Parenting Relationship Between Parents and Family to Pre-School Child Development

  • Fitri Romadonika STIKES YARSI MATARAM
  • Eka Adithia Pratiwi SIKES YARSI MATARAM
  • Diah Rizki Hariati STIKES YARSI MATARAM
Keywords: Pola asuh, orang tua, keluarga, perkembangan anak

Abstract

Departemen Kesehatan RI melaporkan bahwa 0,4 juta (16%) balita Indonesia mengalami gangguan perkembangan, baik perkembangan motorik halus dan kasar, gangguan pendengaran, kecerdasan kurang dan keterlambatan bicara. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan anak adalah pola asuh orang tua dan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan keluarga terhadap perkembangan anak usia pra sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional dengan jumlah sampel sebanyak 85 responden. Penelitian ini dilakukan di TK Kecamatan Sekongkang . Alat pengumpulan data penelitian ini adalah kuesioner. Analisis data menggunakan uji Spearman’s Rho. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa sebagian orang tua dengan pola asuh demokrasi sebanyak 29  orang (67,4%), sebagian besar responden keluarga dengan pola asuh demokrasi sebanyak 24 orang (57,1%), sebagian besar responden dengan perkembangan anak usia prasekolah kategori normal sebanyak 83 orang anak(97,6%). Berdasarkan hasil uji statistik Spearman’s Rho didapatkan nilai p value 0,001 < α=0,05 yang menunjukan ada hubungan antara  pengasuh keluarga dengan orang tua terhadap perkembangan anak dan termasuk dalam kategori kekuatan hubungan rendah.

References

Adriana, D. (2017), “Tumbuh kembang dan terapi pada anak”, Salemba Medika.

Andriani, A. (2013), “Hubungan antara Motivasi Orang Tua dalam Mendidik Anak Melalui PAUD dengan Partisipasinya di PAUD Kasih Ibu Kelurahan Pisang Kota Padang”, Universitas Negeri Padang.

Budiarnawan, K.A., Antari, N.N.M. and Rati, N.W. (2014), “Hubungan antara konsep diri dan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPA Siswa Kelas V SD di Desa Selat”, Mimbar PGSD Undiksha, Vol. 2 No. 1.

Dariyo, A. (2003), “Psikologi perkembangan dewasa muda”, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Djamarah, S.B. (2014), “Pola asuh orang tua dan komunikasi dalam keluarga”, Jakarta: Rineka Cipta, Vol. 112.

Juarsa, D. (2011), “Pengembangan Model Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengkomunikasikan Nilai Moral Kepada Anak (Studi Kasus Tentang Keluarga Wanita Karier Yang Berprofesi Sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kota Bandung)”, Universitas Pendidikan Indonesia.

Krisdiyanto, D. (2015), “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Motorik Anak Usia 3-5 Tahun”, Vol. 047, pp. 1–9.

Latifah, E.W., Krisnatuti, D. and Puspitawati, H. (2016), “Pengaruh pengasuhan ibu dan nenek terhadap perkembangan kemandirian dan kognitif anak usia prasekolah”, Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, Vol. 9 No. 1, pp. 21–32.

Notoatmodjo, S. (2012), “Promosi kesehatan dan perilaku kesehatan”, Rineka Cipta.

Nurrahmawati, R. (2016), “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kemampuan Sosisalisasi dan Kemandirian Anak Usia Pra Sekolah di TK Ngesti”, UNIVERSITAS ALMA ATA YOGYAKARTA.

UPTD Bina TK Kecamatan Sekongkang. (2018), Data Laporan UPTD Bina TK.

Widati, T. (2012), “Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Metode Melipat Kertas pada Anak Kelompok B TK ABA Gani Socokangsi Jatinom Klaten Tahun Ajaran 2011/2012”, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yani, A.T. (2011), “MBS life skill & Kepemimpinan Sekolah”, Bandung: Humaniora.
Published
2022-01-11
How to Cite
Romadonika, F., Pratiwi, E., & Hariati, D. (2022). Parenting Relationship Between Parents and Family to Pre-School Child Development. ancasakti ournal f ublic ealth cience nd esearch, 2(1), 6-11. https://doi.org/10.47650/pjphsr.v1i3.320