Analisis Aspek Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Kidung di Tepian Jakarta Karya Manunggal K. Wardaya: Tinjauan Psikologi Sastra

  • Penias Moibia
  • Rusman Latif
  • Jafar Jafar
Keywords: Kepribadian, Psikologi, Novel

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aspek-aspek kepribadian tokoh utama dalam novel Kidung di Tepian Jakarta karya Manunggal K. Wardaya melalui pendekatan psikologi sastra. Penelitian merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini bersumber dari kata-kata, ungkapan, kalimat yang terdapat dalam novel Kidung di Tepian Jakarta Karya Manunggal K. Wardaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik baca dan teknik catat. Analisis data dalam penelitian meliputi beberapa tahapan, yaitu penelaahan, pengelompokan, sistematisasi, penafsiran, dan verifikasi data penelitian. Hasil penelitian pada novel Kidung di Tepian Jakarta karya Manunggal K. Wardaya menunjukkan bahwa kepribadian tokoh utama dipengaruhi oleh Id, Ego, dan Superego untuk watak tokoh Sena sebagai tokoh utama dalam novel ini. Id tokoh utama Sena memiliki keinginan dan hasrat yang sangat kuat untuk menemukan kembali kakaknya yang pergi empat tahun yang lalu dan meninggalkan rumah. Sena memiliki Super Ego yang mampu mengimbangi antara kedua prinsip mengendalikan Ego dan bahkan menguatkan keyakinan apa yang dilakukannya adalah benar dan tidak menyalahi aturan yang berlaku dalam perjuangan untuk mencari kakaknya yang pergi dari rumah dan tidak memberikan kabar. Dalam penelitian ini, aspek Ego berperan sangat mendominasi dalam diri tokoh utama Sena yang terus mencoba dan berjuang memenuhi keinginan dalam dirinya.

References

Adriani, A., Muhammad, D., & Tenriana, N. (2022). REPRESENTASI NILAI SOSIAL DAN NILAI MORAL DALAM NOVEL PIANO KOTAK KACA KARYA AGNES JESSICA. Jurnal Bilingual, 12(2), 140-145.

Al-Ma’ruf, Ali Imron. 2009. Stilistika Teori dan Aplikasi Pengkajian Estetika Bahasa. Surakarta: Cakra Books.

Hardjana, A. 1991. Kritik Sastra: Sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia.

Iriany, R., & Tenriana, N. (2022). Peranan Tokoh Utama dalam Novel Lalita Karya Ayu Utami: Kajian Psikologi Sastra. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 739-749.

Jabrohim. 2015. Teori Penelitian Sastra. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

K. Bertens. 2006. Psikoanalisis Sigmund Freud. (terjemahan). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Moesono, Anggadewi dkk. 2003. Psikoalisis dan Sastra. Depok: Universitas Indonesia.

Nur, A. M., Latif, R., & Laida, E. (2024). KARAKTERISTIK TOKOH UTAMA DALAM NOVEL BIDADARI-BIDADARI SURGA KARYA TERE LIYE MELALUI KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA. MAROKI: JURNAL BAHASA, SASTRA, DAN PENGAJARANNYA, 1(1), 29-33.

Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sarawati, Ekarini. 2003. Sosiologi Sastra: Sebuah Pemahaman Awal. Cetakan Pertama. Malang: UMM Press.

Siswantoro. 2004. Metode Penelitian Sastra Analisis Psikologi. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Sumardjo, Jakob dan Saini. K.M, 2007. Apresiasi Kesastraan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Surya Brata, Sumadi. 2008. Psikologi Kepribadian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sutopo, HB. 2002. Pengantar Penelitian Kualitatif: Dasar-dasar Teoritis dan Praktis. Surakarta: Pusat Penelitian UNS.

Tarigan, Hendry Guntur. 2003. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Published
2024-08-28
How to Cite
Moibia, P., Latif, R., & Jafar, J. (2024). Analisis Aspek Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Kidung di Tepian Jakarta Karya Manunggal K. Wardaya: Tinjauan Psikologi Sastra. AROKI: URNAL AHASA, ASTRA, AN ENGAJARANNYA, 1(2), 64-76. etrieved from https://journal.unpacti.ac.id/index.php/maroki/article/view/1485
Section
Articles