Pengaruh Edukasi Melalui Zoom Terhadap Pengetahuan Remaja Tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri di SMA Muhammadiyah Tarakan Kalimantan Utara

  • Chindy Laraswati Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Anjarwati Anjarwati Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
Keywords: Edukasi, Zoom, Pengetahuan, Pemeriksaan Payudara Sendiri, Remaja

Abstract

Kanker payudara bisa dideteksi secara dini dengan pemeriksaan yang namanya SADARI (Periksa payudara sendiri). Periksa payudara sendiri (SADARI) bisa dilakukan secara mandiri tiap individu. Di Kalimantan utara prevalensi kanker payudara, urutan ke-8 se-Indonesia. Kurangnya informasi dan motivasi mengenai pencegahan dan deteksi dini kanker payudara menyebabkan banyak wanita khususnya remaja yang tidak mengetahui cara ini serta masih banyak remaja yang tidak peduli dan peka terhadap gejala-gejala abnormal pada payudara mereka. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya pengaruh edukasi melalui zoom terhadap pengetahuan remaja tentang pemeriksaan payudara sendiri di SMA Muhammadiyah Tarakan. Metode penelitian ini menggunakan pre eksperimen dengan desain one grup pre-test post-test. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling yang berjumlah 27 siswi kelas XI. Instrumen penelitian menggunakan lembar kuisioner. Uji statistik menggunakan uji Paired Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh edukasi melalui zoom terhadap pengetahuan tentang pemeriksaan payudara sendiri pada remaja siswi sebelum dan sesudah diberikan edukasi melalui zoom. Analisa data diketahui P- value 0,000. Simpulan penelitian ini adalah ada pengaruh edukasi melalui zoom terhadap pengetahuan remaja tentang pemeriksaan payudara sendiri di SMA Muhammadiyah Tarakan.

References

Anggraeni, S., & Handayani, E. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) Pada Mahasiswi Non Kesehatan UIN Antasari Banjarmasin. Jurnal Kesehatan Indonesia, 9(2), 76.

WHO, I. A. of R. on C. (2021). Cancer Today.

Dinas Kesehatan Kalimantan Utara. (2019). Data Kanker Payudara Kalimantan Utara.

Kemenkes RI. (2018). Profil Kesehatan Indonesia 2018.

Yulinda A & Fitria N. (2018). Efektivitas Penyuluhan Metode Ceramah Dan Audiovisual Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Tentang sadari di SMKN 5 Surabaya. Journal Promkes.

Suparmi, S., & Winarni, W. (2017). Perbandingan Efektifitas Metode Demontrasi Dan Video Sadari Dalam Peningkatan Motivasi Deteksi Dini Kanker Payudara. Profesi (Profesional Islam) Media Publikasi Penelitian, 14(2), 66. https://doi.org/10.26576/profesi.144

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta CV.

Amila, Sinuraya, E., & Gulo, A. R.. (2020). Edukasi SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri) Untuk Deteksi Dini Kanker Payudara pada Siswi SMA Medan. Jurnal Abdimas Mutiara, 1(2), 29–40.

Olfah, Y., Mendri, N. ketut, & Badiah, A. (2013). Kanker Payudara & SADARI (pertama). Nuha Medika.

Lera, T., Beyene, A., Bekele, B., & Abreha, S. (2020). Breast self-examination and associated factors among women in Wolaita Sodo, Ethiopia: A community-based cross- sectional study. BMC Women's Health, 20(1), 1–10. https://doi.org/10.1186/s12905- 020-01042-1

Parmin, J. (2018). Hubungan Pengetahuan dan Sumber Informasi dengan Pelaksanaan SADARI di SMAN Bernas Pangkalan Kerinci. Jurnal Doppler Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, 2(2), 13–20.
Published
2023-06-19
How to Cite
Laraswati, C., & Anjarwati, A. (2023). Pengaruh Edukasi Melalui Zoom Terhadap Pengetahuan Remaja Tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri di SMA Muhammadiyah Tarakan Kalimantan Utara. urnal romotif reventif, 6(3), 388-393. https://doi.org/10.47650/jpp.v6i3.807