PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA KELAS XI IPA2 SMA MAKASSAR RAYA

  • Nurhikmah Hasan Universitas Pancasakti Makassar
  • Pertiwi Pertiwi
  • Rosalia Mistika
Keywords: Hasil Belajar, Media Pembelajaran E-learning, Penelitian Pra Eksperimen

Abstract

Pengaruh media pembelajaran E-learning terhadap hasil belajar fisika siswa  kelas XI IPA SMA Makassar Raya. Penelitian ini bertujuan  (1) Untuk mengetahui besarnya hasil fisika  sebelum diajarkan  menggunakan Media pembelajaran E-learning. (2) Untuk mengetahui besarnya hasil belajar fisika yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran e-learning. (3)Untuk mengetahui pengaruh hasil belajar fisika siswa setelah menggunakan media pembelajaran e-learning.  Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain penelitian One – Group Pretest-Posttest Design. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Makassar Raya yang berjumlah 60 orang. Dengan cara teknik random sampling dengan Random Kelas terpilih kelas XI IPA 2 sebanyak 30 orang sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan, yaitu observasi, tes, dan RPP. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik tes dan observasi. Data yang diperoleh dengan cara dianalisis secara statistika deskriptif dan uji paired sampel t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil pembelajaran gerak harmonik sederhana siswa kelas XI IPA2 SMA MAKASSAR RAYA dengan menggunakan media pembelajaran E-learning di kategorikan tinggi. Hal ini dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa setelah yaitu 80,0 lebih besar dengan rata-rata hasil belajar siswa sebelum menggunakan media e-learning yaitu 64,93 dan hasil uji hipotesis menggunakan uji paired sampel t-test dengan nilai   5,363   2,045. Sesuai dengan hasil uji hipotesis diatas maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajran e-learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA2 SMA Makassar Raya. Maka dengan ini hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Sesuai dengan hasil penelitian ini diajukan saran agar guru menggunakan media pembelajaran e-learning dalam pembelajaran fisika.

Published
2022-07-20