HUBUNGAN ANTARA SIKAP PESERTA DIDIK DALAM BELAJAR FISIKA DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 3 MAKASSAR

  • Arif Hidayatullah
  • Pertiwi Pertiwi Universitas Pancasakti
  • Mariani Akhfar
Keywords: sikap fisika, hasil belajar fisika

Abstract

Sekolah merupakan pusat pembelajaran dengan sistem yang komplek dan dinamis. Bukan hanya sekedar tempat berkumpul guru dan peserta didik, melainkan berada pada suatu tatanan yang saling berkaitan. Pembelajaran tentunya tidak selalu berjalan dengan sempurna tanpa kendala, salah satu kendala yang sering dijumpai adalah penerimaan peserta didik dalam mempelajari sesuatu. Sikap individu dapat mempengaruhi keberhasilan proses belajarnya atau dengan kata lain sikap merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Terutama dalam belajar fisika yang memadukan antara pengetahuan konsep dan pengalaman dalam bentuk eksperimen. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana sikap peserta didik dalam belajar fisika, bagaimana hasil belajar fisikanya serta menentukan apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sikap peserta didik dalam belajar dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 3 Makassar. Penelitian ini berjenis ex-post facto yang dilakukan di SMA Negeri 3 Makassar pada semester ganjil tahun ajaran 2020-2021. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X MIPA sebanyak 216 orang sedangkan ukuran sampel ditentukan dengan menggunakan teknik slovin diperoleh 69 orang. Teknik analisis data digunakan teknik analisis dekriptif dan teknik inferensil menggunakan korelasi person product moment dengan uji signifikan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap dalam belajar dan hasil belajar fisika peserta didik masih berada pada kategori sedang serta terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sikap peserta didik dalam belajar dan hasil belajar fisikanya.

Published
2022-08-18