Pengaruh Intervensi Seni Berbasis Craft Terhadap Penurunan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Tingkat Akhir
Abstract
Mahasiswa tingkat akhir merupakan kelompok yang rentan mengalami stres akibat tekanan akademik, tuntutan penyelesaian tugas akhir, dan masalah finansial. Art-Based Intervention berbasis craft menjadi pendekatan non-farmakologis yang dapat menurunkan stres melalui aktivitas kreatif dan relaksatif. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas intervensi seni craft terhadap penurunan tingkat stres pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia. Penelitian menggunakan desain quasi-experimental dengan pretest–posttest control group terhadap 130 mahasiswa. Kelompok intervensi mendapatkan sesi seni craft selama empat minggu dengan durasi 60–90 menit per pertemuan, sementara kelompok kontrol tidak menerima intervensi. Tingkat stres diukur menggunakan instrumen DASS-42, dan data dianalisis menggunakan uji t berpasangan serta independent t-test. Hasil penelitian menunjukkan penurunan tingkat stres yang signifikan pada kelompok intervensi (p < 0,05), dengan peningkatan kondisi normal dari 63,3% menjadi 93,3% setelah sesi ketiga. Sementara itu, kelompok kontrol tidak menunjukkan perubahan bermakna (p > 0,05) dan tetap berada pada kategori stres ringan hingga sedang. Secara keseluruhan, intervensi berbasis craft menurunkan tingkat stres hingga 50% dibandingkan kelompok kontrol. Kesimpulannya, Art-Based Intervention berbasis craft efektif sebagai strategi pendukung psikososial dalam menurunkan stres mahasiswa tingkat akhir dan direkomendasikan untuk diterapkan di perguruan tinggi
References
Alwledat, K. et al. (2023) ‘Creative Art Therapy for Improving Depression, Anxiety, and Stress in Patients with Stroke: A Quasi-Interventional Study’, SAGE Open Nursing, 9(3678). doi: 10.1177/23779608231160473.
Armalivia, S. et al. (2024) ‘Early diagnosis of mental health disorders of final-year students of Almarisah Madani University using the forward chaining method’, 5, pp. 258–266. doi: 10.37373/infotech.v5i2.1402.
Arnett, J. J. (2024) Emerging Adulthood: The Winding Road from the Late Teens Through the Twenties. 3rd edn. Oxford University Press. doi: doi.org/10.1093/oso/9780197695937.001.0001.
Barnett, K. S. and Vasiu, F. (2024) ‘How the arts heal: a review of the neural mechanisms behind the therapeutic effects of creative arts on mental and physical health’, Frontiers in Behavioral Neuroscience, 18. doi: 10.3389/fnbeh.2024.1422361.
Beerse, M. E. et al. (2020) ‘Biobehavioral utility of mindfulness-based art therapy: Neurobiological underpinnings and mental health impacts’, Experimental Biology and Medicine, 245(2), pp. 122–130. doi: 10.1177/1535370219883634.
Benhas, A. (2024) The Relationship Between Anxiety and Nutritional Status of Medical Students at Hasanuddin University Class Of 2023. Universitas Hasanuddin.
Bukhave, E. B. et al. (2025) ‘The effects of crafts-based interventions on mental health and well-being: A systematic review.’, Australian occupational therapy journal, 72(1), p. e70001. doi: 10.1111/1440-1630.70001.
Dea Sintya Ananda, Yuliati, N. U. M. (2025) ‘Faktor Yang Berhubungan Dengan Stres Kerja Pada Pekerja Bagian Finishing di Proyek Rumah Sakit Upt Vertikal Makassar’, Window of Public Health Journal, 6(1), pp. 60–71. Available at: https://jurnal.fkm.umi.ac.id/index.php/woph/article/view/2066.
Elizabeth Bergner Hurlock (1980) ‘Elizabeth_Hurlock_Psikologi_Perkembangan.pdf’, p. 447.
Fadhilah, Muhammad Khidri Alwi and Nur Ulmy Mahmud (2023) ‘Pengaruh Stress Kerja Dan Anxiety Terhadap Mental Well-Being Karyawan Bank Syariah Indonesia Di Kota Makassar’, Window of Public Health Journal, 4(3), pp. 539–546. doi: 10.33096/woph.v4i3.805.
