Upaya Meningkatkan Kemampuan Penerapan Konsep Fisika Melalui Pemberian Lks Berbasis Lingkungan Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Marang Kabupaten Pangkep
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penerapan konsep fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Marang tahun ajaran 2020/2021 melalui pemberian LKS berbasis lingkungan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Marang yang berjumlah 31 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus terdiri dari empat komponen yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, evaluasi dan tes setiap akhir siklus pengajaran; menganalisis data melalui hasil analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I skor rata-rata penerapan konsep fisika siswa adalah 19 dari 30 jumlah soal dengan jumlah siswa yang tergolong tinggi 25.80 %, sedangkan pada siklus II, skor rata-rata penerapan konsep fisika siswa adalah 21 dengan jumlah siswa yang tergolong tinggi 54.8 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan penerapan konsep fisika siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Marang tahun ajaran 2022/2023 dapat ditingkatkan melalui pemberian LKS berbasis lingkungan..
Kata Kunci: Penerapan Konsep ; LKS.