KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS X SMKN 1 MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan keefektifan metode think pair share dalam pembelajaran menulis karangan eksposisi pada siswa kelas X SMKN 1 Makassar. Penelitian ini berjenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian meliputi keseluruhan siswa kelas X SMKN 1 Makassar dengan penetapan sampel penelitian meliputi kelas X.AK2 (kelas eksperimen) dan kelas X.AK3 (kelas kontrol) sebanyak 35 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan observasi. Data dianalisis memakai teknik statistik deskriptif serta statistik inferensial parametrik. Hasil penelitian menggambarkan adanya peningkatan sebelum dan setelah implementasi metode think pair share dalam pembelajaran siswa. Sebelum penerapan metode ini, siswa yang memperoleh skor 75 ke atas hanya berkisar 31,42% atau sebanyak 11 siswa. Sementara setelah metode ini diterapkan, siswa yang meraih skor di atas 75 berkisar 85,7% atau sebanyak 30 orang. Hasil tersebut sejalan dengan nilai t hitung (-3,989) > t tabel (2,09) dengan signifikansi nilai p> 0,05. Dengan demikian, penerapan metode think pair share efektif diterapkan untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam menulis karangan eksposisi di kelas X SMKN 1 Makassar.
References
Arends, Richard I. (2008). Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Asnita, A. & Khair, U. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Time Token untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. ESTETIK: Jurnal Bahasa Indonesia, 3(1), 53-74.
Hadi, Sutrisno. (2004). Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset.
Kholilah, N. (2017). Analisis Kevariatifan Prefiks pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII A MTs Negeri Genteng Tahun Pelajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Jember). Diambil dari http://repository.unmuhjember.ac.id/1521/9/BAB%20I.pdf
Nurgiyantoro, Burhan. (2009). Penilaian Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Priyatno, Dwi. (2008). Mandiri Belajar SPSS (Untuk Analisis Data dan Uji Statistik). Yogyakarta: MediaKom.
Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wanggai, F.F.I & Doi, M. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture dan Think Pair Share dalam Pembelajaran Menulis Deskripsi. Jurnal Pendidikan Bahasa, 8(2), 294-308
Copyright (c) 2024 Rosary Iriany, Andi Muhammad Nur, Yustati Arni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Publisher:
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Makassar
Alamat: Jl. Andi Mangerangi No. 73 Makassar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.