Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Hipertensi Pada Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Jongaya Kota Makssar

  • Lusyana Aripa Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Pancasakti, Makassar
  • Kartini Kartini Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Pancasakti, Makassar
  • Hardianto Haris Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Pancasakti, Makassar
  • Mi’ad Wasolo Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Pancasakti, Makassar
Keywords: Hipertensi, pola makan, aktivitas fisik, obesitas

Abstract

Hipertensi merupakan penyakit degeneratif yang menjadi masalah serius saat ini. Hipertensi dikategorikan sebagai the silent disease atau the silent killer karena penderita tidak mengetahui dirinya mengidap hipertensi atau tidak mengetahui sebelum memeriksakan tekanan darahnya. Kematian akibat hipertensi menduduki peringkat atas daripada penyebab-penyebab lainnya.Tujuan penelitian untuk menegetahui faktor yang berhubunga dengan kejadian hipertensi pada lansia di wilayah kerja puskesmas jongaya kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuatitatif dengan metode analitik observasional dan desain cross sectional study. Populasi penelitian yaitu lansia yang berada di wilayah kerja Puskesmas Jongaya dengan jumlah sampel sebanyak 64 responden yang diperoleh dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara menggunakan kuesioner. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola makan (P-Value 0,031), aktivitas fisik (P-Value 0,038), dan obesitas (P-Value 0,017) dengan kejadian hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Jongaya Kota Makassar.

References

Asyfah, Magdalena, Dkk, 2020. Hubungan Obesitas Dengan Kejadian Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Sidomulyo Rawat Inap Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 338-343

Burhan, Mahmud, Sumiaty. (2020). Hubungan Gaya Hidup Terhadap Risiko Hipertensi Pada Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Layang Kota Makassar. Vol. 01 No. 03 Hal. 188-197.

Damanik, Sitompul. (2020). Hubungan Gaya Hidup Dengan Hipertensi Pada Lansia. Vol. Xiv, No. 01.

Fitriani, Abdillah, 2021. Hubungan Pola Makan Dan Aktivitas Fisik Dengan Kejadian Hipertensi Pada Lansia. Pola Makan, Aktivitas Fisik, Hipertensi & Lansia

Imelda, Sjaaf, F, Paf, T. (2020). Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Hipertensi Pada Lansia di Puskesmas Air Lubuk Minturun Vol Ii No 2.

Karim, N.S. (2018). Hubungan Aktivitas Fisik Dengan Derajat Hipertensi Pada Pasien Rawat Jalan di Wilayah Kerja Puskesmas Tugulandang Kabupaten Sitaro. Jurnal Universitas Sam Ratulangi, 6 (1). Retrieved From.

Kurniawan, Sulaiman. (2019). Hubugan Olahraga, Stress Dan Pola Makan Dengan Tingkat Hipertensi di Posyandu Lansia di Kelurahan Sudirejo I Kecamatan Medan Kota. Vol. 1. No. 1.

Nuraini. (2020). Pengetahuan Dan Tindakan Pencegahan Hipertensi Pada Komunitas Warga Peduli Kesehatan Olaraga Kota Makassar. Skripsi. Depertemen Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Makassar.

Paradhiba, Raodah (2020). Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Hipertensi Pada Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Ulee Kareng Banda Aceh. Vol. 6 No. 2

Priyantoko, A. (2019). Hubungan Aktivitas Fisik Dengan Derajat Hipertensi. Skripsi. Program Studi S1 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Saputra, O, Anam, K. (2016). Gaya Hidup Sebagai Faktor Risiko Hipertensi Pada Masyarakat Pesisir Pantai, Majority, 5 (3), 118-123.

Situmorang, (2015). Faktor Risiko Penyebab Kejadian Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Sidorejo Lor Kota Salatiga. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada.

Sari, (2017). Berdamai Dengan Hipertensi. Jakarta: Bumi Medika

Sri Iswahyuni, (2017). Hubungan Antara Aktivitas Fisik Dan Hipertensi Pada Lansia. Vol 14, No 2.

Sutanto, (2010). Cekal Penyakit Modern Hipertensi, Stroke, Jantung, Kolesterol, Dan Diabetes. Yogyakarta: Penerbit Andi Jurnal Keperawatan, Volume Xi, No. 2

Tamamilang, C.D. Kandau, G.D Dan Nelwan, J.E. (2018). Hubungan Antara Umur Dan Aktifitas Fisik Dengan Derajat Hipertensi di Kita Bitung Sulawesi Utara. Jurnal Kesmas. Vol. 7, No. 5.
Published
2024-08-11
How to Cite
Aripa, L., Kartini, K., Haris, H., & Wasolo, M. (2024). Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Hipertensi Pada Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Jongaya Kota Makssar. urnal romotif reventif, 7(4), 742-749. https://doi.org/10.47650/jpp.v7i4.1415