MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS X SMA YP-PGRI 2 MAKASSAR

  • Rusman Latif
  • Imran Imran Universitas Pancasakti Makassar
  • Fransiskus Alfred Universitas Pancasakti Makassar
Keywords: metode kooperatif, berbicara, penelitian tindakan kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan penerapan metode kooperatif tipe STAD pada siswa kelas X SMA YP-PGRI 2 Makassar. Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kualitatif. Populasi penelitian meliputi keseluruhan siswa kelas X SMA YP-PGRI 2 Makassar yang terbagi atas 2 kelas. Penetapan sampel penelitian dilakukan dengan cara cluster sampling yang meliputi kelas XA yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengaplikasikan beberapa metode, antara lain pencatatan lapangan, tes, dokumentasi, dan pengamatan (observasi) melalui observasi (pengamatan), catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan kombinasi data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan sebelum dan setelah penerapan metode kooperatif tipe STAD pada pembelajaran siswa. Setelah penerapan metode ini pada siklus kedua, total siswa yang meraih skor evaluasi berbicara diatas 75 (KKM) berjumlah 21 orang (86,36) sedangkan dibawah 75 (KKM) berjumlah 3 orang (13,64%). Dengan demikian, disimpulkan bahwasannya hasil belajar siswa dalam berbicara memperkenalkan diri melalui implementasi metode kooperatif tipe STAD dikatakan telah meningkat.

References

Akhmadi, Abu. (1994). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fauriza, S., & Nurmalina, N. (2022). Penggunaan Metode SAS dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 8529-8534.

Hidayanti, Nurul. (2015). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Regulasi Diri pada Siswa Kelas VI SD MIN. Skripsi. Malang: Universitas Islam Malang.

Isjoni. H. (2009). Pembelajaran Kooperatif: Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lukman, M.F dkk. (2022). Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X MIPA 3 di SMA Negeri 19 Makassar melalui Strategi Reach Communication. Jurnal Pedagogik dan Ilmu Sosial, 2(1), 94-108.

Rahmawati, F. (2012). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen dengan Strategi 3M (Meniru-Mengolah-Mengembangkan) di Kelas X SMA Negeri 1 Depok Yogyakarta (Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta). Universitas Negeri Yogyakarta. Diambil dari https://eprints.uny.ac.id/44209/

Ridan, U. Darojah. 2011. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melaporkan dengan Media Film Animasi pada Siswa Kelas VIII SMPN 12 Yogyakarta. Skripsi. Malang: Universitas Negeri Yogyakarta.

Tarigan, Henry Guntur. (1998). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Zuhriyah, Yani. (2012). Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Malalui Model Pemeblajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Anak Klompok B Cikrominoto 01 Kalibenda. Skripsi. Malang: Universitas Negri Yogyakarta.

Published
2024-02-12
How to Cite
Latif, R., Imran, I., & Alfred, F. (2024). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS X SMA YP-PGRI 2 MAKASSAR. AROKI: URNAL AHASA, ASTRA, AN ENGAJARANNYA, 1(1), 34-43. etrieved from https://journal.unpacti.ac.id/index.php/maroki/article/view/1195
Section
Articles