Keefektifan Teknik Bermain Peran dalam Membaca Puisi "Sepasang Sepatu Tua" Karya Sapardi Djoko Damono pada Siswa Kelas X SMA Makassar Raya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode bermain dalam membaca puisi “Sepasang Sepatu Tua” pada siswa kelas X SMA Makassar Raya. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experimental design). Desain penelitian menggunakan model Control Group Design (pre-test dan post-test). Populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas X SMA Makassar Raya. Sampel penelitian berjumlah 25 siswa dengan teknik total sampling yang dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu kelompok kontrol dan eksperimen. Pengumpulan data menggunakan teknik bermain peran. Instrumen penelitian meliputi observasi, tes, RPP, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik bermain peran efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas X SMA Makassar Raya. Hal ini dibuktikan dengan persentase perbandingan nilai tes pada kelas kontrol yang tidak menerapkan teknik bermain peran dengan kelas eksperimen yang menerapkan teknik bermain peran. Pada kelas kontrol, persentase siswa yang meraih nilai ≥75 hanya sekitar 40%, yang belum memenuhi kriteria ketuntasan klasikal, yaitu 83. Sementara pada kelas eksperimen, persentase siswa yang memeroleh nilai ≥75 adalah 100%, artinya sudah mencapai kriteria ketuntasan klasikal.
References
Ardiyansyah, M, A. M. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Kreatif Puisi dengan Pemanfaatan Media Lagu. 1–14.
City, I., Shalihah, N., & Primandika, R. B. (2018). Analisis Puisi Sapardi Djoko Damono dengan Pendekatan Semiotika. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(6), 1015–1020.
Dimyati. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Gloriani, Y., & Novia, T. (2012). Analisis Diksi, Rima, dan Gaya Bahasa pada Puisi Karya Siswa Kelas VIII SMP Negeri Sindangagung Kabupaten Kuningan Tahun Ajaran 2012/2013. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1).
Hamalik, Oemar. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurgiyantoro, Burhan. (2010). Penilaian Pembelajaran Sastra Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
_______________________. (2018). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Rahayu, S. (2012). Efektivitas Metode Bermain Peran terhadap Kemampuan Mengekspresikan Dialog dalam Pementasan Drama pada Siswa Kelas XI SMA Laksamana Martadinata Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Basastra, 1(2), 54934.
Sutikno, Sobry M. (2014). Metode dan Model-Model Pembelajaran. Mataram: Holistika.
Uno, Hamzah B. (2012). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Copyright (c) 2025 Yuliana Nesti, Imran, Rusman Latif

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Publisher:
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Makassar
Alamat: Jl. Andi Mangerangi No. 73 Makassar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.