Kualitas Pelayanan Rumah Sakit dan Kepuasan Pasien: Studi Cross-Sectional di Rumah Sakit Umum di Indonesia
Abstract
Kepuasan pasien merupakan indikator utama kualitas layanan rumah sakit dan komponen penting dari kinerja sistem kesehatan di seluruh dunia. Secara global, World Health Organization (WHO) menekankan pentingnya pelayanan yang berpusat pada pasien (patient-centered care) sebagai pilar utama dalam mewujudkan Universal Health Coverage (UHC). Namun, banyak negara berkembang, termasuk Indonesia, masih menghadapi tantangan dalam memenuhi standar mutu pelayanan dan kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara mutu pelayanan rumah sakit dengan kepuasan pasien menggunakan model SERVQUAL yang menilai lima dimensi mutu, yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy, pada salah satu rumah sakit umum daerah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional dengan 143 pasien rawat jalan yang dipilih melalui purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner berbasis SERVQUAL yang telah tervalidasi (Cronbach’s alpha > 0,8) dan dianalisis menggunakan regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh dimensi mutu pelayanan berhubungan signifikan dengan kepuasan pasien (p < 0,05), dengan responsiveness sebagai faktor paling dominan (OR = 51,211; p = 0,001). Mutu pelayanan berpengaruh kuat terhadap kepuasan pasien, sehingga peningkatan ketepatan waktu, komunikasi, dan perhatian tenaga kesehatan menjadi strategi penting dalam memperkuat kinerja rumah sakit dan kepercayaan pasien.
References
Andini., dkk. (2023). Gambaran tingkat kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Sanggi Tanggamus Lampung. JIRKJournal of Innovation Research and KnowledgeVol.2, No.9, Februari 2023.
Anggreni. (2022). Buku Ajar Metodelogi Penelitian Kesehatan. Mojokerto: Stikes Majapahit Mojokerto.
Cynthia, Botti, M., Mckillop, A., & Merry, A. F. (2020). A framework of comfort for practice: An integrative review identifying the multiple influences on patients’ experience of comfort in healthcare settings. International Journal for Quality in Health Care, 29(2), 151–162. https://doi.org/10.1093/intqhc/mzw158
Darwel.dkk. (2022). Statistik Kesehatan: Teori Dan Aplikasi. Padang. Sumatera Barat: PT Global Eksekutif Teknologi.
Handayani, G., Manampiring, A. E., & Posangi, J. (2024). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Poli Jantung Rsup Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(1), 47–61.
Handayany. (2020). Kualitas Pelayanan Kefarmasian dan Kepuasan Pasien. Makasar: MNC Publishing.
Hasan, M. B., & Amrianti. (2022). Pengaruh Ketersediaan Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas Moncongloe. YUME : Journal of Management, 5(2), 238–253.
Maila. (2021). Kepuasan Pasien Rawat Jalan Geriatri Ditinjau Dari Mutu Pelayanan, Persepsi Dan Respon Time Di Puskesmas. Kediri Jawa Timur: Penerbit Strada Press.
Masturoh., Anggita. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Bahan ajar rekam medis dan informasi kesehatan (RMIK). Pusat pendidikan sumberdaya manusia kesehatan: Badan Pengembangan Dan Pemberdayaan Sumberdaya Manusia Kesehatan. Kementrian Kesehatan RI.
Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Penerbit PT. Rineka Cipta.
Prasastin., Rahmah. (2025). Buku Ajar: Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan I. Bandung: by Penerbit Widina Media Utama.
Sudirman., dkk. (2023). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Sulawesi Tengah: Ara Digital Mandiri.
Sujarweni. (2021). Metodelogi penelitian. Lengkap, Praktis dan Mudah Dipahami.Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Surahman., Rachmat., Supardi. (2016). Modu Bahan Ajar Metodologi Penelitian. Pusat pendidikan sumberdaya manusia kesehatan: Badan Pengembangan Dan Pemberdayaan Sumberdaya Manusia Kesehatan. Kementrian Kesehatan RI.
Vanchapo., Maghfiroh. (2022). Mutu Pelayanan Kesehatan dan Kepuasan Pasien. Tanggerang: Penerbit Tata Mutiara Hidup Indonesia.
Wulandari, N. I. (2024). Pengaruh Sikap Tenaga Kesehatan, Fasilitas, dan Harga terhadap Kepuasan Pasien. Jurnal Fokus EMBA, 3(1), 83–91.
Yakob., (2023). Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Paru Manguharjo Madiun. Jurnal Keilmuan dan Keislaman. e-ISSN 2964-4941.
World Health Organitations. (WHO). (2024). Hari Hipertensi Sedunia 2024: Ukur Tekanan Darah Anda Secara Akurat, Kendalikan, Hidup Lebih Lama. https://www.who.int/srilanka/news/detail/17-05-2024.
Copyright (c) 2025 Achmad Nawawi, Wayan Aryawati; Christin Angelina F

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1.png)





