Relationship of Knowledge and Attitude with Personal Hygiene Behavior During Menstruation in Young Women

  • Sontania Magdalena Carnance Sine Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Nusa Cendana, Kupang, Nusa Tenggara Timur
  • Pius Weraman Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Nusa Cendana, Kupang, Nusa Tenggara Timur
  • Yuliana Radja Riwu Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Nusa Cendana, Kupang, Nusa Tenggara Timur
Keywords: Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Kebersihan diri, Remaja

Abstract

Menstruasi pada remaja berhubungan dengan kesalahpahaman praktek kebersihan diri (personal hygiene) dan sikap, yang dapat merugikan kesehatan pada remaja itu sendiri.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap dengan perilaku personal hygiene saat menstruasi pada remaja putri kelas XI di SMA Negeri 1 Ende. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh remaja putri kelas XI yang berjumlah 115 orang dengan sampel sebanyak 89 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah acak sederhana. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat dengan derajat kemaknaan (α) 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan perilaku personal hygiene saat menstruasi (p=0,002) dan ada hubungan antara sikap dengan perilaku personal hygiene saat menstruasi (p=0,000). Pihak sekolah diharapkan untuk memberikan penyuluhan dan informasi kepada remaja putri khususnya tentang personal hygiene saat menstruasi.

References

Agra, N. R. (2016). Gambaran Pengetahuan Remaja Putri Tentang Personal Hygiene Saat Menstruasi Pada Siswi SMA Negeri 1 Sungguminasa Tahun 2016. DISS, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Ali, T.S.& Rizvi, S.N. (2016). Menstrual Knowledge and Practices of Female Adolescents InUrban Karachi, Pakistan. Journal Of Adolescence, 33(4):531–41.

Astuti, Ratna Devi dan Istri Utami.2017. Hubungan Pengetahuan Tentang Personal Hygiene Dengan Perilaku Personal Hygiene Saat Menstruasi Pada Remaja Putri Kelas XI Di SMA Negeri 1 Pajangan Bantul. Program Studi Bidan Pendidik Jepang Diploma IV Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Aisyiyah Yogyakarta.

Ayu. (2018). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Dengan Perilaku Kesehatan Reproduksi Pada Remaja Putri di SMA 5 Banda Aceh. Karya Tulis Ilmiah. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan U’budiyah Program StudiD-III Kebidanan Banda Aceh.

Azwar. (2016). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Basir, Renny. (2019). Faktor yang Berhubungan dengan Personal Hygiene tentang Menstruasi pada Anak Usia Menarche di SMP Negeri 8 Makassar [Skripsi]. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Crichton, J., Ibisomi, L.&Gyimah, S.O. (2018). Mother-Daughter Communication About Sexual Maturation, Abstinence and Unintended Pregnancy: Experiences from An Informal Settlement in Nairobi, Kenya. Journal Of Adolescence,35(1):21–30.

Errol, dkk. (2016). Ataglance obstetric dan ginekologi. Jakarta: Erlangga.

Fatmawati, AD, (2017). Pendidikan Kesehatan Reproduksi Bagi Santri Putri Di Asrama Pondok Pesantren Darul’ulum Jombang.JURNAL EDUMidwifery.Vol.1(1).

Hasan I. (2018). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: PT. BumiAksara.

Heryana, Ade. (2016). Perilaku Sehat dan Promosi Kesehatan. Artikel Prodi Kesmas FIKES Universitas Esa Unggul Jakarta.

Hidayat, Adan Aziz, Alimul. (2017). Metode Penelitian Kebidanan dan Teknik Analisa Data. Jakarta: Salemba Medika.

Hidayat. (2017). Metode penelitian kebidanan teknik analisa data. Salemba Medika: Jakarta.

Indah. (2017). Gambaran pengetahuan remaja putri tentang pesonall hygiene Di SMPITA Salam Pasar Minggu. Skripsi.Fakultas Ilmu Keperawatan Program Studi Sarjana Universitas Indonesia: Jakarta.

Kamath, R. etal. (2016). Global Journal of Medicine and Public Health A Study on Knowledge and Practices Regarding Menstrual Hygiene Among Rural and Urban Adolescent Girls in Udupi Taluk, Manipal, India.,1–9.

Kusmiran. (2017). Kesehatan Reproduksi Remaja dan Wanita. Selemba Medika: Jakarta.

Maidarti, dkk. (2016). Hubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Vulva Hygiene Pada Saat Menstruasi Remaja Putri. Jurnal Ilmu Keperawatan. 4(1):50-57.

Manuaba, IBG. (2017). Ilmu Kebidanan, Penyakit, Kandungan dan Keluarga Berencana. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Manuaba, IGede Bagus. (2018). Memahami Kesehatan Reproduksi Wanita.Jakarta: Cipta Pustaka.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2016). Pendidikan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rhineka Cipta.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2016). Promosi Kesehatan, Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Novianti, Yasnani, dan Erawan. (2017). Hubungan Pengetahuan, Sikap, Dan Tindakan Dengan Personal Hygiene Menstruasi Pada Remaja Putri Di SMP Negeri Satap Bukit.

Ramaiah, S. (2016). Mengatasi Gangguan Menstruasi. Yogyakarta: Digioisa Media. JOUR.

Rosyida, C. A. D, (2019). Buku Ajar Kesehatan Reproduksi Remaja Dan Wanita.PT Pustaka baru.

Sari I.D. (2017). Pengetahuan Remaja Putri tentang Kebersihan Alat Kelamin Saat Menstruasi di SMA Al-Washliyah 3Medan [Skripsi]. Medan: Universitas Sumatera Utara; 2009.War- dhani EH, Bilana A. Remaja Puber Remaja Super. Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Sarwono SW. (2016). Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Singgih, A. &Setyowati. (2014). Hubungan Pengetahuan Tentang Menstruasi Dengan Kecemasan Terhadap Ketidakteraturan Siklus Menstruasi. Jurnal Keperawatan Soedirman.Vol2 (9).

Stuart, G.W. (2016). Buku Saku Keperawatan Jiwa. Jakarta: EGC.

Sulistiyo, Andarmoyo. (2015). Personal hygiene, Konsep, Proses dan Aplikasi dalam Praktek Keperawatan. Jakarta: Graha Ilmu.

Suryati, B. (2015). Perilaku Kebersihan Remaja Saat Menstruasi. Jurnal health Quality,3(1). Thakre, S.B., et al. 2011. Menstrual Hygiene: Knowledge and Practice Among Adolescent School Girls of Saoner, Nagpur District.1027–1033.

Widyastuti, D. (2018). Perbedaan Pengetahuan Gizidan Tingkat Kecukupan Energi dan Protein pada Pasien Gagal Ginjal Kronik Predialisis Sebelum dan Setelah mendapat Konseling Gizi di RSUD.Dr. Moewardi Surakarta.Skripsi Studi Gizi.UMS: Surakarta.

Yusuf, S. (2019). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja Bandung: Remaja Rosdakarya.

Y, YuniErlina. (2018). Buku Saku Personal hygiene. Jakarta: Nuha Medika.
Published
2023-05-31
How to Cite
Sine, S., Weraman, P., & Riwu, Y. (2023). Relationship of Knowledge and Attitude with Personal Hygiene Behavior During Menstruation in Young Women. ancasakti ournal f ublic ealth cience nd esearch, 3(2), 106-112. https://doi.org/10.47650/pjphsr.v3i2.617