Faktor – Faktor Yang Memengaruhi Kinerja Perawat Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Bunda Thamrin, Medan

  • Putri Rahmadhani Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat, Institut Kesehatan Helvetia
  • Ismail Efendi Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat, Institut Kesehatan Helvetia
  • Miskah Afrianty Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat, Institut Kesehatan Helvetia
  • Asriwati Asriwati Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat, Institut Kesehatan Helvetia
  • Arifah Devi Fitriani Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat, Institut Kesehatan Helvetia
Keywords: Pendidikan, motivasi, disiplin, insentif, lingkungan kerja, kemampuan kerja

Abstract

WHO (World Health Organization) menunjukkan bahwa Indonesia masuk dalam lima Negara dengan kinerja perawat paling rendah. Rendahnya kinerja perawat berpotensi mengancam kepuasan pengguna pelayanan kesehatan dan reputasi rumah sakit sebagai produsen pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian mengetahui faktor yang mempengaruhi kinerja perawat rawat inap di Rumah Sakit Umum Bunda Thamrin Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah survey analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi adalah seluruh perawat, Tehnik pengambilan sampel adalah purposive sampling sebanyak 75 orang. Instrumen yang digunakan berupa kuisioner. Tehnik pengumpulan data dengan mengumpulkan data primer dan skunder. Uji statistik yang digunakan adalah uji chi square dan regresi logistik. Hasil uji chi-square motivasi (P-value 0,000), kedisiplinan (P-value 0,017), insentif (P=Value 0,002), lingkungan kerja (P-value 0,000), kemampuan kerja (P-value 0,000) yang artinya ada pengaruh variabel yang diamati terhadap kinerja perawat. Hasil uji regresi logistik variabel dominan berpengaruh terhadap kinerja perawat adalah variabel kemampuan kerja p=0,003 < 0,025 (OR: 277.759; 95%CI=6.862-11243.720) artinya kemampuan kerja berpengaruh 277.759 kali terhadap kinerja perawat.

References

Ferry Efendi Dan Makhfudli. Keperawatan Kesehatan Komunitas. 2009.

Kedaruratan Km Dalam. World Health Organization. J Kependud Indones. 2013; 37–52.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Laporan Kineja Kementrian Kesehatan Tahun 2015. 2015;168.

Isniati. Mutu Pelayanan Medik Pada Peserta Askes. J Kesehat Masy. 2007; 52–5.

Radito T. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rumah sakit. J Ilmu Manaj. 2014;11–25.

Irawan A. Pengaruh Karakteristik Individu Dan Karakteristik Kerja Dengan Kinerja Sebagai Mediator Pada Event Organizer. J Ilm Mhs Manajemen, Univ Katolik Widya Mandala, Surabaya. 2012;.

Rifansyah O. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Kantor Wilayah Pekanbaru. Jom Fisip. 2002; 1–14.

Ruhana Nhdhi. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. E-Jurnal Manaj Univ Udayana.2017; 6

Usman. Analisis Kinerja Tenaga Kesehatan Pada Rumah sakit Lapadde Kota Parepare. 2016; 21–8

Arfani1 G, Rahmat Hidayat, Spd. M. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Winn Appliannce. 2019;

Listiani T. Manajemen Kinerja, Kinerja Organisasi Serta Implikasinya Terhadap Kualitas Pelayanan Organisasi Sektor Publik. J Ilmu Adm. 2011; VIII(3): 312–21

Silaen Mn. Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Perawat Dalam Pendokumentasian Asuhan Keperawatan Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Porsea Kabupaten Toba Samosir Tahun 2017. 2018

Amir R, Rusman Adp. Hubungan Motivasi Dan Disiplin Kerja Dengan Kinerja Tenaga Perawat Di Wilayah Kerja Rumah sakit Lakessi Kota Parepare. J Ilm Mns Dan Kesehat. 2021:237–46.

Ginting Ie, Wau H. Hubungan Disiplin Kerja Dengan Kinerja Pelayanan Kesehatan Di Rumah sakit Berastagi Kabupaten Karo. J Kesehat Glob. 2019:142–9

Bangun wilson dan mengkunegara. Manajemen Sumber Daya Manusia penerbit Erlangga; 2012: 9(1):40–8

Amir R, Rusman Adp. Hubungan Motivasi Dan Disiplin Kerja Dengan Kinerja Tenaga Perawat Di Wilayah Kerja Rumah sakit Lakessi Kota Parepare. J Ilm Mns Dan Kesehat. 2021;4(2):237–46

Firdaus Rio M. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai. 2012. 380

Siti Noni Evita Wozm& Rtwa. Penilaian Kinerja Karyawan Dengan Menggunakan Metode Behaviorally Anchor Rating Scale Dan Management By Objectives. :18–32.

Hadiyati I, Sekarwana N, Sunjaya Dk, Setiawati Ep. Konsep Kualitas Pelayanan Kesehatan Berdasar Atas Ekspektasi Peserta Jaminan Kesehatan Nasional. 2017;49(2).
Published
2024-06-04
How to Cite
Rahmadhani, P., Efendi, I., Afrianty, M., Asriwati, A., & Fitriani, A. (2024). Faktor – Faktor Yang Memengaruhi Kinerja Perawat Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Bunda Thamrin, Medan. urnal romotif reventif, 7(3), 519-527. https://doi.org/10.47650/jpp.v7i3.1299