Keefektifan Penerapan Teknik Brainwriting dalam Pembelajaran Menulis Cerita Pendek pada Siswa Kelas XI SMK Pancasakti Makassar

  • Patrisius Ateng
  • Jafar Jafar
  • Rosary Iriany
Keywords: Teknik Brainwriting, Menulis, Cerita Pendek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan keefektifan penerapan teknik brainwriting dalam pembelajaran menulis cerita pendek pada siswa kelas XI SMK Pancasakti Makassar. Penelitian ini berjenis penelitian eksperimen. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMK Pancasakti Makassar, yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah 30 siswa. Jumlah populasi tersebut dijadikan sampel penelitian dan diklasifikasikan ke dalam dua kelas yaitu kelas XI-A sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-B sebagai kelas kontrol yang diambil secara random. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang telah didapatkan kemudian dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis data dengan penerapan teknik brainwriting dikategorikan sangat tinggi dengan persentase siswa yang memperoleh nilai tuntas ≥75 adalah 80,0%. Hal ini berbanding terbalik dengan hasil menulis cerpen tanpa menerapkan teknik ini dimana persentase siswa yang memperoleh nilai tuntas ≥ 75 hanya berkisar 26,7%. Hasil ini diperkuat dengan nilai t hitung kelas eksperimen 5.120 > t tabel 1.761 dan nilai t hitung kelas kontrol 6.820 > t tabel 1.761 yang menunjukkan bahwa penerapan teknik brainwriting efektif digunakan untuk meningkatkan pembelajaran menulis cerpen siswa.

Author Biographies

Patrisius Ateng

FKIP Universitas Pancasakti Makassar

Jafar Jafar

FKIP Universitas Pancasakti Makassar

Rosary Iriany

FKIP Universitas Pancasakti Makassar

References

Ainun, M. (2021). Buku Sakti Menulis Cerpen. Yogyakarta: Pusat Kajian Bahasa.

Hatmo, K. (2021). Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia (I).Yogyakarta: Lakeisha.

Irawati;, A. N. R. P. (2016). Pembelajaran Menulis Cerpen. Semarang: Cipta Prima Nusantara.

Iriany, R., Nur, A.M., & Arni, Y. (2024). KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS X SMKN 1 MAKASSAR. MAROKI: JURNAL BAHASA, SASTRA, DAN PENGAJARANNYA, 1(1), 1-10.

Lazulfa, I. (2019). Keterampilan Berbahasa Menulis Teks Eksposisi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ningrum, A. A. L., & Asnawi, A. (2021). Penerapan Teknik Brainwriting dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 10 Bulukumba. Jurnal Pendidikan Tindakan Kelas dan LP2M-Tapsel, 4(3), 8.

Nurjamal, Daeng, dkk. (2014). Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.

Prameswari, F. P. (2012). Keefektifan Teknik Brainwriting Dalam Menulis Teks Persuasi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Mojokerto. ejurnal BAPALA, 1(1), 6.

Pungki, A. (2021). The Influence Of Using Brainwriting 6-3-5 Techniques Towards Students’ Writing Ability In Descriptive Text at The Tenth Grade SMK Ma’arif Sukoharjo in The Academic Year Of 2020/2021. Jurnal Repository, UIN Raden Intan Lampung.

Rahayu, F. T. P., Rosyida, F., & Asror, A. G. (2021). Analisis Unsur Intrinsik Novel Aksara Berdarah Karya Yan Tok. jurnal pendidikan bahasa dan sastra, 6.

Riyanto, A. (2020). Keterampilan Menulis Puisi Melalui Teknik Brainwriting pada Siswa Sekolah Dasar. jurnal keguruan dan ilmu pendidikan, 1, 12.

Subekti, M. A. (2022). Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa SMA. jurnal pendidikan bahasa dan sastra, 4(1), 6.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuatitatif ,Kualitatif, dan R&D (Ke-25). Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif (2nd Ed.). Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tenriana, N., Nur, A. M., & Latif, R. (2023). Keefektifan Strategi Pembelajaran Image Streaming dalam Menulis Teks Cerpen pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Pancasakti Makassar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 9(1), 69-79.

Published
2024-08-28
How to Cite
Ateng, P., Jafar, J., & Iriany, R. (2024). Keefektifan Penerapan Teknik Brainwriting dalam Pembelajaran Menulis Cerita Pendek pada Siswa Kelas XI SMK Pancasakti Makassar. AROKI: URNAL AHASA, ASTRA, AN ENGAJARANNYA, 1(2), 51-63. etrieved from https://journal.unpacti.ac.id/index.php/maroki/article/view/1484
Section
Articles