Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Kecerdasan Pada Mahasiswa Tingkat 2 Ners Tahap Akademik di Stikes Santa Elisabeth Medan

  • Jagentar Pane Program Studi Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Santa Elisabeth, Medan
  • Ance Siallagan Program Studi Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Santa Elisabeth, Medan
  • Felisita Adine Febrilastari Program Studi Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Santa Elisabeth, Medan
Keywords: Penggunaan Gadget, kecerdasan, mahasiswa

Abstract

Ketergantungan gadget saat ini sangat marak terjadi baik pada kalangan anak – anak maupun dewasa sehingga dapat mempengaruhi fokus seseorang dan berdampak pada kecerdasannya Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget dengan kecerdasan pada mahasiswa tingkat 2 Ners tahap akademik di STIKes Santa Elisabet Medan Tahun 2021. Penelitian dilakukan dengan metode analitik observasional dan desain penelitian cross sectional dengan menggunakan skala likert dan pada pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling dengan jumlah responden seluruh mahasiswa tingkat 2 ners tahap akademik sebanyak 88 orang untuk hubungan penggunaan gadget dengan kecerdasan intelektual. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner penggunaan gadget dan kecerdasan. Hasil uji Chi Square test P = 0,083 dapat disimpulakan dari penelitian ini yaitu tidak ada hubungan yang bermakna antara penggunaan gadget dengan kecerdasan intelegtual pada mahasiswa tingkat 2 Ners tahap akademik di STIKes Santa Elisabet Medan Tahun 2021. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan gadget dengan bijak pada mahasiswa berdampak baik sehingga tidak mengurangi kualitas pada kecerdasan mahasiswa.

References

Amaliyah (2017) ‘Hubungan Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Siswa SD Muhammadiyah 29 Sunggal Deli Serdang’, Ansiru, 1.

Asro, M. and Sidik, D. M. (2020) ‘Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Bagi Peserta Anak Didik Pada Sosialisasi Pengaruh Gadget’, Al-Khidmat, 3(1). doi: 10.15575/jak.v3i1.5944.

Cha, S. S. and Seo, B. K. (2018) ‘Smartphone use and smartphone addiction in middle school students in Korea: Prevalence, social networking service, and game use’, Health Psychology Open, 5(1). doi: 10.1177/2055102918755046.

Lestari, Y., Adila, D. R. and Lestari, R. F. (2021) ‘Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Ibu Terhadap Tindakan Mencuci Tangan Dalam Perawatanan Tali Pusat Bayi Baru Lahir’, Al-Asalmiya Nursing Jurnal Ilmu Keperawatan (Journal of Nursing Sciences). doi: 10.35328/keperawatan.v9i2.1031.

Manumpil, B., Ismanto, Y. and Onibala, F. (2015) ‘Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Tingkat Prestasi Siswa Di Sma Negeri 9 Manado’, e-Journal Keperawatan (e-Kep), 3(2).

Nahak, L. M. et al. (2019) ‘Hubungan Antara Penggunaan Gadget Dengan Kecerdasan (Intelektual, Emosional, Spiritual Dan Sosial) Anak Usia Sekolah Di Sdk St. Theresia Atambua Ii’, Jurnal Sahabat Keperawatan, 1(02). doi: 10.32938/jsk.v1i02.248.

Nirwana, Mappapoleonro, A. M. and Chairunnisa (2018) ‘The Effect of Gadget Toward Early Childhood Speaking Ability’, Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 7(2).

Pratiwi, N. P. S., Sastri, I. I. D. A. M. and Kawisana, P. G. W. P. (2020) ‘Pengaruh Ukuran Organisasi, Kemampuan Teknik Personal, Programipelatihan dan Pendidikan Terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi pada BPR di Kabupaten Gianyar’, Jurnal Riset Akuntansi Warmadewa, 1(3).

Putri, Y. S. (2016) ‘Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Pln Persero Area Klaten’, JURNAL STUDI MANAJEMEN ORGANISASI, 13(1). doi: 10.14710/jsmo.v13i1.13416.

Ratri Desiningrum, D., Indriana, Y. and Siswati (2017) ‘Intensi penggunaan gadget dan kecerdasan emosional pada remaja awal’, Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, (1).

Sukma, F. M. and Sutarni, N. (2018) ‘Pengaruh Manajemen Sumber Daya Berbasis Iso 9001:2008 Terhadap Kinerja Guru’, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2). doi: 10.17509/jpm.v3i2.11770.
Published
2023-02-08
How to Cite
Pane, J., Siallagan, A., & Febrilastari, F. (2023). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Kecerdasan Pada Mahasiswa Tingkat 2 Ners Tahap Akademik di Stikes Santa Elisabeth Medan. urnal romotif reventif, 6(1), 54-58. https://doi.org/10.47650/jpp.v6i1.532