Keefektifan Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Deduktif pada Siswa Kelas XI SMK Amaliyah Bajo

  • Mulyono Amat
  • Rosary Iriany
  • Nuzul Tenriana
Keywords: Menulis, Quasi Eksperimen, Paragraf Deduktif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan media gambar dalam pembelajaran menulis paragraf deduktif pada siswa kelas XI SMK Amaliyah Bajo. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Amaliyah Bajo yang berjumlah 18 orang. Jumlah tersebut diambil dari 2 kelas yaitu Kelas ADM dan Kelas TKR. Dengan cara sampling jenuh yaitu, teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Instrumen yang digunakan yaitu, observasi, tes, dan RPP. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pembelajaran kemampuan menulis paragraf deduktif pada siswa kelas XI SMK Amaliyah Bajo dengan menerapkan media gambar dikategorikan tinggi dan telah mencapai kriteria ketuntasan maksimum (KKM), yaitu mencapai 88.89% atau sebanyak 16 siswa yang mendapat nilai di atas 75. Hal ini berbeda dengan hasil menulis paragraf deduktif siswa kelas XI SMK Amaliyah Bajo sebelum menerapkan media gambar berada pada kategori rendah atau tidak mencapai kriteria ketuntasan maksimum (KKM), siswa yang mencapai nilai di atas 75 berjumlah 0,00%.

References

Achmad, Hudri. (2018). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Bahasa Inggris Di SMAN 3 Mataram. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran, 4(1), 41-47.

Gulo, S., & Sidiqin, M.A. (2020). Kemampuan Menulis Teks Anekdot Dengan Menggunakan Media Gambar Oleh Siswa Kelas X SMK Swasta YPIS Maju Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 17(1), 20-34.

Hasmiri, Emmy Rianto. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Keterampilan Desain dan Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 4 Di Kota Bengkulu. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 12(2), 500-510.

Iriany, R., & Tenriana, N. (2021). Analisis kesalahan penyusunan kalimat efektif dalam karangan deskriptif pada siswa kelas XI SMA Jaya Negara Makassar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 627-640.

Jafar, J. (2023). Korelasi Penguasaan Kosakata Dengan Kemampuan Menulis Wacana Pada Siswa Kelas XI SMA Jaya Negara. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(11), 907-909.

Pandarangga, Umbu Asminto C. D. (2013). Keefektifan Penggunaan Media Gambar Pada Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Jerman di SMA Negeri 2 Wates Kulonprogo. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sari, Lia Kumala, et al. (2019). Pengembangan Pembelajaran Menulis Teks Ceramah Dengan Model Problem Based LearningDipadukan Media Gambar Pada Siswa Kelas XI SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(1), 59-72.

Situmorang, Nila Martha Y. (2018).Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas X APHC SMK Negeri 1 Singaraja Melalui Teknik Guiding Questions. Journal of Education Action Research, 2(2), 165-171.

Tangkur, Martinus. (2017). Kemampuan Menulis Paragraf Deduktif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 35 Makassar. Skripsi. Universitas Bosowa.

Published
2024-08-28
How to Cite
Amat, M., Iriany, R., & Tenriana, N. (2024). Keefektifan Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Deduktif pada Siswa Kelas XI SMK Amaliyah Bajo. AROKI: URNAL AHASA, ASTRA, AN ENGAJARANNYA, 1(2), 88-97. etrieved from https://journal.unpacti.ac.id/index.php/maroki/article/view/1488
Section
Articles