IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MATERI KALOR DAN PENERAPANNYA PADA SISWA KELAS VII SMP ISLAM AL BAYYINAH MAKASSAR
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan best practice penulis dalam menerapkan pembelajaran berorientasi Higher Order Thingking Skils (HOTS). Sasaran pelaksanaan Best Practice ini adalah peserta didik kelas VII B Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 di SMP Islam Al Bayyinah sebanyak 27 orang. Cara yang digunakan dalam pelaksanaan Best Practice ini adalah menerapkan pembelajaran IPA dengan model pembelajaran Discovery Learning dan metode diskusi dan percobaan. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Pembelajaran dengan model Discovery Learning dengan metode diskusi dan percobaan layak di jadikan sebagai pembelajaran yang berorientasikan Higher Order Thinking Skill (HOTS) karena dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mentrasfer pengetahuan, berfikir kritis, dan menyelesaikan masalah. Pada penyusunan RPP pun dibuat secara sistematis dan cermat yang didalamnya berorientasi HOTS dan terdapat kecakapan abad 21 yang memuat PPK dan literasi.