Hubungan Waktu Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Dengan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan

  • Arjuna Ginting STIKes Santa Elisabeth Medan
  • Pomarida Simbolon STIKes Santa Elisabeth Medan
  • Vita Eskana Sihombing STIKes Santa Elisabeth Medan
Keywords: Waktu, Pelayanan, Pendaftaran

Abstract

Waktu tunggu pasien di bagian pendaftaran rawat jalan merupakan potensi penyebab ketidakpuasan pasien terhadap pelayanan. Jika waktu tunggu pelayanan lama maka akan mengurangi kenyamanan pasien. Begitu juga sebaliknya, jika waktu tunggu pelayanan cepat maka akan memberikan kepuasan yang tinggi bagi pasien yang berobat. Tujuannya untuk mengetahui hubungan waktu pelayanan pendaftaran rawat jalan dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan Tahun 2023. Jenis penelitian analitik ini menggunakan desain cross sectional. Sampel penelitian ini sebanyak 94 responden dengan teknik accidental sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner kepuasan pasien dan lembar observasi waktu pelayanan pendaftaran. Analisis data menggunakan uji Chi-square. Hasil penelitian ini diperoleh tingkat kepuasan pasien sebanyak 79 orang (84,0%) dan waktu pelayanan pendaftaran rawat jalan kategori cepat sebanyak 49 orang (52,1%). Hasil uji statistik Chi-Square diperoleh p-value 0,008 (p<0,05) yang menunjukkan adanya hubungan yang bermakna antara waktu pelayanan pendaftaran rawat jalan dengan kepuasan pasien di RS Santa Elisabeth Medan tahun 2023. Diharapkan rumah sakit memberikan fasilitas penunjang (penambahan kursi ruangan untuk menunggu) dan ruangan khusus (rest area) untuk menunggu pelayanan kesehatan agar pasien tidak merasa bosan setelah waktu yang ditentukan

References

Agustina, R. (2020). Hubungan Waktu Tunggu Pendaftran Dengan Kepuasan Pasien dI Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Perawatan Satui. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/3723/

Bangun, S. M. B., Diaz, A. S., & Hanum, L. (2022). The Relationship Of Registration Waiting Time With Patient Satisfaction In Outstanding Registration In Grandmed Hospital Lubuk Pakam. Jurnal Kebidanan Kestra (Jkk), 4(2), 128–133. https://doi.org/10.35451/jkk.v4i2.1085

Budiarti, A., & Harmanto, D. (2022). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Komunikasi Petugas Pendaftaran Rawat Jalan Di RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan (Health Information Management), 7(1), 1–5

Darmajaya, S. I. I. B. (2017). Pelayanan Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit. 477–486.

Erlindai. (2019). Tinjauan Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan di UPT Rumah Sakit Khusus Mata Medan Tahun 2019. 1, 573–580.

Ernawati, E., Pertiwiwati, E., Setiawan, H., Studi, P., Keperawatan, I., Kedokteran, F., & Lambung, U. (2018). Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien. 1(April), 1–10.

Fauzy. (2019). Metode Sampling (kedua). Universitas terbuka. Tangerang Selatan

Febriyanti DH. 2013. Deskripsi Faktor faktor yang mempengaruhi Waktu Tunggu Pendaftaran di TPPRJ RSUD Tugurejo Semarang tahun 2013. (Skripsi). Semarng: Universitas Dian Nuswantoro

Kemenkes. (2009). Undang Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. 26(4), 551–556. https://www.kemkes.go.id/

Laeliyah, N., & Subekti, H. (2017). Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Rawat Jalan RSUD Kabupaten Indramayu. 1(2), 102–112. https://jurnal.ugm.ac.id/jkesvo/article/view/27576

Masturoh, I., & T, N. A. (2018). Metodologi Penelitian (Vol. 59). https://digilib.mahardika.ac.id/index.php?p=show_detail&id=3069

Phantiasa, & Wijaya. (2020). Pengaruh Pelayanan Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Plaju Palembang Tahun 2019. Jurnal Kesehatan Dan Pembangunan, 10(19), 24–31. https://doi.org/10.52047/jkp.v10i19.57

Sabarguna, B.S. (2008) Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Edisi Revisi. Yogyakarta: Konsorsium Rumah Sakit Islam Jawa Tengah dan Yogyakarta

Soumokil, Y., Syafar, M., & Yusuf, A. (2021). Analisis Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Piru. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2), 543–551. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.645

Triton, Pb,. 2008. Marketing Strategic Meningkatkan Pangsa Pasar dan Daya Saing. Tugu Publisher: Jakarta
Published
2023-08-15
How to Cite
Ginting, A., Simbolon, P., & Sihombing, V. (2023). Hubungan Waktu Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Dengan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan. urnal romotif reventif, 6(4), 593-599. https://doi.org/10.47650/jpp.v6i4.899