Analisis Kebijakan Pendidikan Inklusif Terhadap Sekolah dan Masyarakat (Studi Kasus Sekolah Kharisma Makassar)

  • Arnita Soevian Program Studi Magister Ilmu Pemerintahan Universitas Pancasakti
  • Agustan Agustan Program Studi Magister Ilmu Pemerintahan Universitas Pancasakti
  • Nasir Nasir Program Studi Magister Ilmu Pemerintahan Universitas Pancasakti
Keywords: Kebijakan Pendidikan, Pendidikan Inklusif, Sekolah Kharisma

Abstract

Pendidikan inklusi merupakan upaya untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik dengan kebutuhan khusus untuk belajar bersama dengan peserta didik lainnya di sekolah umum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan pendidikan inklusif terhadap sekolah dan masyarakat, dengan fokus pada Sekolah Kharisma Makassar. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi dampak kebijakan inklusi, penerapan kebijakan, serta aspek pendukung dan penghambatnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model inklusi penuh digunakan di Sekolah Kharisma, di mana peserta didik dengan kebutuhan khusus digabungkan dalam satu kelas dengan peserta didik reguler. Guru pendamping khusus membantu dalam menyesuaikan kurikulum dan memberikan bimbingan khusus kepada peserta didik berkebutuhan khusus. Faktor pendukung dalam penerapan inklusi meliputi komitmen sekolah dan yayasan, sementara faktor penghambat meliputi keterbatasan sumber daya manusia, keuangan, sarana dan prasarana, serta kurangnya partisipasi masyarakat. Dengan pemahaman terhadap faktor-faktor ini, diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pendidikan inklusi di Sekolah Kharisma Makassar dan sekolah lainnya.

References

Anderson, J. E. (2015). Public policymaking: an introduction (8th ed.). Wadsworth: Cengange Learning

Arif, Rohman. (2012). Kebijakan Pendidikan: AnalisisDinamika dan Implementasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Fatkuroji, F. (2017). Analisis Kebijakan Pendidikan Berbasis Riset. Semarang: Garuda.

Fowler, F. C. (2014). Policy studies for educational leaders: An introduction (4th ed.). New Jersey: Pearson Education.

Garnida. (2015). Pengantar Pendidikan Inklusif. Bandung: Refika Aditama.

Ilahi, M.T. (2013). Pendidikan inklusif: Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Syamsul, Bahri Thalib. (2010). Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.
Published
2024-04-23