Hubungan Kompetensi Komunikasi dengan Kualitas Pelayanan Obat di Apotek Kapten Ismail Tegal
Abstract
Petugas farmasi merupakan salah satu pekerjaan yang dapat menerapkan kompetensi komunikasi terutama pada saat pemberian informasi obat yang nantinya berpengaruh dalam hal kualitas pelayanan kepada seorang pasien. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan kompetensi komunikasi dengan kualitas pelayanan obat. Penelitian dilakukan dengan metode cross sectional secara quota samplingl menggunakan instrument berupa kuisioner yang dilakukan pada bulan Agustus - September tahun 2022 dengan sample sebesar 100 orang. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan uji Chi-Square dengan α = <0,05. Penelitian ini dilakukan di Apotek Kapten Ismail Kota Tegal. Hasil yang didapatkan dengan kategori komunikasi verbal cukup baik sebanyak 88 (88,0%) komunikasi nonverbal baik sebanyak 75 (75%) dan kualitas pelayanan obat dalam kategori baik sebanyak 83 (83%). Hasil dari uji chi-square antara komunikasi verbal dengan kualitas pelayanan obat (p = 0,015) dan komunikasi nonverbal dengan kualitas pelayanan obat (p = 0,003). Kesimpulannya, kompetensi komunikasi berhubungan dengan kualitas pelayanan obat.
References
Anggraini, Elya Siska. 2022. “Membangun Komunikasi Efektif Verbal Dan Non Verbal Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Di Kelurahan Negeri Baru.” Jurnal Usia Dini 8 (1): 26. https://doi.org/10.24114/jud.v8i1.36190.
Antari, Ni Putu Udayana, Herleeyana Meriyani, and Ni Made Dharma Sahantini Suena. 2019. “Faktor-Faktor Komunikasi Yang Mempengaruhi Tingkat Kepercayaan Terhadap Tenaga Teknis Kefarmasian.” Jurnal Ilmiah Medicamento 5 (2).
Astuti, Sri Puji, Yardi Saibi, and Asep Dasuki. 2018. “Pelayanan Konseling Pasien Oleh Apoteker Di Kota Medan Patient Counceling Service by Pharmacist in Medan City.” Farmasains : Jurnal Ilmiah Ilmu Kefarmasian 5 (1): 21–25. https://doi.org/10.22236/FARMASAINS.V5I1.3630.
Humas Dinas Kesehatan Kota Bandung. 2018. “Apoteker Harus Terampil Berkomunikasi .” December 20, 2018. https://dinkes.bandung.go.id/apoteker-harus-terampil-berkomunikasi/.
Humas Farmasi UGM. 2017. “Mengubah Paradigma Praktik Kefarmasian | Fakultas Farmasi UGM.” Humas Farmasi UGM. September 27, 2017. https://farmasi.ugm.ac.id/id/mengubah-paradigma-praktik-kefarmasian/.
Kabu, Safinal Rasyad, Rudianto, and Ribut Priadi. 2020. “Kompetensi Komunikasi Pimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Di Kementrian Agama Kabupaten Nias Utara.” Persepsi: Communication Journal 3 (1): 1–11. https://doi.org/10.30596/persepsi.v3i1.4370.
Kusuma, Febriana Adrimia Litany, Agus Susanto, and Heru Nurcahyo. 2022. “Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Daya Tarik Interpesona Dengan Kepuasan Pelayanan Obat Di Apotek Goge Farma.” In Prosiding Seminar Nasional Unimus Volume 5, 5:1049–56. Semarang: Universitas Muhammadiyah Semarang. https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/article/view/1273.
Mahananda, Ardea, and M. Rifki Rokhman. 2015. “Kesiapan Apoteker Komunitas Kota Yogyakarta Dalam Memberikan Komunikasi Informasi Dan Edukasi (KIE) Obat Pada Pasien Dengan Penyakit Kronis.” Yogyakarta: Univeristas Gadjah mada. http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/78700.
Mulyana, Deddy, and Agustina Zubair. 2015. “Intercultural Communication Competence Developed by Chinese in Communicating With Malays in Bangka Island, Indonesia ∗” 12 (4): 299–309. https://doi.org/10.17265/1539-8072/2015.04.009.
Puspitasari, A D, S Istinengtiyas Tirta, and S Riyana. 2021. “Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kualitas Hidup Pada Pasien Yang Menjalani Hemodialisa: Literature Review.”
Rosmaini, and Hasrudy Tanjung. 2019. “Pengaruh Kompetensi, Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai.” Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen 2 (1): 1–15. https://doi.org/10.30596/maneggio.v2i1.3366.
Rusnoto, Muhammad Purnomo, and Tri Puji Utomo. 2019. “Hubungan Komunikasi Dan Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien.” Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan 10 (2): 343. https://doi.org/10.26751/jikk.v10i2.737.
Sari, Dwi Ratna, Dhian Kartikasari, and Nurnaningsih Herya Ulfah. 2021. “Impact of Effective Communication on the Quality of Excellent Service and Patient Satisfaction in the Outpatient Department.” KnE Life Sciences, March. https://doi.org/10.18502/KLS.V0I0.8883.
Schmid Mast, Marianne, and Gaëtan Cousin. 2013. “The Role of Nonverbal Communication in Medical Interactions: Empirical Results, Theoretical Bases, and Methodological Issues,” October. https://doi.org/10.1093/OXFORDHB/9780199795833.013.021.
Sim, Tin Fei, H. Laetitia Hattingh, Bruce Sunderland, and Petra Czarniak. 2020. “Effective Communication and Collaboration with Health Professionals: A Qualitative Study of Primary Care Pharmacists in Western Australia.” PLOS ONE 15 (6): e0234580. https://doi.org/10.1371/JOURNAL.PONE.0234580.
Wanko Keutchafo, Esther L., Jane Kerr, and Olivia B. Baloyi. 2022. “A Model for Effective Nonverbal Communication between Nurses and Older Patients: A Grounded Theory Inquiry.” Healthcare 10 (11): 2119. https://doi.org/10.3390/healthcare10112119.
Yati, Mimi. 2016. “Hubungan Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Perawat Dengan Kepuasan Pasien Post Operasi Di Ruang Inap Bedah RSUD Kabupaten Buton Tahun 2014.” TERAPEUTIK JURNAL : Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan Dan Kedokteran Komunitas 2 (01): 14–23. https://stikesks-kendari.e-journal.id/TJ/article/view/310.