Pengaruh Motivasi dan Prestasi Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Metode Discovery Learning di Kelas VII SMP Negeri 2 Kei

  • Monika Madubun
  • Andi Muhammad Nur
  • Nuzul Tenriana
Keywords: Pembelajaran Bahasa Indonesia, Motivasi dan Prestasi, Metode discovery learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh motivasi dan prestasi siswa terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VII SMP Kei Kecil Timur Selatan dengan menggunakan metode discovery learning. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah Siswa kelas VII SMP Kei Kecil yang terdiri dari kelas VII A dan kelas VII B dengan jumlah 33 orang. Dengan sampel random. Instrumen yang di gunakan yaitu observasi, soal, dan angket. Teknik yang digunakan mengumpulkan data adalah teknik menyelesaikan soal dan observasi. Data yang diperoleh dengan dua cara dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil statistik dengan menggunakan uji chi-square menunjukkan nilai p value 0,024 < 0,05 yang berarti terdapat hubungan antara variabel Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan metode discovery learning. Dari hasil statistik dengan menggunakan uji chi-square menunjukkan nilai p value 0,024 < 0,05 yang berarti terdapat hubungan antara variabel motivasi dan prestasi dengan metode discovery learning. Dari hasil statistik dengan menggunakan uji chi-square menunjukkan nilai p value 0,032 < 0,05 yang berarti terdapat hubungan antara pembelajaran bahasa Indonesia dengan motivasi dan prestasi siswa di kelas.

References

Anisa, E. (2023). Menghasilkan Peserta Didik Aktif, Kreatif dan Inovatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia: Strategi Discovery. Jurnal Pendidikan.

Dea, M. I., Veryliana, P., & Darsimah. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Muatan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Basicedu, 5 (4).

Eka, N. M., & Usmaedi. (2018). Pengaruh Kebiasaan Membaca terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas dan Kubanglaban. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 42-48.

Eri, S. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(3), 211-214.

Frandy, P., Firman, & Neviy Arni. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar IPA Siswa terhadap Hasil belajar di Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280-286.

Ida, M., & Mimin, A. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar pada Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris dalam Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 563.

Iriany, R. (2019). Penggunaan Metode Discovery Learning pada Pembelajaran Afiksasi dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Makassar. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 248-262.

Izmi, R. H. (2018). Implementasi Discovery Learning dalam Kurikulum 2013. www.smpn5yogyakarta.sch.id.

Neni, T., Saeful, R., & Meker, I. (2018). Penerapan Metode Discovery Learning pada Pembelajaran Menulis Anekdot. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia,1(5),713.

Ni Luh, O. A. (2019). Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Dapat Ditingkatkan Melalui Optimalisasi Penerapan Metode Diskusi Kelompok Kecil (Small Group Discussion). Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 202-204.

Noni, R., & Sandra, D. A. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kepercayaan Diri Siswa terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Niagawan, 6(2), 54-59.

Novaria, M. (2022). Pengaruh Sikap Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Geografi Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 33-40.

Nurul, H. (2015). Penanaman Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 190-194.

R, I. Maulidy. (2020). Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PDTO X Teknik Otomotif di SMP Negeri 2 Bangkalan. Jurnal Pendidikan Teknik Motivasi (v), 91-98.

Retno, P., Asrul, & Abdul, R. T. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda, 3(2), 96-102.

Salmi. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik di Kelas. Jurnal Profit, 6(1).

Sunarti, R. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Nasional, 291-296.

Urip, W., & Ade, W. (2018). Faktor-faktor Motivasi dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal pendidikan, sains sosial dan agama.

Yessi, A. (2011). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa dalam Mengikuti Pelajaran Pengawetan di SMK Negeri 1 Pandak, Bantul, D.I. Yogyakarta. Skripsi

Published
2024-08-28
How to Cite
Madubun, M., Nur, A., & Tenriana, N. (2024). Pengaruh Motivasi dan Prestasi Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Metode Discovery Learning di Kelas VII SMP Negeri 2 Kei. AROKI: URNAL AHASA, ASTRA, AN ENGAJARANNYA, 1(2), 44-50. etrieved from https://journal.unpacti.ac.id/index.php/maroki/article/view/1483
Section
Articles