MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI PUISI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROSES PADA SISWA KELAS VIII SMP BAJIMINASA MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mengidentifikasi persiapan pembelajaran mengapresiasi puisi dengan menggunakan pendekatan proses, Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada persiapan , tindakan, pemantauan, dan gambaran. Fokus dalam penelitian ini yaitu kemampuan siswa menganalisis struktur batin dalam puisi. Berdasarkan hasil analisis kemampuan siswa dalam mengapresiasi struktur batin puisi siklus I dari 47 siswa, 10 siswa (21,2%) yang mencapai nilai 75 ke atas, dan 37 siswa (78,7%) yang mencapai nilai kurang dari 75. Akhir dari siklus II dari 47 siswa ada 38 siswa (80,8%) yang mencapai nilai 75 ke atas, dan 9 siswa (19,1%) siswa yang memperoleh nilai kurang dari 75. Hal ini dapat disimpulkan kemampuan siswa dalam mengapresiasi struktur batin puisi dapat ditingkatkan melalui pendekatan proses, sehingga pembelajaran mengapresiasi puisi dengan menggunakan pendekatan proses layak diperluas dan diterapkan pada siswa kelas VIII SMP Bajiminasa Makassar.
References
Arikunto dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Conny. (1993). Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Wardani. (1991). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Balai Pustaka
Copyright (c) 2024 Nuzul Tenriana, Rosary Iriany, Florianus J. Paho
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Publisher:
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Makassar
Alamat: Jl. Andi Mangerangi No. 73 Makassar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.