PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI TKJ SMKS SALUSIAMPEK

  • Harnipa Harnipa Universitas Pancasakti
  • Mariani Akhfar
  • Sri Sulasmi
Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Numbered Heads Together, Pembelajaran Kooperatif

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian True-Eksperimental menggunakan Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh pesrta didik kelas XI TKJ SMKS Salusiampek yang terdiri dari tiga kelas yakni kelas XI TKJ-1, XI TKJ-2 dan XI TKJ-3. Yang kemudian diambil dua sampel dengan teknik pengambilan sampel, random sampling, maka terpilah kelas XI TKJ-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TKJ-2 sebagai kelas kontrol. Intrumen yang digunakan adalah tes dan RPP. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Data diolah dengan teknik Statistik deskriptif, uji normalistas, uji homogenitas dan uji independent sampel t-test dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 82,5 dan untuk kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 67,75. Jadi dapat diketahui hasil belajar fisika peserta didik dengan model konvensional dilihat pada kelas kontrol dan untuk hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together dapat dilihat pada kelas eksperimen. Untuk uji hipotesis dengan Uji Independent Sampel t-testt, diperoleh nilai untuk Sig (2 tailed) adalah 0,000 <0.05, dan  yang menandakan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar di kedua kelas, itu berarti terdapat pengaruh, jadi H1 diterima. Adapun saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah, agar model pembelajaran Numbered Heads Together sebagai salah satu model pembelajaran tipe kooperatif, dapat digunakan dalam proses belajar mengajar di sekolah guna meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Published
2022-08-18