Efektivitas Penerapan Metode Experiental Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerpen pada Siswa Kelas X MA At-Thahiriyah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode experiental learning dalam menulis teks cerpen pada siswa kelas X MA At-Thahiriyah. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif dengan metode pra-eksperimen (pre-experimental design). Desain penelitian menggunakan model Control Group Design (pre-test dan post-test). Populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas X MA At-Thahiriyah. Sampel penelitian berjumlah 26 siswa dengan teknik total sampling yang dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu kelompok kontrol dan eksperimen. Pengumpulan data menggunakan metode experiental learning. Instrumen penelitian meliputi observasi, tes, RPP, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode experiental learning efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis teks cerpen siswa kelas X MA At-Thahiriyah. Hal ini dibuktikan dengan persentase perbandingan nilai tes pada kelompok kontrol yang tidak menerapkan metode experiental learning dengan kelompok eksperimen yang menerapkan metode experiental learning. Pada kelas kontrol, persentase siswa yang meraih nilai ≥75 hanya sekitar 43,3%, atau sekitar 3 siswa dari total 13 siswa. Sementara pada kelas eksperimen, persentase siswa yang memeroleh nilai ≥75 adalah 86,7% atau sekitar 12 siswa dari total 13 siswa yang diberi perlakuan.
References
Aeni, E. S., & Lestari, R. D. (2018). Penerapan Metode Mengikat Makna dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Mahasiswa IKIP Siliwangi Bandung. Semantik, 7(1).
Alfiawati, R. (2021). Analisis Kemampuan Menggunakan Kalimat Efektif dalam Karangan Deskripsi Di SMP Negeri 9 Bandar Lampung. Wahana, 73(1), 119-125.
Alifa, N., & Setyaningsih, N. H. (2020). Pengaruh Keterampilan Menyimak dan Membaca Cerpen Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(2), 98-103.
Arsad, A., Stofiana, T., & Toruncu, Y. D. (2023). Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Buton melalui Metode Pembelajaran Experiental Learning. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 7(2), 25-34.
Cahyaningsih, R. D., Mujiyanto, J., & Khumaedi, M. (2019). Penilaian Autentik Keterampilan Membaca Berbasis Strategi Metakognitif. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 3(1), 47-55.
Dibia, I. K., Dewantara, I. P. M., & Widiana, I. W. (2017). Pemberdayaan Teknik Bercerita Berbasis Budaya Bali dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Karangan Pribadi Siswa Kelas V SD Mutiara Singaraja. Journal of Education Research and Evaluation, 1(2), 113-119.
Faradila, D. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Perilaku Keuangan dan Intensi Meminjam dari Pinjaman Online/P2P Lending pada Mahasiswa Universitas Islam Indonesia. Skripsi. Universitas Islam Indonesia.
Munawar, A., & Wicaksono, D. M. (2023). Analisis Cerpen Narasi Pagi Sapu Lidi Karya Reza Firdaus Tsani dengan Menggunakan Pendekatan Mimetik. Metonimia: Jurnal Sastra dan Pendidikan Kesusastraan, 2(1), 132-139.
Wati, H. S., & Santosa, W. H. (2019). Keefektifan Penggunaan Media Papan Cerita dalam Pembelajaran Menulis Teks Fabel pada Kelas VII MTs Yapi Pakem Sleman Yogyakarta Tahun Pelajaran. Caraka: Jurnal Ilmu Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajarannya, 5(2), 29-36.
Werdiningsih, R. (2014). Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Syair Tembang Macapat Melalui Media Gambar pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA N 1 MIRIT Tahun Ajaran 2013/2014. ADITYA: Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, 4(3), 1-6.
Copyright (c) 2025 Muhammad Nasrun Ali, Rosary Iriany, Rusman Latif

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Publisher:
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Makassar
Alamat: Jl. Andi Mangerangi No. 73 Makassar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.