873. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/4456.

Sevilla, Consuelo G. et al (2007). Research Methods. Rex Printing Company. Quezon City.

Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. 19 Oktober 2004. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 150. Jakarta.
Published
2025-06-24
How to Cite
Ningsi, N., Suhadi, S., Mubarak, M., & Alchamdani, A. (2025). Analisis Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Peserta Program JKN-KIS di BLU RSUD Kabupaten Bombana. urnal romotif reventif, 8(3), 512-524. https://doi.org/10.47650/jpp.v8i3.1888
Abstract viewed = 83 times
PDF downloaded = 48 times