Hubungan Supervisi Kepala Ruangan Dengan Pendokumentasian Asuhan Keperawatan di Ruang Rawat Inap RSUD Majene

  • Muh Fauzar Al-Hijrah universitas sulawesi barat
  • Musdalifa Musdalifa Prodi Keperawatan Universitas Sulawesi Barat
  • Muhammad Irwan Prodi Keperawatan Universitas Sulawesi Barat
  • Rusda Ananda Prodi Administrasi Kesehatan Universitas Sulawesi Barat
  • Muhammad Taufik Page Prodi Administrasi Kesehatan Universitas Sulawesi Barat
  • Muhammad Hosni Mubarak Prodi Administrasi Kesehatan Universitas Sulawesi Barat
  • Andi Mifta Farid Panggeleng Prodi Administrasi Kesehatan Universitas Sulawesi Barat
Keywords: Supervisi, pendokumentasian, asuhan keperawatan

Abstract

Supervisi adalah suatu kegiatan profesional dalam pelayanan keperawatan yang dilakukan oleh kepala ruangan dan bertujuan untuk meningkatkan produktivitas kerja perawat pelaksana, termasuk dalam dokumen keperawatan agar segala kegiatan yang telah diprogram dapat dilaksanakan dengan baik dan lancer. Dokumentasi asuhan keperawatan adalah aspek penting dalam proses keperawatan dan juga merupakan suatu indikator dalam meningkatkan mutu pelayanan keperawatan di rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan supervisi kepala ruangan dengan pendokumentasian asuhan keperawatan di ruangan inap RSUD Majene. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriktif korelasional dengan menggunakan desain cross-sectional. Hasil Penelitian menunjukkan Responden supervisi 103 (88,0%) di antaranya terkategorikan baik dan 14 responden (12,0%) di kategorikan cukup baik, kelengkapan pendokumentasian asuhan keperawatan ketegori lengkap 86 (73,5%) responden dan 31 (26,5%) responden tidak lengkap. Hubungan supervise kepala ruang terhadap pendokumentasian asuhan keperawatan dari hasil uji Chi-Square dengan nilai P=0,000. Kesimpulannya adalah ada hubungan supervisi kepala ruangan dengan pendokumentasian asuhan keperawatan di Ruang rawat inap RSUD Majene

References

Amalia, E., Herawati, L., & Nofriadi. (2018). Faktor-Faktor Kelengkapan Pendokumentasian Asuhan Keperawatan Di Instalasi Rawat Inap Rsud Lubuk Sikaping. Prosiding Seminar Kesehatan Perintis E, 1(1), 2622–2256.

Amalia, E., Herawati, L., & Nofriani. (2018). Faktor-Faktor Kelengkapan Pendokumentasian Asuhan Keperawatan Di Instalasi Rawat Inap Rsud Lubuk Sikaping. Prosiding Seminar Kesehatan Perintis, 1(1).

Anggraini, R. (2021). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit.

Apriana, R., Retnaningsih, D., & Pamungkassari, T. (2017). Hubungan Fungsi Pengarahan Kepala Ruangdengan Pelaksanaan Dokumentasi Asuhan Keperawatan Di Ruang Rawat Inap Rsud Dr.H Soewondo Kendal. 1–10.

Apriani, F. (2018). Pengaruh Kepedulian Orang Tua Terhadap Pendidikan Agama Islam Anak Dalam Keluarga Desa Nelan Indah Kecamatan Teramang Jaya Kabupaten Mukomuko.

Sutris, Asda, P., & Syarifah, N. Y. (2022). Supervisi Kepala Ruangan Berhubungan Dengan Kelengkapan Dokumentasi Asuhan Keperawatan Di Rspau Dr. Suhardi Hardjolukito Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 291–302.

Widiatama, Y. (2018). Simulasi Perbaikan Alur Pelayanan Pasien Rawat Jalan Dengan Pendekatan Lean Hospital Pada Rumah Sakit Umum (RSU) Kabupaten Tangerang. Jitmi, 1.

Wisuda, A. C., & Putri, D. O. (2020). Kinerja Perawat Pelaksana Dalam Pendokumentasian Asuhan Keperawatan Di Instalasi Rawat Inap. Jurnal ’Aisyiyah Medika, 4, 230–238. Https://Doi.Org/10.36729/Jam.V4i2.223

Passya, P., Rizany, I., & Setiawan, H. (2019). Hubungan Peran Kepala Ruangan Dan Supervisor Keperawatan Dengan Motivasi Perawat Dalam Melakukan Dokumentasi Keperawatan. Jurnal Keperawatan Raflesia, 1 (November), 99–108. Https://Doi.Org/10.33088/Jkr.Vli2.409

Pranatha, A. (2020). Korelasi Supervisi Kepala Ruang Dengan Kelengkapan Pendokumentasian Asuhan Keperawatan Di Ruang Rawat Inap Rsud ’45 Kuningan. Journal Of Nursing Practice and Education.

Rahayu, S., & Sulistiawati. (2018). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Dengan Perilaku Caring Perawat Di Rumah Sakit. Faletehan Health Journal, 5(2), 77–83.

Rawung, D. T. (2020). Metode Penarikan Sampel. Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Badan Pusat Statistik Ri, 17.
Published
2023-10-11
How to Cite
Al-Hijrah, M., Musdalifa, M., Irwan, M., Ananda, R., Page, M., Mubarak, M., & Panggeleng, A. (2023). Hubungan Supervisi Kepala Ruangan Dengan Pendokumentasian Asuhan Keperawatan di Ruang Rawat Inap RSUD Majene. urnal romotif reventif, 6(5), 724-732. https://doi.org/10.47650/jpp.v6i5.945