Pengembangan Media Edukasi Menggunakan Video Animasi Mengenai Pengetahuan Menstrual Personal Hygiene (Studi pada Siswi Kelas X di MAN Kota Surabaya)

  • Adlina Nadhilah Nurdini Agustina Fakultas Kesehatan Universitas Nahdlatul Ulama, Surabaya
  • Budhi Setianto Fakultas Kesehatan Universitas Nahdlatul Ulama, Surabaya
  • Achmad Syafiuddin Fakultas Kesehatan Universitas Nahdlatul Ulama, Surabaya
  • Mursyidul Ibad Fakultas Kesehatan Universitas Nahdlatul Ulama, Surabaya
Keywords: menstrual personal hygiene, video animasi, media promosi kesehatan

Abstract

Penerapan personal higiene yang buruk saat menstruasi dapat menyebabkan infeksi pada area kewanitaan. Hasil studi pendahuluan menunjukkan masih banyak siswi yang tidak melakukan praktik personal higiene saat menstruasi. Faktanya, masih ada yang belum mengetahui bagaimana cara menjaga kebersihan diri saat menstruasi yang baik dan benar. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang media promosi kesehatan berupa pengembangan video animasi tentang menstrual personal hygiene pada siswa kelas X MAN Kota Surabaya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori P-Process yang dikembangkan oleh Johns Hopkins University (2013). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pre-eksperimental one-group pretest – posttest. Jumlah responden sebanyak 77 siswi kelas X yang diperoleh dengan menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penilaian ahli mengenai aspek media video animasi tentang menstrual personal hygiene termasuk dalam kategori sangat sesuai dengan skor rata-rata 4,33, dan aspek materi termasuk dalam kategori sesuai dengan skor rata-rata 3,47. Hasil uji coba yang dilakukan terhadap 20 sampel menunjukkan bahwa aspek media dan materi termasuk dalam kategori sangat layak dengan penilaian >4,21. Pengembangan media edukasi menggunakan video animasi efektif meningkatkan pengetahuan siswi tentang menstrual personal hygiene.

References

Hamidah, E.N., Realita, F. and Kusumaningsih, M.R., 2022. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Personal Hygiene Saat Menstruasi Pada Remaja Putri: Literature Review. Community of Publishing in Nursing, 10(3), pp.258–265.

Hidayati, Y.N., 2021. Personal Hygiene Selama Menstruasi Pada Remaja Putri Dengan Media Booklet. Skripsi. Universitas `Aisyiyah Surakarta.

Jatmika, S.E.D., Maulana, M., Kuntoro and Martini, S., 2019. Pengembangan Media Promosi Kesehatan. Yogyakarta: K-Media.

Murtiyarini, I., Nurti, T. and Sari, L.A., 2021. Efektivitas Media Promosi Kesehatan Terhadap Pengetahuan Remaja Tentang Pendewasaan Usia Perkawinan. pp.71–78.

Purnama, N.L.A., 2021. Pengetahuan dan Tindakan Personal Hygiene Saat Menstruasi Pada Remaja. pp.61–66.

Sabaruddin, E.E., Kubillawati, S. and Rohmawati, A., 2021. Perilaku Personal Hygiene Saat Menstruasi Pada Siswi SMP Bangsa Mandiri 2 Bogor. kesehatan kebidanan, X, pp.33–42.

Santrock, J.W., 2019. Life-span development (17th Edition). 17th ed. McGraw-Hill Education.

Setyawati, H., 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses SAINS Siswa. Bioedukasi, XV(1), pp.32–42.

Sinaga, E., Sibanon, N., Suprihatin, Saádah, N., Salamah, U., Murti, Y.A., Trisnamiati, A. and Lorita, S., 2017. Manajemen Kesehatan Menstruasi. Universitas Nasional, IWWASH, Global One.

Sovia, Suharti and Daryono, 2019. Efektifitas Penggunaan Media Animasi Untuk Meningkatkan Pengetahuan Tentang HIV/AIDS. pp.37–46.

Susilowati, D., 2016. Promosi Kesehatan. 1st ed. Jakarta: Pusdik SDM Kesehatan.
Published
2023-10-27
How to Cite
Agustina, A., Setianto, B., Syafiuddin, A., & Ibad, M. (2023). Pengembangan Media Edukasi Menggunakan Video Animasi Mengenai Pengetahuan Menstrual Personal Hygiene (Studi pada Siswi Kelas X di MAN Kota Surabaya). urnal romotif reventif, 6(5), 786-795. https://doi.org/10.47650/jpp.v6i5.947