Factors Affecting Nurse Discipline At Labuang Baji Hospital, Makassar City

  • Asrianto Asrianto Program Studi Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yapika
  • Riska Wardana Program Studi Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yapika
Keywords: Kedisiplinan, kepribadian, lingkungan

Abstract

Kedisiplinan merupakan suatu hal yang menjadi tolak ukur untuk mengetahui apakah peran seorang manajer atau pimpinan secara keseluruhan dapat dilaksanakan dengan baik atau tidak. Disiplin juga merupakan bentuk dari pengendalian diri perawat dan pelaksanaan yang teratur dalam menunjukkan tingkat kesungguhan kerja perawat pada suatu Rumah Sakit, dimana para perawat yang tidak mematuhi peraturan yang telah ditetapkan Rumah Sakit akan mendapatkan sanksi. Oleh karena itu tindakan disiplin ini tidak bisa diterapkan secara sembarangan, sehingga memerlukan pertimbangan yang bijak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kedisiplinan perawat RSUD Labuang Baji kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian telah dilaksanakan di RSUD labuang Baji Kota Makassar dengan jumlah sampel 50 responden (perawat). Sampel diambil dengan menggunakan metode non random sampling dengan kriteria inklusi dan eksklusi yang ditetapkan peneliti. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis data dengan uji chi-square terdiri dari analisis univariat dan bivariat. Hasil analisis univariat menunjukkan bahwa lebih dari 80% responden memiliki faktor kepribadian, lingkungan dan kedisiplinan yang baik dan hasil analisis Bivariat menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh antara faktor kepribadian dan lingkungan terhadap kedisiplinan perawat di RSUD Labuang Baji kota Makassar dengan nilai P>0,599. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan acuan untuk belajar tentang kedisiplinan perawat dan diharapkan bagi petugas kesehatan agar penelitian ini dijadikan bahan masukan untuk menjalankan tugasnya.

References

Asmiarsih. (2014). e-journal. Dipetik Januari 8, 2020, dari Jenis-jenis Disiplin Kerja:https://www.e-journal.com/2014/02/jenis-jenis-disiplin-kerja.html.

Bintoro, dan Daryanto. (2017). Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Gava Media.

Bugis,S. (2018). Hubungan Antara Komitmen Organisasi Dengan Disiplin Kerja Pada Anggota Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Di Yogyakarta. Dipetik Januari 8, 2020, dari eprints.mercubuanayogya:http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/3789.

Harahap, R. E. (2016). Hubungan Kepemimpinan Transformasional dan Disiplin Kerja Dengan Kinerja Perawat Rumah Sakit TK.II Putri Hijau Medan. Jurnal Magister Psikologi UMA, 8.

Hasibuan, Malayu S.P.(2014). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Jakarta:Bumi Aksara

Iskandar. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia Dilengkapi dengan Perilaku Organisasi dan Teori Penerapan. Bandung: Multazam.

Kasim & Ginting, (2019). Faktor Determinan yang Berhubungan dengan Motivasi Kerja Pegawai Di Puskesmas. http://ejournal.delihusada.ac.id/index.php/JPKSY/article/view/162
Published
2022-01-11
How to Cite
Asrianto, A., & Wardana, R. (2022). Factors Affecting Nurse Discipline At Labuang Baji Hospital, Makassar City. ancasakti ournal f ublic ealth cience nd esearch, 2(1), 20-25. https://doi.org/10.47650/pjphsr.v1i3.312