Faktor Yang Berhubungan Dengan Higiene Sanitasi Rumah Makan di Wilayah Kerja Puskesmas Simpang IV Sipin Kota Jambi

  • Ahmad Husaini Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi
  • Subakir Subakir Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu, Jambi
  • Rika Aprianti Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu, Jambi
Keywords: higiene, pengetahuan, sikap, motivasi

Abstract

Hiegene sanitasi rumah makan yang ada di Provinsi Jambi masih menjadi permasalahan yang erat hubungannya dengan kesehatan. Pada tahun 2020 persentase tempat pengolahan makanan yang memenuhi syarat kesehatan sebesar 46,30%, jauh menurun jika dibandingkan dengan tahun 2019 persentase tempat pengolahan makanan yang memenuhi syarat kesehatan sebesar 57,10%. Puskesmas Simpang IV Sipin memiliki 35,48% rumah makan atau restoran yang tidak memenuhi syarat kesehatan. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan higiene sanitasi rumah makan restoran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectoinal. Sampel penelitian adalah rumah makan atau restoran diwilayah kerja Puskesmas Simpang IV Sipin Kota Jambi sebanyak 32. Penelitian ini dianalisis secara univariat dan bivariat. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan formulir  inspeksi kesehatan lingkungan. Hasil analisis statistik menggunakan chi-square menunjukkan terdapat hubungan antara pengetahuan (p-value = 0,025) dan sikap (p-value = 0,010) terhadap higiene sanitasi rumah makan. Tidak ada hubungan antara motivasi (p-value = 0,061) dan peran petugas (p-value = 0,112) dengan higiene sanitasi rumah makan. Semua responden belum pernah mengikuti pelatihan dan tidak bergabung dengan organisasi PHRI. Diharapkan petugas kesehatan lebih maksimal dalam meningkatkan pengetahuan pemilik rumah makan dengan memberikan sosialisasi tentang persyaratan higiene sanitasi rumah makan, sehingga dapat meningkatnya pengetahuan responden dan akan menimbulkan sikap yang positif  terhadap penerapan higiene sanitasi.

References

Bangun, W., 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Dinas Kesehatan Kota Jambi, 2020. Profil Kesehatan Kota Jambi Tahun 2020, Kota Jambi: Dinas Kesehatan Kota Jambi.

Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, 2020. Profil Kesehatan Provinsi Jambi Tahun 2020, Kota Jambi: Dinas Kesehatan Provinsi Jambi.

Harnani, Y. & Utami, T., 2018. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Higiene dan Sanitasi Rumah Makan di Kelurahan Tangkerang Labuai Kota Pekan Baru. Collaborative Medical Journal, 1(2), pp. 11-20.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2003. Persyaratan Hygiene Sanitasi Rumah Makan dan Restoran, Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2021. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2020, Jakarta: Kementerian Kesehatna Republik Indonesia.

Mukono, H., 2004. Higiene Sanitasi Hotel dan Restoran. Surabaya: Pusat Penerbitan dan Percetakan UNAIR.

Mulyani, R., 2014. Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Higiene Pengolah Makanan. Jurnal Keperawatan , X(1), pp. 6-12.

Notoatmodjo, S., 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilkau. Jakarta: Rineka Cipta.
Published
2022-08-10
How to Cite
Husaini, A., Subakir, S., & Aprianti, R. (2022). Faktor Yang Berhubungan Dengan Higiene Sanitasi Rumah Makan di Wilayah Kerja Puskesmas Simpang IV Sipin Kota Jambi. urnal romotif reventif, 5(1), 52-58. https://doi.org/10.47650/jpp.v5i1.511