Keefektifan Penggunaan Media Wall Chart dalam Menulis Teks Anekdot pada Siswa Kelas XI SMA Cenderawasih

  • Novilia Sartika
  • Nuzul Tenriana
  • Imran Imran
Keywords: Anekdot, Wall Chart, Menulis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran menulis teks anekdot dengan menggunakan media wall chart pada siswa kelas XI SMA Cendrawasih. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Cendrawasih yang terdiri dari kelas XI IPA dengan jumlah 18 orang. Dengan cara purposive sampling terpilih kelas XI IPA sebanyak 18 orang. Perencanaan pembelajaran, pengujian, dan observasi adalah alat yang digunakan. Pendekatan tes dan observasi digunakan dalam proses pengumpulan data. Statistik deskriptif dan inferensial digunakan untuk menilai data yang diperoleh dengan dua metode berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas XI SMA Cendrawasih yang dibelajarkan dengan menggunakan model media wall chart mempunyai hasil yang sangat memuaskan dalam kemampuan membuat teks anekdot. 8 (88,9%) dari sembilan siswa dalam kelompok eksperimen memiliki skor 75 atau lebih. Hal ini tidak sama dengan kemampuan menulis teks anekdot dari awal di kelas. Data ini didukung dengan hasil uji hipotesis dari kemampuan kelompok eksperimen dan kemampuan kelompok kontrol menunjukkan t hitung > t tabel (2.064>.256). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media wall chart dalam menulis teks anekdot pada siswa kelas XI SMA Cendrawasih sangat efektif.

References

Ghozali, I. 2016. “Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23”. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Imran, I., Jafar, J., & Nurdin, Y. S. (2024). KEEFEKTIFAN MEDIA BAGAN DINDING (WALL CHART) DALAM MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS VIII SMP YP-PGRI MAKASSAR. MAROKI: JURNAL BAHASA, SASTRA, DAN PENGAJARANNYA, 1(1), 17-24.

Iriany, R., & Tenriana, N. (2021). Analisis kesalahan penyusunan kalimat efektif dalam karangan deskriptif pada siswa kelas XI SMA Jaya Negara Makassar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 627-640.

Jafar, J. (2023). Korelasi Penguasaan Kosakata Dengan Kemampuan Menulis Wacana Pada Siswa Kelas XI SMA Jaya Negara. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(1), 907-909.

Priyatno, Dwi. (2008). Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta: MediaKom.

Saadie, Ma’mur. (2007). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sativa, Bella Allivia. (2019). "Pengaruh Penggunaan Media Wall Chart dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Siswa SMP N 2 Majenang Kelas VII A. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 5(1), 1-9.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yanty, Nova. (2016). “Keefektifan Penggunaan Media Wall Chart dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pegagangan Hilir Tahun Pembelajaran 2015/2016”. Tesis. Universitas Negeri Medan.

Published
2024-08-28
How to Cite
Sartika, N., Tenriana, N., & Imran, I. (2024). Keefektifan Penggunaan Media Wall Chart dalam Menulis Teks Anekdot pada Siswa Kelas XI SMA Cenderawasih. AROKI: URNAL AHASA, ASTRA, AN ENGAJARANNYA, 1(2), 77-87. etrieved from https://journal.unpacti.ac.id/index.php/maroki/article/view/1487
Section
Articles