Faktor Yang Berhubungan Dengan Permintan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Barombong Kota Makassar

  • Lusyana Aripa Universitas Pancasakti Makassar
  • Felisianus Yodasen Universitas Pancasakti Makassar
Keywords: Pengetahuan, fasilitas kesehatan, jarak, asuransi kesehatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan permintan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Barombong Kecamatan Tamalate Kota Makassar 2015. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Jumlah populasi dalam penelitan ini sebanyak 525 dengan jumlah sampel sebanyak 81 responden, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukan ada hubungan antara pengetahuan dengan permintaan masyarakat terhadap pelayan kesehatan dengan nilai p = 0,020 < α = 0,05, tidak ada hubungan fasilitas dengan permintaan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan dengan nilai p = 0,138 > α = 0,05, ada hubungan antara jarak dengan permintaan masyarakat terhadap pelayan kesehatan dengan nilai p = 0,003 < α = 0,05, dan tidak ada hubungan antara asuransi kesdehatan dengan permintaan masyrakat terhadap pelayanan kesehatan dengan nilai p = 1,000 > α = 0,05

References

Alkatiri, dkk. 2013. Kualitas Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar. 2004. Pengantar Administrasi Kesehatan. Jakarta: Penerbit Binarupa Aksara.
Anzwar, 2009. Study Analitik Tentang Permintan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan. FKM UIT Makassar.
Arikunto. 2006. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Ed Revisi VI. Penerbit PT Rineka Citra. Jakarta.
Coper Posnett. 1998. Health care marketing: A Foundation for managed quality. Gaithersburg. Maryland: Aspen publisher. Inc..: 1-331.
Case, Karl E. dan Ray C. Fair. 2004. Prinsip-Prinsip Ekonomi Makro. Edisi Kelima, Cetakan Kesatu. Jakarta: PT. Indeks.
Cohen dan Bryant. 1984. Sosial Sciences And Dentistry,A Critical Bibliography,Quintessence Publising Company Itd, London.
Carolina dan Claine, 1990, Hospital Consumer Behavior Choice, Advertising, Effetivenesses, Survey Statitical Analysis, Marketing Research,Jurnal Of Health Care Marketing.
Depkes. 2004. Jumlah puskesmas di seluruh Indonesia. http: // www.Google.co.id. (diakses 13 Mei 2016).
. .2013. Presentase jumlah kunjungan masyarakat ke puskesmas. http: //www. Google.co.id. (diakses 13 Mei 2015).
. . 2014. Fungsi Puskesmas.SK/ II/ 2014.
.2014. Jumlah Puskesmas di Indonesia. htt: // www. Beritasatu .com. (diakses 13 Mei 2016).
Dinkes Sulawesi Selatan. 2014. Jumlah Puskesmas di Provinsi Sulawesi Selatan. http: // www. Google.co.id. (diakses 13 Mei 2015).
Donisisus, 2009. Faktor Yang Mempengaruhi Permintan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan. FKM Poltekes Kupang.
Elwood. 2011. Manajemen Produksi/Operasi. Edisi 7. Jakarta: Erlangga.
Efendi Nasrul. 2003. Dasar- Dasar Kesehatan Masyarakat, Jakarta, Penerbit buku Kedokteran EGC.
. .2013. Dasar keperawatan kesehatan masyarakat. Jakarta. EGC.
Gunawan. 2013. Faktor yang mempengaruhi kunjungan pasien kepuskesmas Waikupang Kabupaten Lembata. Polteknik Kupang.
Gronroos. 1990. Service Management and Marketing: Managing the Moment of Truth in Service Competition. Massachusetts: Lexington.
Hendartini. 2013. Analisis Pemanfaatan Unit Pelayanan Kesehatan Dirumah Sakit, Tesis Program Pasca Sarjana Megister Manajement, Pelayanan Kesehatan UGM, Yogyakarta.
Irawan, dkk. 2009. Sepuluh Prinsip Pelayan Kesehatan. Cetakan pertama Yogyakarta.
Iskandar, 2011. Analisis Permintan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan. FKM Poltekes Kupang.
Kotler dan Anderson. 2010. Manajemen pemasaran, Edisi milenium, Benyamin molan (Terjemahan), Prehalindo, Jakarta.
Kartini, 2012. Faktor Yang Berhubungan Dengan Permintan Masyarakat Terhadap Pelayan Kesehatan. FKM Uvri Makassar.
. . 2001. Prinsip-prinsip pemasaraan. Erlangga. Jakarta.
Lane dan Linquist. 1998. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Laela. 2014. Faktor Yang Berhubungan dengan Permintaan Pelayanan Kesehatan. di Puskesmas Somba Opu Kabupaten Gowa.
Mankiw. 2003. Teori Makro Ekonomi, Edisi kelima, Jakarta: Erlangga.
Notoatmojo. 2003. Pendidikan dan Perilakau Kesehatan. Jakarta; Rineka Cipta.
Pallutturi, Sukri. 2005. Ekonomi Kesehatan. Penerbit: Bagian Administrasi dan Kebijakan Kesehatan FKM UNHAS.
Permenkes No.75. 2014. Tentang Standar Fasilitas Kesehatan. http: // www. Google.co.id. (diakses 13 Mei 2016).
Fitriani. 2014. Studi analitik tentang kunjungan masyarakat ke puskesmas. Fenaseo.
Posnett Copper. 1998. Business Research Methods. New York: Mc. Graw-Hill Companies, Inc.
Sadono Sukirno. 2005. Teori Mikro Ekonomi. Pengantar edisi ketiga. PT.Rajagrafindo Persada: Jakarta.
Sulastomo. 2003. Asuransi Kesehatan Sosial Sebuah Pilihan. Edisi I, Cetakan I, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sorkin. 1994. A variation on theme park: The new American citty and the end of public space.
Sorkin. 2007. Analisis Manfaat-Biaya dan Efektifitas-Biaya pada Program – program Kesehatan. Yogyakarta: UGM Press.
Syafrudin, dkk. 2009. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta: diterbitkan oleh CV. Trans Info Media.
Profil Puskesmas Barombong Kecamatan Tamalate kota Makassar 2015. Cakupan kunjungan masyarakat ke puskesmas. http: // www. Google.co.id. (diakses 13 Mei 2016).
Tjiptono. (2002). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Tjiptoherijanto dan Soesetyo. 2012. Ekonomi Kesehatan. Jakarta: Pusat Antar Universitas Indonesia.
Tjipnoto. 1998. Servince, Quality, Statis faction, Penerbit andi yogyakarta.
Thabrany. 2005. Dasar- dasar Asuransi Kesehatan Bagian A, Jakarta, Perhimpunan Ahli Manajemen Jaminan Dan Ahli Asuransi Kesehatan.
Thomas dan Mejia. 1978. Understanding Public Policy, Prentince Hall Ine. 3 Edition. New York.
WHO. 2009. Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Pelayanan Kesehatan. http : // www. Google.co.id. (diakses 13 Mei 2016).
Yusuf. 2011. Evaluasi Program, PT. Remaja Rodaskarya, Bandung.
Yule dan Parkin. 1985. Discourse Analysis I(Analisis wacana). Terjemahan oleh I. Soetikno. 1996. Jakarta: Granmedia Pustaka Utama.
Published
2019-08-22
How to Cite
Aripa, L., & Yodasen, F. (2019). Faktor Yang Berhubungan Dengan Permintan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Barombong Kota Makassar. urnal romotif reventif, 2(1), 10-20. https://doi.org/10.47650/jpp.v2i1.160

Most read articles by the same author(s)