PENGEMBANGAN M-LEARNING BERBASIS ANDROID UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA KELAS X DI SMA NEGERI 8 BULUKUMBA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) profil m-learning berbasis android untuk peserta didik kelas X di SMA Negeri 8 Bulukumba, (2) penilaian praktisi terhadap m-learning berbasis android yang telah dikembangkan, (3) respon peserta didik terhadap penggunaan media m-learning berbasis android dalam pembelajaran fisika kelas X di SMA Negeri 8 Bulukumba. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran dalam bentuk m-learning dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Penentuan tingkat kelayakan media m-learning berbasis android berdasarkan uji validasi para ahli, peer reviewer, praktisi dan uji coba kepada peserta didik melalui angket. Subjek Uji Coba pada kelas X MIA 1 dan X MIA 2 sebanyak 74 peserta didik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) media M-learning berbasis android ini menghasilkan sebuah aplikasi pembelajaran fisika yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian para ahli yang telah dinyatakan valid, (2) Kesepemahaman penilaian praktisi/guru terhadap media M-learning berbasis android yang dikembangkan layak digunakan, (3) tanggapan peserta didik terhadap media M-learning berbasis android yang dikembangkan adalah positif.