Model Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kualitas Kinerja Guru (Studi Kasus Sekolah UPT SD Negeri 107 Rompu, Kec. Masamba, Kab. Luwu Utara)

  • Muh. Syawal Aspar Program Studi Magister Ilmu Pemerintahan Universitas Pancasakti
  • Nasir Nasir Program Studi Magister Ilmu Pemerintahan Universitas Pancasakti
  • Erniwati Erniwati Program Studi Magister Ilmu Pemerintahan Universitas Pancasakti
Keywords: Model Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Kinerja Guru

Abstract

Fungsi kepala sekolah dalam model kepemimpinannya memiliki dampak yang penting terhadap peningkatan kualitas kinerja guru yang ada di sekolahnya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk mengumpulkan data sehingga penelitian nantinya berisi kutipan untuk memberi gambaran sajian mengenai tentang model kepemimpinan kepala sekolah, meliputi: (1) model kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kedisiplinan guru, (2) model kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan sikap dan mental guru, (3) model kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan motivasi kerja guru, dan (4) faktor yang mempengaruhi model kepemimpinan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi, hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa kepala sekolah dalam hal ini menerapkan model kepemimpinan memberitahukan untuk peningkatan kedisiplinan guru, model kepemimpinan pelatihan untuk peningkatan sikap danmental guru, dan model kepemimpinan transaksional untuk peningkatan motivasi kerja guru. Tetapi faktor yang mempengaruhi model kepemimpinan kepala sekolah seperti menurunya kedisiplinan guru datang dan pulang tepat waktu dan rendahnya rasatanggung jawab guru.

References

Danim, Sudarwan. (2012). Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok, Edisi 2. Jakarta: PT Rineka Cipta Utama.

Depdiknas. (2001). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis. Jakarta: Depdiknas.

Istiqomah, Munawaroh. (2018). Pengaruh Disiplin dan Lingkungan terhadap Motivasi Kerja dan Dampaknya pada Kinerja Pegawai di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal Ilmu Manajemen Vol. 8 No. 1 PP 22-32

Mukhroji, M. (2018). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. INSANIA: JurnalPemikiran Alternatif Kependidikan, 16(1).

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Usman, Nasir. (2012). Manajemen Peningkatan Mutu Kinerja Guru. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Paul Hersey & Kenneth Blanchard. (2003). Managemen of Organizational Behavior, Utilizing Human Resauces. New Jersey: Pratice – Hall, Inc, Engliwood Clifs.

Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 1990 tentang Pendidikan Dasar.

Shunhaji et al.. (2020). Efektivitas Program Redistribusi Guru PNS pada SMK Negeri di Kota Administratif Jakarta Selatan. Jurnal el-Moona: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam. Vol. 2. No. 2. PP 91-100.
Published
2024-04-23