PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER(NHT) DAN PENDEKATAN SCIENCE ENVIRONMENTTECHNOLOGY SOCIETY (SETS) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XSMA NEGERI 1 CIBAL PAGAL KABUPATEN MANGGARAI

  • railisiad delim railisiad universities pancasakti
  • Mariani Akhfar universities pancasakti
  • Harnipa Harnipa universities pancasakti
Keywords: NHT, SETS, HSIL BELAJAR

Abstract

RAILISIA DELIMA RUG, 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Dan Pendekatn Science Environment Technology Society (SETS) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Cibal Pagal Kabupaten Manggarai”. Dibimbing Oleh (ibu Mariani Akhfar dan Harnipa) Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen desain yang digunakan adalah Posttest Only Control Desaing populasi dalam penelitian seluruh siswa kelas X MIPA SMAN 1 Cibal berjumlah 90 orang jumlah tersebut terbagi menjadi 3 kelas di setiap kelas terdiri dari 30 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan MIPA  2 kelas kontrol. Instrumen  yang  digunakan adalah teknik tes, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dengann cara analisis statistik deskriptif dan uji independent sampel t-test hasil penelitian menunjukan bahwa hasil pembelajaran besaran dan satua siswa kelas X MIPA 1 SMAN 1 cibal dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together (NHT) dan pendekatan Science Environment  Technology Society (SETS) dikategorikan memadai Hal ini dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran NHT dengan pendekatan SETS atau kelas  eksperimen yaitu 75,33 lebih besar dari rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol yaitu 56,5, dan hasil hipotesis uji independent sampel t-test dengan nilai thitung 3,320> ttabel 2, 048 tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui hasil belajara fisika siswa kelas X SMA Negrei 1 Cibal yang diajar dengan model pembelajaran konvesional. 2. Untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Cibal dengan menerapkan model pembelajaran NHT dengan pendekatan SETS. 3. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran NHT dengan pendekatan SETS terhadap hasil belajar fisika kelas X SMA Negri 1 Cibal. Sesuai dengan hasil penelitian ini diajukan saran supaya guru khususnya guru fisika kelas X SMAN 1 Cibal agar menerapkan atau menggunakan model pembelajaran Number Head 

Together (NHT) dan pendekatan Science Environment  Technology Society (SETS) dalam pembelajaran fisika. 

 

Kata Kunci: NHT, SETS, Hasil Belajar

 

Published
2024-06-12