Kualifikasi Pendidikan Tenaga Kesehatan dan Dampaknya Terhadap Mutu Pelayanan di RSUD Toto Kabila: Studi Kualitatif Deskriptif

  • Mey Wulansari Sidiki Program Studi Manajemen, Pacasarjana Universitas Bina Mandiri Gorontalo, Indonesia
  • Sudarsono Sudarsono Program Studi Manajemen, Pacasarjana Universitas Bina Mandiri Gorontalo, Indonesia
  • Imam Mashudi Program Studi Manajemen, Pacasarjana Universitas Bina Mandiri Gorontalo, Indonesia
Keywords: Kualifikasi Pendidikan, tenaga kesehatan, mutu pelayanan, rumah sakit

Abstract

Mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit sangat bergantung pada kompetensi tenaga kesehatan sebagai ujung tombak penyelenggara layanan. Kualifikasi pendidikan menjadi faktor penting dalam menentukan efektivitas dan efisiensi pelayanan, namun masih ditemukan variasi latar belakang pendidikan yang tidak selalu relevan dengan bidang kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran kualifikasi pendidikan tenaga kesehatan dalam mendukung mutu pelayanan di RSUD Toto Kabila. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi terhadap tenaga medis, paramedis, administrasi, dan manajemen rumah sakit yang dipilih secara purposive. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman melalui proses reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan yang divalidasi dengan triangulasi. Hasil menunjukkan adanya variasi kualifikasi mulai dari diploma, sarjana, hingga non-kesehatan. Tenaga dengan kualifikasi sesuai bidang lebih memahami SOP, bekerja disiplin, dan memberikan pelayanan optimal, sementara tenaga yang tidak relevan menghadapi kendala teknis yang berdampak pada keterlambatan dan menurunnya kepuasan pasien. Ditemukan pula hambatan berupa keterbatasan tenaga berkualifikasi tepat, distribusi kerja tidak merata, dan minimnya pelatihan berkelanjutan. Penelitian ini menegaskan bahwa kualifikasi pendidikan tenaga kesehatan berperan krusial dalam menjamin mutu pelayanan rumah sakit, khususnya di wilayah daerah.

References

Anggini, S., & Animah, A. (2025). Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pengalaman Tenaga Medis Terhadap Efisiensi Biaya Pada Rumah Sakit Umum Provinsi NTB. Jurnal Locus Penelitian Dan Pengabdian, 4(5), 1964–1978.

Anjaryani, W. D. (2019). Kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan perawat di RSUD Tugurejo Semarang. Universitas Diponegoro.

Armstrong, M. (2017). Armstrong’s Handbook of Human Resource Management Practice (14th ed). Kogan Page.

Armstrong, M. (2018). Armstrong’s handbook of strategic human resource management. Kogan Page Publishers.

Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 5th ed(Sage).

Gary Dessler. (2017). Human Resource Management (15th ed). Pearson Education.

Gustini, G., Situmeang, L., Syaharuddin, S., Prasetyowati, P., & Suprapto, S. (2024). Education has a significant effect on the performance of implementing nurses in hospitals. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 13(1), 111–116. https://doi.org/10.35816/jiskh.v13i1.1184

Hasan, S. (2022). Paper Manajemen Jaminan Mutu Peluang Dan Tantangan Penerapan Standar Akreditasi Rumah Sakit Terbaru 2022.

Kumala, D. A. R. (2022). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 6(2), 254–261.

Lubis, I., Purba, A. Z. P., Aldona, C., Dina, P., & Siregar, M. S. (2024). Analisis Gambaran Persepsi Tenaga Kesehatan Terhadap Kualitas Pelatihan dan Pengembangan Profesional di Puskesmas Simalingkar 2024. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan (Health Information Management), 9(1), 102–111.

Mathis, R. L., & Jackson, J. H. (2015). Human Resource Management (14 th). Cengage Learning.

Mathis, R. L., & Jackson, J. H. (2018). Human Resource Management (14 th ed). Cengage Learning.

Pebriyanti, W., & Rinaldi, A. (2024). Kualitas Pelayanan Tenaga Kesehatan di Puskesmas Kecamatan Pamengpeuk, Garut. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 8194–8203.

Prayogo, D. A., Yuwono, I., Saputra, R. C., Sikki, N., & Paramarta, V. (2023). Strategi Menyikapi Tantangan Dan Peluang Praktik Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi: Tinjauan Literatur. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(11).

Ramadan, R. P. (2023). Implementasi Pendidikan Interprofesional untuk Mendorong dan Meningkatkan Kerjasama dan Kolaborasi Interprofesional dalam Pelayanan Kesehatan Berkualitas Tinggi.

Rifa’i, Y. (2023). Analisis metodologi penelitian kulitatif dalam pengumpulan data di penelitian ilmiah pada penyusunan mini riset. Cendekia Inovatif Dan Berbudaya, 1(1), 31–37.

Sijabat, H. H. (2025). Tanggung Jawab Administratif Tenaga Kesehatan Dalam Pelayanan Publik: Perspektif Hukum Kesehatan. Admin: Jurnal Administrasi Negara, 3(3), 75–83.

SIWABESSY, E. Z. (2022). Menuju Mutu Pelayanan Kesehatan Yang Lebih Baik: Menelusuri Peluang Dan Tantangan Penerapan Standar Akreditasi Rumah Sakit Terbaru 2022.

Sumiarsih, M., & Nurlinawati, I. (2019). Permasalahan dalam Perencanaan Kebutuhan Sumber Daya Manusia Kesehatan di Kabupaten/Kota. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan, 3(3), 182–192.

Syarifah, A., & Rahayu, S. (2024). Systematic review: Pengaruh kompetensi tenaga kesehatan dan pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien di rumah sakit. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 3(1), 26–35.

TIM Perencanaan RSUD. (2022). Dokumen Perencanaan RSUD, Profil RSUD Toto Kabila. Pemerintah Kabupaten Bone Bolango.

Wu, X., Zhang, H., & Li, Y. (2023). Educational background and patient safety culture among healthcare workers: A cross-sectional study. BMC Health Services Research, 23(1)(112.).

Yanti, R. I., et al. (2021a). The effect of nurse education and training on the quality of hospital services. International Journal of Nursing Practice, 27 (4)(e12988.).
Published
2025-10-29
How to Cite
Sidiki, M., Sudarsono, S., & Mashudi, I. (2025). Kualifikasi Pendidikan Tenaga Kesehatan dan Dampaknya Terhadap Mutu Pelayanan di RSUD Toto Kabila: Studi Kualitatif Deskriptif. urnal romotif reventif, 8(5), 1216-1223. https://doi.org/10.47650/jpp.v8i5.2250
Abstract viewed = 57 times
PDF downloaded = 16 times