Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepadatan Lalat di TPS Yang Ada di Kecamatan Jambi Selatan

  • Rara Marisdayana Prodi Kesehatan Masyarakat, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harpan Ibu Jambi
  • Muhammad Agung Hermawan Prodi Kesehatan Masyarakat, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harpan Ibu Jambi
Keywords: Kepadatan Lalat, Pembersihan TPS, Ketersediaan Makanan

Abstract

Pengaruh buruk dari sampah yang merugikan terhadap kesehatan manusia dapat terjadi secara langsung maupun tidak langsung sebagai akibat menurunnya kualitas lingkungan. Akibat tersebut antara lain kemerosotan mutu lingkungan yang dapat mengganggu atau menimbulkan keluhan masyarakat dan masalah kesehatan seperti tingginya angka kepadatan vektor. Design penelitian cross sectonal. Populasi adalah Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS) yang telah terdaftar dan dibawah pengawasan kantor Pengelolaan Kebersihan dan Pemakaman Kota Jambi sebanyak 59 Unit TPS. Dengan sampel sebanyak 45 TPS. Hasil uji statistik dengan menggunakan uji beda dua mean (Uji T Independen) didapat hasil tidak ada hubungan antara konstruksi TPS (P-Value = 0.950) dengan tingkat kepadatan lalat di TPS yang ada di Kecamatan Jambi Selatan. Pada variabel ketersediaan makanan (P.Value= 0.032) dan Pembersihan TPS (P.Value=0.026) diketahui bahwa ada hubungan yang signifikan antara kesediaan makanan dan pembersihan TPS dengan tingkat kepadatan lalat di TPS yang ada di Kecamatan Jambi Selatan.

References

Achmadi, 2011, Dasar-dasar Penyakit Berbasis Lingkungan, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Maliga, I., Hasifah, H., & Putri, D. (2022). Analysis of Volume and Impact of Solid Waste Growth in Kukin Village Sumbawa Regency. Pancasakti Journal of Public Health Science and Research, 2(1), 12-19. https://doi.org/10.47650/pjphsr.v1i3.319

Azwar A, 2010, Pengantar Ilmu Kesehatan Lingkungan, Mutiara Sumber, Jakarta.

Ramadhani C, 2019, Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kepadatan Lalat di Desa Purwodadi Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati, Jurnal Kesehatan Masyarakat.

Chandra B (2007), Pengantar Kesehatan Lingkungan, Buku Kedokteran ECG, Jakarta.

Kusnoputranto, 2001, Kesehatan Lingkungan, FKM Universitas Indonesia, Jakarta.

Ditjen PPM & PLP, 1992, Petunjuk tentang Pemberantasan Lalat, Depkes RI, Jakarta.

Dinas Pengelola Kebersihan dan Pemakaman Kota Jambi, Profil Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman Kota Jambi, Jambi.

Depkes RI, 1996, Petunjuk Pelaksanaan, Pengawasan dan Pengendalian Dampak Sampah (Aspek Kesling), Jakarta.

Madji M, 2021, Jarak Tempat Pembuangan Sementara (TPS) Sampah dan Tingkat Kepadatan Lalat di Desa Montong Betok, Kecamatan Montong Gading, Kabupaten Lombok Timur, Jurnal Sanitasi dan Lingkungan.

Nuriyah, S. (2018). Hubungan sanitasi lingkungan pengelolaan limbah dengan indikator angka kepadatan lalat di rumah potong unggas Kota Depok Tahun 2018 (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah).

Pratama, R. A. (2016). Perilaku Masyarakat dalam Membuang Sampah di Tempat Penampungan Sementara (TPS) di Kecamatan Pontianak Barat Kota Pontianak. Jurnal Teknologi Lingkungan Lahan Basah, 4(1).

Ditjen PPM & PLP, 2001, Pedoman Teknis Pengendalian Lalat, Jakarta.
Published
2022-08-10
How to Cite
Marisdayana, R., & Hermawan, M. (2022). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepadatan Lalat di TPS Yang Ada di Kecamatan Jambi Selatan. urnal romotif reventif, 5(1), 16-22. https://doi.org/10.47650/jpp.v5i1.512