Hubungan Faktor Sosiodemografis dengan Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di RSUD Fakfak

  • Juliandani Salsabilah Fakultas Farmasi, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Soromg, Indonesia
  • Angga Bayu Budiyanto Fakultas Farmasi, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Soromg, Indonesia
  • Irwandi Irwandi Fakultas Farmasi, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Soromg, Indonesia
Keywords: Kepuasan pasien, faktor sosiodemografis, BPJS, non-BPJS, pelayanan kefarmasian

Abstract

Kepuasan pasien merupakan indikator penting dalam menilai mutu pelayanan rumah sakit. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan faktor sosiodemografis dengan kepuasan pasien serta membandingkan tingkat kepuasan antara pasien rawat jalan BPJS dan Non-BPJS di RSUD Fakfak. Penelitian menggunakan metode analitik kuantitatif dengan desain cross-sectional. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner SERVQUAL dan dianalisis dengan uji Chi-Square serta Mann-Whitney. Jumlah responden sebanyak 376 orang melalui perhitungan OpenEpi. Hasil Chi-Square menunjukkan tidak ada hubungan signifikan antara jenis kelamin, usia, pendidikan, pekerjaan, dan pendapatan dengan kepuasan (p>0,05), namun jarak tempat tinggal dan jenis asuransi berhubungan signifikan (p<0,05). Uji Mann-Whitney menunjukkan perbedaan signifikan antara pasien BPJS dan Non-BPJS (p<0,05), di mana pasien Non-BPJS lebih puas terutama pada dimensi tangible dan empathy

References

Anggit, R. H., & Setyorini, I. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Seroja Bekasi Menggunakan Metode Servqual. Journal of Industrial and Engineering System (JIES), 3(1), 2022.

Arifin, S., Rahman, A., Muhyi, R., Putri, A. O., & Hadianor. (2019). Hubungan Usia, Tingkat Pendidikan, Fasilitas Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Muara Laung. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia, 6(1), 40.

Butar-Butar, J., & Simamora, R. H. (2016). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RSUD Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah. Jurnal Ners Indonesia, 6(1).

Christiani, A. M., Swarjana, I. K., Wahyuningsih, L. G. N. S., & Sriasih, N. K. (2024). Determinan Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Pemerintah Dan Rumah Sakit Swasta: Literature Review. 14(2). http://journal.stikeskendal.ac.id/index.php/PSKM

Darwati, L. (2018). Analisis Perbandingan Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kebidanan pada Peserta BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) dan non BPJS di Ruang Bersalin RSUD Soegiri Lamongan Jawa Timur. Journal for Quality in Women’s Health, 1(2). https://doi.org/10.30994/jqwh.v1i2.14

Fajriani, A., Anggreini, D., Winda, & Gurning, F. P. (2024). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pada Peserta BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI). Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada.

Firdana, N. (2024). Evaluasi Pelayanan Kefarmasian Terhadap Tingkat Kepuasan Dan Waktu Tunggu Resep Pasien BPJS Dan Non BPJS Di Puskesman Natai Pelingkau Pangkalan Bun 2024.

Kementerian Kesehatan RI. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia tentang Standar Pelayanan Kefarmasian DI Rumah Sakit (Permenkes No 72 Tahun 2016).

La Djumali, A. S. (2023). Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Fakfak.

Machali, I. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif: Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan dan Analisis dalam Penelitian Kuantitatif (A. Q. Habib, Ed.). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.

Mardijanto, S., Astutik, E. E., & Budiman, M. E. A. (2020). Hubungan Kepuasan Pasien Rawat Inap Dengan Mutu Pelayanan Keperawatan Di Klinik Kabupaten Jember. JRMB, 15(2).

Novaryatiin, S., Ardhany, S. D., & Aliyah, S. (2018). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di RSUD Dr. Murjani Sampit. Borneo Journal of Pharmacy, 26.

Pasulu, Y. T., Budiyanto, A. B., & Astuti, R. A. (2023). Evaluation Of The Level Of Patient Satisfaction With Pharmacy Services At Dr. J.P. Wanane, Sorong District. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 7(2), 175–183. https://doi.org/10.22437/jiituj.v7i2.30113

Putri, A. D., Pascarani, D., Wiwin, K., & Wismayanti, D. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Rumah Sakit Tingkat II Udayana Denpasar.

Rahmawati, S. A., Ardya, H., & Sari, A. P. (2024). Evaluasi Kepuasan Pelayanan Informasi Obat (PIO) Pada Pasien Rawat Jalan BPJS Dan Non-BPJS Di Instalasi Farmasi RSUD Dr. Moewardi. Jurnal Riset Ilmu Kesehatan Umum Dan Farmasi (JRIKUF), 2(3), 105–116. https://doi.org/10.57213/jrikuf.v2i3.285

Ramli, M. (2022). Preferensi Laki-Laki Dan Perempuan Dalam Memilih Fasilitas Pelayanan Kesehatan Pada Pasien Di Puskesmas Kassi-Kassi. Jurnal Predestination, 2.

Suprihathin, A. S. (2025). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Malawili Kabupaten Sorong. OBAT: Jurnal Riset Ilmu Farmasi Dan Kesehatan, 3(3), 191–199. https://doi.org/10.61132/obat.v3i3.1305

Widodo, S. (2023). Buku Ajar Metode Penelitian (M. S. Sudirman, Ed.). CV Science Techno Direct.

Yuniar, Y., & Handayani, R. S. (2016). Kepuasan Pasien Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek.
Published
2025-12-14
How to Cite
Salsabilah, J., Budiyanto, A., & Irwandi, I. (2025). Hubungan Faktor Sosiodemografis dengan Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di RSUD Fakfak. urnal romotif reventif, 8(6), 1533-1541. https://doi.org/10.47650/jpp.v8i6.2360
Abstract viewed = 38 times
PDF downloaded = 16 times