Qualitative Analysis of Risk Factors Contributing to Work-Related Road Accidents on Airport Integrated Mode Bus Drivers
Abstract
Kejadian kecelakaan pada moda angkutan umum dapat menyebabkan dampak buruk seperti kerugian material, korban luka hingga korban jiwa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kejadian serta faktor-faktor risiko kejadian kecelakaan kerja di jalan pada pengemudi bus pemadu moda Perusahaan X Cabang Bandara Soekarno-Hatta pada tahun 2022. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan metode wawancara mendalam, observasi dan telaah dokumen. Informan penelitian berjumlah tiga orang yang terdiri dari dua orang pengemudi dan satu orang pihak manajemen yang dipilih melalui teknik purposif sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga faktor risiko yang memengaruhi kecelakaan kerja di jalan, yaitu faktor manusia, lingkungan dan manajemen K3. Faktor manusia yang ditemukan adalah perilaku tidak selamat pengemudi meliputi mengantuk, kurang berkonsentrasi dan gagal menjaga jarak, faktor lingkungan meliputi perilaku pengguna jalan lain yang memotong jalur dan berhenti mendadak, serta faktor manajemen K3 adalah kurangnya pengawasan manajemen. Pengemudi bus disarankan untuk mengutamakan keselamatan dan mematuhi setiap peraturan lalu lintas, untuk pihak manajemen direkomendasikan untuk meningkatkan pemantauan, memberikan pelatihan rutin, mengatur jadwal kerja dan menyediakan fasilitas istirahat kepada pengemudi untuk meminimalisir risiko kelelahan dan kurang konsentrasi pada pengemudi saat bekerja.
References
Arifianto, I., 2018. Sistem Manajemen Keselamatan Perusahaan Angkutan Umum. [Online] Available at: https://aptrindo.or.id/assets/uploads/Sistem_Manajemen_Keselamatan_Perusahaan_Angkutan_Umum.pdf
Basuki, I., Setiadi, A. & Susanto, B., 2019. Kajian Tarif Pemadu Moda Yogyakarta Internasional Airport. Jurnal Transportasi, Volume 19, pp. 111-120.
Bird, F. E. & Germain, G. L., 1990. Practical Loss Control Leadership. Atlanta: s.n.
Bucsuházya, K. et al., 2020. Human factors contributing to the road traffic accident occurrence. Transport Research Procedia, pp. 555-561.
Candrianto, 2020. Pengenalan Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Batu: Penerbit Literasi Nusantara.
Candrianto, 2022. Keselamatan dan Kesehatan Kerja Logistik. Tasikmalaya: RCI Press.
Deme, D., 2019. Review on Factors Causes Road Traffic Accident in Africa. Journal of Civil Engineering Research and Technology, 1(1), pp. 1-8.
Hamid, A., Kusumawati, N. & Lestari, R. R., 2021. Faktor-Faktor Penyebab Kejadian Kecelakaan Lalu Lintas Pada Remaja Pengendara Sepeda Motor di Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar Povinsi Riau, Indonesia. Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, Februari.1(1).
Hammad, H. M. et al., 2019. Environmental factors affecting the frequency of road traffic accidents: a case study of sub-urban area of Pakistan. Environ Sci Pollut Res Int., April.Volume 26.
ILO, 1998. Resolution concerning statistics of occupational injuries (resulting from occupational accidents), s.l.: The Sixteenth International Conference of Labour Statisticians.
ILO, 2013. Keselamatan dan Kesehatan Kerja: Sarana untuk Produktivitas. Jakarta: ILO.
ILO, 2022. Occupational Safety and Health Statistics (OSH). [Online] Available at: https://ilostat.ilo.org/resources/concepts-and-definitions/description-occupational-safety-and-health-statistics/
Kemenhub RI, 2019. Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 15 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum dalam Trayek. In: s.l.:Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.
Kemenhub RI, 2022. Data Kecelakaan Lalu Lintas, s.l.: Direktur Jendral Perhubungan Darat.
Klinjun, N., Kelly, M., Praditsathaporn, C. & Petsirasan, R., 2021. Identification of Factors Affecting Road Traffic Injuries Incidence and Severity in Southern Thailand Based on Accident Investigation Reports. 13(22).
KNKT, 2022. Buku Statistik Investigasi Kecelakaan Transportasi KNKT 2021. Jakarta: KNKT.
Ladjin, N. et al., 2021. Dampak Perkembangan Transportasi di Berbagai Sektor. Bandung: Penerbit Media Sains Indonesia.
La, Q. N., Duong, D. V., Lee, A. H. & Meuleners, L. B., 2017. Factors underlying bus-related crashes in Hanoi, Vietnam. Transportation Research Part F: Traffic Psychology and Behaviour, Volume 46, pp. 426-437.
Mu’in, M., Setyawan, D. & Susilawati, D., 2017. Gambaran Karakteristik dan Penyebab Kejadian Kecelakaan Lalu Lintas Pada Kelompok Pekerja Pengendara Sepeda Motor. Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendikia Utama, 6(2).
Mulia, F. R. & Widowati, E., 2019. Kecelakaan Lalu Lintas Jalan Tol Ruas Batang-Semarang Berdasarkan Karakteristik Faktor Penyebab Kecelakaan Tahun 2019.
Negara, D., Jayanti, S. & Widjasena, B., 2017. Analisis Kecelakaan Bus Rapid Transit (BRT) Semarang Koridor II Terminal Terboyo – Terminal Sisemut Ungaran Tahun 2016. Jurnal Kesehatan masyarakat FKM Undip, 5(5), pp. 115-126.
Setyawan, M. R., 2015. Gambaran Faktor Risiko Terjadinya Kecelakaan Kerja di Jalan Pada Karyawan Deliveryman PT Cocacola Amatil Indonesia Central Java (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Surya, A., Abdurrahman & Buzman, 2020. Analisis Faktor Penyebab Kecelakaan Pada Ruas Jalan Tanjung Serdang-Stagen Kabupaten Kotabaru. 3(2).
Tahir, A., 2006. Studi Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas di Kota Surabaya. Majalah ilmiah Mektek, Volume 8, pp. 92-99.
WHO, 2018. Global status report on road safety 2018, s.l.: World Health Organization.
WHO, 2019. Road traffic injuries: a growing public health concern, s.l.: WHO.
Zumrotun, 2012. Gambaran Faktor-Faktor Penyebab Kejadian Kecelakaan Bus Transjakarta Koridor III (Kalideres-Harmoni) Tahun 2012 [Skripsi]. Jakarta: s.n.