Implementasi Kebijakan Brigade Siaga Bencana Dalam Tanggap Darurat Di Kabupaten Bantaeng

  • Azhar Aljurida Universitas Indonesia Timur
  • Muhammad Zulkifli STISIP 17-8-1945 Makassar
Keywords: Implementasi Kebijakan; Tanggap Darurat; Brigade Siaga Bencana.

Abstract

Brigade Siaga Bencana dalam tanggap darurat dikabupaten Bantaeng sebagai salah satu produk kebijakan yang dibuat oleh pemerintah kabupaten Bantaeng bertujuan untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat secara cepat, tepat dan efisien, namun produk kebijakan tidaklah cukup hanya dengan membuatnya semata melainkan juga perlu diimplementasikan dengan baik sehingga harapan yang ingin dicapai bisa terlaksana dengan sesuai dengan tujuan. Metode penelitian yang digunakan dalam kajian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu mendekripsikan dan menggambarkan secara utuh informasi yang diperoleh. Hasil penelitian menujukkan bahwa implementasi kebijakan dari pendekatan teori implementasi van meter dan van horn menunjukkann bahwa Brigade siaga bencana bertujuan untuk mendekatkan dan mempercepat penanganan kesehatan kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh satgas khusus dan terampil yang siaga selama 24 jam penuh, Faktor  kondisi alam yang ada dikabupaten Bantaeng terutama dari aspek geografi dan topografi, terkadang menjadi penyebab keterlambatan penangan kesehatan bagi masyarakat, Brigade siaga bencana kabupaten Bantaeng mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas dinas kesehatan dan rumah sakit dalam rangka menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang bersifat darurat atau penangan kesehatan pra rumah sakit.  

References

Abdul Wahab, Solichin. 1997. Analisis Kebijakan Publik dari Formulasi ke Implementasi Kebijaksanaan Negara, Jakarta. Bumi Aksara.

Anugrah Otonomi Award, 2011. The Fajar Institute of Pro-Otonomi. (Antaranews.com).

Bantaeng Dalam Angka. Badan Pusat Statistik Kabupaten Bantaeng Tahun 2016.

Dunn, Willian.N. 2000. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Diterjemahkan oleh: Samodra Wibawa, dkk. Jogjakarta: Gajah Mada University.

Jones, Charles O. 1996. Pengantar Kebijakan Publik (Public Policy). Diterjemahkan oleh Ricky Ismanto. Jakarta : PT Raja Grafmdo Persada.

Kadji, Julianto. 2008. Implementasi Kebijakan Publik Melalui MSN Approach. Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika, Volume 6 Edisi Khusus Juli 2008. Malang : Universitas Merdeka Malang.

MPBI (Masyarakat Penanggulangan Bencana Indonesia). 2005. Membangun Ketahanan Bangsa dan Komunitas Terhadap Bencana, Jakarta MPBI.

Nudgroho D, Riant. 2003. Kebijakan Publik : Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

SK Bupati Bantaeng No.430/595/XII/2009 Tentang Pembentukan Tim Emergency Service Kabupaten Bantaeng.

Undang-Undang Dasar 1945 pasal 28C ayat 1.

Published
2019-11-27