Pelayanan Kefarmasian dan Kepuasan Rawat Jalan: Studi Cross-Sectional di Rumah Sakit Mata di Sulawesi Utara, Indonesia

  • Michael Rivelino Christian Kalalo Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi, Manado
  • B.H.R. Kairupan Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi, Manado
  • Jootje M.L. Umboh Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi, Manado
Keywords: Pelayanan kefarmasian, kepuasan pasien, empati, rumah sakit mata, kualitas pelayanan

Abstract

Kepuasan pasien merupakan indikator penting kualitas layanan kesehatan, terutama dalam layanan farmasi. Namun, bukti dari rumah sakit spesialis di Indonesia masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kualitas layanan farmasi dan kepuasan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Mata Provinsi di Sulawesi Utara, Indonesia. Penelitian analitik observasional dengan desain cross-sectional study dilakukan terhadap 110 pasien rawat jalan yang diperoleh dengan teknik puposive sampling menggunakan kuesioner terstruktur berdasarkan model SERVQUAL. Data dianalisis menggunakan uji chi-square dan regresi logistik. Kelima dimensi kualitas layanan yaitu: tangibilitas, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati, berhubungan secara signifikan dengan kepuasan pasien (p < 0,05). Dimana variabel empati merupakan faktor yang paling dominan (OR = 16,258; 95% CI: 3,055–86,508). Dengan demikian faktor empati dalam pemberian layanan farmasi memainkan peran penting dalam meningkatkan kepuasan pasien rawat jalan. Memperkuat dimensi ini dapat berkontribusi pada peningkatan perawatan yang berpusat pada pasien di rumah sakit mata spesialis.

References

Abdah A. 2019. Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Instalasi Farmasi Di Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang. University Of Muhammadyah Malang; 2019.

Aryani F, Husnawati H, Muharni S, Afrianti R. 2015. Analisa Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru. Pharm J Farm Indones (Pharmaceutical J Indones. (1).

Chusna N, dkk (2018). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Pahandut Kota Palangka Raya. Borneo J Pharm;1(2):89–92.

Juwita Da, Arifin H, Perdana J. 2019 Kajian Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Rawat Jalan Rsup Dr. M. Djamil Padang. J Farm Higea. 2019;11(1):32–40.

Linda Ep. 2017. Analisis Persepsi Mutu Pelayanan Farmasi Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rsup Dr. M. Djamil Padang. Universitas Andalas;

Mahbubah N. 2019. Tingkat Kepuasan Pasien Bpjs Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Farmasi Di Rumah Sakit Fathma Medika. Universitas Muhammadiyah Gresik.

Muhammad D, Almasyhuri A, Setiani La. 2020. Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit Sekarwangi Cibadak Kabupaten Sukabumi. J Ilm Ilmu Terap Univ Jambi| Jiituj|. 2020;4(2):174–86.

Pertiwi D. 2017. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Jkn Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Farmasi di Puskesmas Kotagede Ii Dan Puskesmas Umbulharjo I Yogyakarta Menggunakan Metode Servqual.

Prastika Ce, Erviana R. 2017. Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Instalasi Farmasi Rawat Jalan Di Rumah Sakit Jogja Periode Januari-Maret 2017. Naskah Publ Skripsi Univ Muhammadiyah Yogyakarta;

Rahmawati In, Wahyuningsih Ss. 2016. Faktor Pelayanan Kefarmasian Dalam Peningkatan Kepuasan Pasien Di Pelayanan Kesehatan Pharmaceutical Services Factor In Increasing Patient Satisfaction in Health Care. Ijms- Indonesian J Med Sci.

Rikomah S. 2017. Farmasi Rumah Sakit. Deepublish.

Sari R (2017). Evaluasi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Farmasi di Apotek € Œxâ€. J Ilm Ibnu Sina. 2017;2(1):122–33.

Sari R, Mardhiyah M. 2019. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Informasi Obat Di Apotek Buring Farma Malang. Akademi Farmasi Putera Indonesia Malang;

Sulo Hr, Hartono E, Oetari Ra (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit X Kota Surakarta. J Ilm Manuntung. 2019;5(1):81–90.

Yaqin Aa. 2017. Evaluasi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi RSUD Dr. R. Koesma Kabupaten Tuban. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Published
2025-06-30
How to Cite
Kalalo, M., Kairupan, B., & Umboh, J. (2025). Pelayanan Kefarmasian dan Kepuasan Rawat Jalan: Studi Cross-Sectional di Rumah Sakit Mata di Sulawesi Utara, Indonesia. urnal romotif reventif, 8(3), 662-670. https://doi.org/10.47650/jpp.v8i3.2116
Abstract viewed = 17 times
PDF downloaded = 11 times