Herald Sul Sel (2025) ‘ODGJ: Bencana Tersembunyi di Tengah Masyarakat’.
Hulwani, N., Adah, N. and Desreza, N. (2022) ‘Hubungan stres akademik dengan kualitas tidur mahasiswa fakultas kedokteran tingkat akhir di universitas abulyatama tahun 2022’, Journal of Healtcare Technology and Medicine, 8(2), pp. 1536–1544.
IPSOS (2023) ‘IPSOS Global Health Service Monitor 2023’, Ipsos, 1(November), pp. 1–32. Available at: https://www.ipsos.com/en/global-health-service-monitor-2020.
Kaimal, G., Ray, K. and Muniz, J. (2016) ‘Reduction of Cortisol Levels and Participants’ Responses Following Art Making’, Art Therapy, 33(2), pp. 74–80. doi: 10.1080/07421656.2016.1166832.
Kristensen, S. M. et al. (2023) ‘Academic Stress, Academic Self-efficacy, and Psychological Distress: A Moderated Mediation of Within-person Effects’, Journal of Youth and Adolescence, 52(7), pp. 1512–1529. doi: 10.1007/s10964-023-01770-1.
Maiden, J. and Stewart, D. O. (2025) ‘Healing Through Art : a Grounded Literature Review on Art Therapy for Graduate Students Facing Anxiety and Depression Healing Through Art : a Grounded Literature Review on Art Therapy for Graduate Students Facing Anxiety and Depression’, Crisis, Stress, and Human Resilience An International Journal, 6(4).
Nunez, K. (2024) Creating Art Can Improve Your Mental Health, According to New Study.
Nur Ulmy Mahmud, Arni Rizqiani Rusydi et al. (2024) ‘Development of strategies to reduce mental health disorders for adolescents in Pinrang South Sulawesi, Indonesia: A qualitative Study’, Gaceta Medica de Caracas, 132(4), pp. 1061–1071. doi: 10.47307/GMC.2024.132.4.17.
Nur Ulmy Mahmud, Ria Qadariah Arief, Safruddin, N. H. B. (2022) ‘Correlation of Resilience on Stress Level of Junior High School Students Based on Age During Pandemic Covid-19’, Jurnal Kesehatan, 15(Juni), p. 2022. doi: 10.24252/kesehatan.v15i1.27551.
Nur Ulmy Mahmud, S. A. (2022) ‘Pelatihan Seni Macrame untuk Siswa SMP dalam membangun Kesehatan Mental Pasca Pandemi di Desa Mangki Kabupaten Pinrang’, Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(10), pp. 3595–3600.
Pilar Matud, M. et al. (2020) ‘Stress and psychological distress in emerging adulthood: A gender analysis’, Journal of Clinical Medicine, 9(9), pp. 1–11. doi: 10.3390/jcm9092859.
Rahmiati; Nur Ulmy Mahmud; Ulfa sulaeman (2023) ‘Pengaruh Kesehatan Mental Terhadap Hasil Belajar Daring Mahasiswa Di Kabupaten Bone’, 4(4), pp. 621–629.
Rechika Amelia Eka Putri, D. R. E. (2024) ‘Hubungan Tingkat Gangguan Kecemasan (Anxiety-Disorder) Pada Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir’, Medic Nutricia Jurnal Ilmu Kesehatan, 4(1), pp. 1–6. doi: 10.5455/mnj.v1i2.644.
Rezeki, S. S. (2024) Determinan Kesehatan Mental Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Di Makassar Tahun 2024, UIN Alauddin. UIN Alauddin. Available at: https://repositori.uin-alauddin.ac.id/28294/1/70200120003_SITI SRI REZKI W.pdf.
RISKESDAS (2023) Data Riset Kesehatan Dasar.
Wang, L. (2025) ‘Mediation of coping style between academic self-efficacy and academic stress in middle school students’, (September). doi: 10.3389/fpsyg.2025.1496528.
WHO (2022) Adolescent health in the South-East Asia Region, Adolescent Health.
Copyright (c) 2025 Nur Ulmy Mahmud, Muhammad Ikhtiar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1.png)





