PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuhi motivasi belajar fisika peserta didik kelas X TKJ SMK Pancasakti Makassar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian One Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah pesertaa didik kelas X SMK Pancasakti yang berjumlah 23 orang. Dari populasi itu diambil sampel dengan teknik purposive sampling yaitu peserta didik kelas X TKJ SMK Pancasakti sebanyak 12 orang. Instrumen yang digunakan adalah observasi, tes, dan RPP. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik tes dan observasi. Data yang diperoleh dengan dua cara dianalisis secara statistika deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil pembelajaran gerak melingkar peserta didik kelas X SMK Pancasakti dengan menggunakan model pembelajaran index card match dikategorikan tinggi. Hal ini dilihat dari rata-rata motivasi belajar peserta didik sesudah menggunakan model pembelajaran index card match yaitu 81,17 lebih besar dengan rata-rata motivasi belajar fisika sebelum penerapan model pembelajaran index card match yaitu 61,83 dan hasil uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test dengan nilai11,415 ˃ 2,200 sehinggah dapat disimpulkan bahwa ditolakditerima, jadi penerapan model pembelajaran index card match efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X TKJ SMK Pancasakti. Sesuai dengan penelitian ini diajukan saran, yaitu pendidik fisika khususnya pendidik kelas X TKJ SMK Pancasakti agar menerapkan atau menggunakan model pembelajaran index card match dalam pembelajaran fisika.