Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Cakupan Vaksinasi Covid-19 Pada Masyarakat Pulo Ara Geudong Tengoh Bireuen

  • Rahmat Rezeki Universitas Muhammadiyah Aceh
  • Vera Nazhira FKM Universitas Muhammadiyah Aceh, Banda Aceh, Indonesia
  • Ramadhaniah Ramadhaniah FKM Universitas Muhammadiyah Aceh, Banda Aceh, Indonesia
Keywords: Pengetahuan, sikap, peran media informasi, lingkungan, vaksinasi covid-19

Abstract

Target pemberian vaksin belum merata di seluruh negara termasuk Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan cakupan Vaksinasi Covid-19 pada masyarakat di Desa Pulo Ara Geudong Tengoh Bireuen. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei analitik dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat di desa Pulo Ara Geudong Tengoh yang berjumlah 1.561 orang dengan jumlah sampel 390 orang. Pengumpulan data dilakukan selam 30 hari dari 06 September sampai dengan 06 Oktober 2022 menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan pengetahun, sikap, peran media informasi, lingkungan, kepercayaan, pekerjaan terhadap cakupan vaksinasi covid-19, sedangkan tidak ada hubungan pendidikan terhadap cakupan Vaksinasi Covid-19 Pada Masyarakat di Desa Pulo Ara Geudong Tengoh Bireuen. Diharapkan kepada masyarakat desa Pulo Ara Geudong Tengoh Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen dengan adanya penelitian ini dapat menjadikan sebagai masukan bagi petugas kesehatan dan petugas terkait untuk meningkatkan jumlah cakupan vaksinasi di dearah tersebut agar masyarakat lebih antusias dalam melakukan vaksinasi sehingga dapat mencegah penularan Covid-19.

References

Argista, S, L,. (2021). Persepsi Masyarakat Terhadap Vaksin Covid-19 Di Sumatera Selatan. Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat (S1) Fakultas Kesehata Masyarakat Universitas Sriwijaya.

David, W., (2017). Pengaruh Ability, Benevolence dan Integrityterhadap Trust, Serta Implikasinya Terhadap Partisipasi Pelanggan E-Commerce: Studi Kasus Pada Pelanggan Ecommerce Di UBM. Fakultas Ekonomi Universitas UBM, Jakarta, Indonesia.

Dinkes Aceh. (2021). Aceh Terima 200.280 Dosis Vaksin Covid-19. Tersedia di https://dinkes.acehprov.go.id.

Febriyanti, Noer., (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Kesediaan Vaksinasi Covid-19 pada Warga Kelurahan Dukuh Menanggal Kota Surabaya. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

Kemenkes RI. (2020). Survei Penerimaan Vaksin COVID-19 di Indonesia.

Kemenkes. (2022). Update Vaksinasi di Aceh Data per Jumat, 4 Maret 2022 Tersedia di https://databoks.katadata.co.id.

Kemenkes. (2021). Vaksinasi Dosis 2 di Kabupaten Aceh Utara Menjadi yang Terendah di Aceh. Tersedia di https://databoks.katadata.co.id.

Notoatmodjo, S., (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta.

Rafiq, M. (2016). Pengaruh lingkungan terhadap individu. Tersedia di: Http://www.kompasiana.

Suhartini, T., (2018). Makna Kerja Bagi Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini: Studi Fenomenologi Di Paud ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.

Susiani, A. (2020). Hubungan Pengetahuan dan Sikap dengan Perilaku PenerimaanVaksinasi Covid-19 pada Lanjut Usia. Akademi Keperawatan Saifuddin Zuhri. STIKES YPIB Majalengka.

Syarifuddi, A., (2021). Media Komunikasi Dalam Mendukung Penyebarluasan Informasi Penanggulangan Pandemi Covid-19. Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika Makassar.

Wijaya, P., (2021). Data Tingkat Vaksinasi Covid-19 Dunia, Indonesia Urutan Berapa?. Tersedia di https://www.merdeka.com/dunia/ data-tingkat-vaksinasi-covid-19-dunia-indonesia-urutan-berapa.html;

Wikusuma. (2021). Media Informasi Sebagai Garda Terdepan Pemberitaan di Era Pandemi Covid-19. Himpunan mahasiswa planologi: ITS.

Worldwide. (2021). Vaccinations by location. Tersedia di https;//www. Unicef. Org.

Yakub. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat Produktivitas tenaga kerja industry kecil konveksi di kota Makassar, Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UINA lauddin Makassar.
Published
2023-10-11
How to Cite
Rezeki, R., Nazhira, V., & Ramadhaniah, R. (2023). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Cakupan Vaksinasi Covid-19 Pada Masyarakat Pulo Ara Geudong Tengoh Bireuen. urnal romotif reventif, 6(5), 702-714. https://doi.org/10.47650/jpp.v6i5.964