Faktor Yang Memengaruhi Kinerja Perawat di UPTD RSUD Datu Beru Takengon Aceh Tengah
Abstract
Pelayanan kesehatan merupakan suatu produk, berupa jasa kepada pasien, aktifitas ini tidak bisa dimiliki namun bisa dirasakan oleh pasien. Indikator yang ingin dicapai pada produk jasa ini adalah kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan. Untuk mencapai produk jasa yang sesuai dengan standar maka diperlukan kinerja maksimal dari pelaku jasa yaitu perawat. Kinerja perawat merupakan ujung tombak dari keberhasilan jasa pelayanan kesehatan yang jika perawat mengurangi perannya maka kepuasan pasien tidak akan tercapai. Tujuan penelitian untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi kinerja perawat di UPTD RSUD Datu Beru Takengon Aceh Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah survey analitik dengan rancangan cross sectional. Uji statistik yang digunakan adalah uji chi square dan regresi logistik. Populasi adalah seluruh perawat sebanyak 236 orang. Tehnik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling yang diperkuat dengan rumus slovin didapatkan sampel 148 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kepemimpinan (P-value 0,001), motivasi (P-value 0,002), Kedisiplinan (P-value 0,001) dan lingkungan kerja (P-value 0,001). Hasil uji regresi logistik berganda menunjukkan bahwa variabel kepemimpinan (OR=1.718), kedisiplinan (OR=3.684) dan lingkungan kerja (OR=1.104) artinya bahwa variabel kedisiplinan mempunyai pengaruh 3 kali lipat mempengaruhi kinerja perawat. Kesimpulan didapatkan bahwa kepemimpinan, motivasi, kedisiplinan dan lingkungan kerja mempengaruhi kinerja perawat di UPTD RSUD Datu Beru, Takengon, Aceh Tengah.
References
Kedaruratan Km Dalam. World Health Organization. J Kependud Indones. 2013; 37–52.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Laporan Kineja Kementrian Kesehatan Tahun 2015. 2015;168.
Isniati. Mutu Pelayanan Medik Pada Peserta Askes. J Kesehat Masy. 2007; 52–5.
Radito T. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rumah sakit. J Ilmu Manaj. 2014;11–25.
Irawan A. Pengaruh Karakteristik Individu Dan Karakteristik Kerja Dengan Kinerja Sebagai Mediator Pada Event Organizer. J Ilm Mhs Manajemen, Univ Katolik Widya Mandala, Surabaya. 2012.
Rifansyah O. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Kantor Wilayah Pekanbaru. Jom Fisip. 2002; 1–14.
Ruhana Nhdhi. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. E-Jurnal Manaj Univ Udayana.2017; 6
Usman. Analisis Kinerja Tenaga Kesehatan Pada Rumah sakit Lapadde Kota Parepare. 2016; 21–8
Arfani1 G, Rahmat Hidayat, Spd. M. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Winn Appliannce. 2019;
Listiani T. Manajemen Kinerja, Kinerja Organisasi Serta Implikasinya Terhadap Kualitas Pelayanan Organisasi Sektor Publik. J Ilmu Adm. 2011; Viii (3):312–21
Silaen Mn. Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Perawat Dalam Pendokumentasian Asuhan Keperawatan Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Porsea Kabupaten Toba Samosir Tahun 2017. 2018
Amir R, Rusman Adp. Hubungan Motivasi Dan Disiplin Kerja Dengan Kinerja Tenaga Perawat Di Wilayah Kerja Rumah sakit Lakessi Kota Parepare. J Ilm Mns Dan Kesehat. 2021:237–46.
Ginting Ie, Wau H. Hubungan Disiplin Kerja Dengan Kinerja Pelayanan Kesehatan di Rumah sakit Berastagi Kabupaten Karo. J Kesehat Glob. 2019:142–9
Bangun wilson dan mengkunegara. Manajemen Sumber Daya Manusia penerbit Erlangga; 2012: 9(1):40–8
Amir R, Rusman Adp. Hubungan Motivasi Dan Disiplin Kerja Dengan Kinerja Tenaga Perawat Di Wilayah Kerja Rumah sakit Lakessi Kota Parepare. J Ilm Mns Dan Kesehat. 2021;4(2):237–46
Firdaus Rio M. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai. 2012. 380
Siti Noni Evita Wozm& Rtwa. Penilaian Kinerja Karyawan Dengan Menggunakan Metode Behaviorally Anchor Rating Scale Dan Management By Objectives. :18–32.
Hadiyati I, Sekarwana N, Sunjaya Dk, Setiawati Ep. Konsep Kualitas Pelayanan Kesehatan Berdasar Atas Ekspektasi Peserta Jaminan Kesehatan Nasional. 2017;49(2).
Copyright (c) 2024 Jawahir Syahputra, Nuraini Nuraini, Ismail Efendy, Deli Theo, Ramadhani Syafitri Nasution
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.