Kualitas Pelayanan Kesehatan Rawat Inap di Puskesmas Mamajang Kota Makassar

  • Lusyana Aripa Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Pancasakti, Makassar
  • Fiviana Nandu Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Pancasakti, Makassar
  • Nurafni Shahnyb Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Pancasakti, Makassar
Keywords: Kualitas pelayanan, tangible, reliability, responsivenes, asurance, empaty

Abstract

Kualitas pelayanan kesehatan merupakan kebutuhan masyarakat atau perorangan terhadap kesehatan yang sesuai dengan standar dengan pemanfaatan sumber daya secara wajar, efisien, efektif dalam keterbatasan kemampuan pemerintah dan masyarakat, serta diselenggarakan secara aman dan memuaskan sesuai dengan norma dan etika yang baik.Berdasarkan profil Puskesmas Mamajang jumlah pasien rawat inap tahun 2017 berjumlah 51.155 orang dan meningkat pada tahun 2018 berjumlah 56.013. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan rawat inap di Puskesmas Mamajang tahun 2020. Jenis penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data dengan cara wawancara mendalam (indeph interview). Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 5 (lima) orang secara purposive sampling.Hasil penelitian: 1). Tangible, sarana dan prasarana ruangan rawat inap puskesmas Mamajang belum memadai. 2). Reliabillity, pelayanan kesehatan rawat inap di Puskesmas Mamajang sudah akurat. 3). Responsiveness, petugas kesehatan belum efektif dalam merespon keluhan pasien, namun selalu siap dan efisien untuk membantu pasien. 4). Assurance, petugas kesehatan terpercaya dalam memberikan informasi namun kesembuhan penyakit tergantung dari ketepatan obat. 5). Empathy dari petugas kesehatan memiliki kepedulian kepada pasien. Kesimpulan penelitian kualitas pelayanan di Puskemas Mamajang Kota Makassar belum maksimal dalam memberikan pelayanan kepada pasien Rawat Inap.

References

Azmi. (2015). Kualitas layanan kesehatan (Study Deskriptif Tentang Kualitas Pelayanan kesehatan di Puskesmas kabupaten Gresik). https://repository.unair.ac.id/67612/1/Sec.pdf

Ekasari, R. (2017).Analisis Kualitas Pelayanan PuskesmasDengan Metode Servqual. Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam

Irmawati, S., M, H. S., &Nurhannis. (2017). kualitas pelayanan kesehatan di puskesmas sangurara kecamatan tatanga kota palu. in katalogis (vol. 5).

Khesia Dan Dwimawanti, I, H. (2017). Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Di PuskesmasRowosari KecamatanTembalang Kota Semarang.UniversitasDiponegoro

Malingkas. (2016). Pengaru Kualitas Tenaga Medis Terhadap Pelayanan Kesehatan DipuskesmasRatahan Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Penelitian Kesehatan.

Meilana, D. (2017). Pengaru Kualitas Pelayanan Kepada Kepuasan Pasien Di Puskesmas Rawar Inap Tanjung Mas MakmurKebupaten Mesuji Provinsi Lampung. Universitas Lampung.

Siswanti, S. (2015). Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan KepuasanPasienBpjs Di Unit Rawat Inap Rsud Kota Makassar. Jurnal Mkmi, September 2015, Hal.174-183

Syukron, A., Hasan, N. (2015). Perancangan Sistem Informasi Rawat Jalan Berbasis Web Pada Puskesmas Winong. AMIK BSI Yogyakarta

Suaib, M, R. Nirmala. (2018). Kualitas Pelayanan Pasien Rawat Inap Pada Rsud Kabupaten Sorong. Jurnal Noken, Volume 4

Ulumiyah, N, H. (2018). Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Penerapan Upaya Keselamatan Pasien Di Puskesmas. Jawa Timur

Wowor. (2017). Kualitas Pelayanan Kesehatan Rawat Inap Di RSUD kabupaten Fakfak. Skripsi Universitas Hasanuddin Makassar 2017.
Published
2022-08-10
How to Cite
Aripa, L., Nandu, F., & Shahnyb, N. (2022). Kualitas Pelayanan Kesehatan Rawat Inap di Puskesmas Mamajang Kota Makassar. urnal romotif reventif, 5(1), 106-116. https://doi.org/10.47650/jpp.v5i1.495