AUTHOR GUIDELINE

Judul Artikel: Template JGLP 2021 (cambria, font size 18)

 First Author1, Second Author2, Third Author3 (Cambria, 12)

1First Author Affiliation & Address (cambria, 9)

2Second Author Affiliation & Address

3Third Author Affiliation & Address

Corresponding Author: coresponding@gmail.com

Abstract: Abstract written in english with single space (one) and written in italics.. Abstract includes a description of the purpose, methods and result. Abstract written in brief, concience and written in one alinea (up to 200 words) that summarize tmportant research variable, purpose and methods (eg: sample and techniques analysis used), and the answer to research problem and result. Abstract contain of keywords of ideas aor basic concept in the fields of study. Abstract maximal 4 words.

Abstrak: Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dengan spasi tunggal (satu) menggunakan Cambria 10pt. Abstrak mencakup deskripsi tujuan, metode, dan hasil. Abstrak ditulis secara singkat, padat dan ditulis dalam satu alinea (hingga 200 kata) yang merangkum variabel penelitian penting, tujuan dan metode (misalnya: sampel dan teknik analisis yang digunakan), dan jawaban untuk masalah dan hasil penelitian. Abstrak berisi kata kunci gagasan atau konsep dasar dalam bidang studi. Maksimal 4 kata abstrak.

PENDAHULUAN

Bagian ini berisi tentang latar belakang penelitian, tujuan, kontribusi (manfaat penelitian secara teoritik dan praktis), hasil penelitian dan implikasi (saran praktis berdasarkan hasil penelitian). Hasil penelitian dan implikasi pada bagian pendahuluan hanya berupa saran (tidak wajib).

Template ini memberikan semua informasi yang diperlukan kepada penulis mengenai spesifikasi pemformatan yang diperlukan untuk menyiapkan versi elektronik artikelnya. Kami meminta Anda untuk membuat naskah Anda terlihat persis seperti dokumen ini. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan mengunduh template, dan mengganti (copy-paste) konten dengan materi Anda sendiri. Manuskrip bisa dalam bahasa  Indonesia ataupun Inggris. Dokumen ini mencakup deskripsi lengkap tentang font, spasi, dan informasi terkait untuk menghasilkan manuskrip artikel Anda.

Margin, lebar kolom, spasi baris, dan gaya tipe sudah terpasang: contoh gaya tipe disediakan di seluruh dokumen ini dan diidentifikasi dalam huruf miring, di dalam tanda kurung, mengikuti contoh. Harap jangan mengatur ulang margin.

Bagian ini berisi literatur yang dirujuk dan terkait dengan penelitian dan pengembangan hipotesis. Bagian ini berisi tentang teori dan literatur yang dirujuk dan dikaitkan dengan tulisan. Sangat disarankan agar literatur yang dirujuk diterbitkan 10 tahun terakhir dengan urutan sebagai berikut: jurnal internasional ternama, jurnal nasional terakreditasi, jurnal nasional, simposium internasional, simposium nasional, buku teks, dan laporan harian.

Untuk penelitian uji hipotesis, rumusan hipotesis dibangun dengan berpijak pada teori pendukung, penelitian sebelumnya, dan argumentasi logis. Setelah penjelasan dibuat, barulah tulis hipotesis Anda dengan format sebagai berikut:

 H1: tulis hipotesis yang dirumuskan

 Untuk penelitian kualitatif tanpa pengujian hipotesis, maka yang disajikan pada bagian ini adalah tinjauan pustaka (teori dan penelitian sebelumnya serta argumentasi yang difokuskan pada tinjauan penelitian) dan fokus penelitian yang dituliskan dalam bentuk pertanyaan sebagai berikut:

 RM:   sebutkan masalah yang mewakili fokus penelitian.

METODE PENELITIAN

Bagian ini berisi tentang desain penelitian, subjek/objek/sampel penelitian, definisi operasional dan variabel pengukuran, teknik/instrumen pengumpulan data dan analisis data serta pengujian hipotesis. Jika penulis ingin merepresentasikan gambar/tabel dalam ukuran besar, maka gambar/tabel tersebut dapat disajikan dalam satu kolom.

HASIL DAN DISKUSI

Bagian ini berisi tentang karakteristik data subjek/objek/sampel/responden penelitian, hasil analisis data, instrumen pengujian dan hipotesis (jika ada), jawaban pertanyaan penelitian, temuan dan interpretasi temuan. Bagian ini jika memungkinkan, dapat dibuat grafik untuk setiap variabel penelitian. Selanjutnya disajikan nilai statistik deskriptif (contoh: Mean, SD, Maximum, Minimum) dengan interpretasinya. Di akhir bagian ini disajikan hasil penelitian hipotesis dan pembahasannya secara lengkap

Gambar dan Tabel

Gambar dan tabel harus ditempatkan di tengah kolom. Gambar dan tabel besar dapat tersebar di kedua kolom. Tabel atau gambar apa pun yang memiliki lebar lebih dari 1 kolom harus diposisikan di atas atau di bawah halaman.

Keterangan Gambar

Angka harus diberi nomor menggunakan angka Arab. Judul gambar harus dalam font Reguler 8 pt. Teks dari satu baris harus di tengah sedangkan teks multi-baris harus rata. Keterangan dengan nomor gambar harus ditempatkan setelah angka yang terkait.

Keterangan Tabel

Tabel harus diberi nomor menggunakan huruf besar Romawi. Judul tabel harus di tengah dan dalam font Reguler 8 pt dengan Small Caps. Setiap kata dalam judul tabel menggunakan huruf besar kecuali untuk kata-kata pendek. Judul dengan nomor tabel harus ditempatkan sebelum tabel terkait.

Nomor Halaman, Header and Footer

Nomor halaman, header dan footer tidak boleh digunakan.

Tautan and Bookmark

Semua tautan hypertext dan penanda bagian akan dihapus dari kertas selama pemrosesan makalah untuk publikasi. Jika Anda perlu merujuk ke alamat email atau URL Internet di makalah Anda, Anda harus mengetikkan alamat atau URL secara lengkap dalam font Reguler.

KESIMPULAN
Memaparkan kesimpulan, implikasi, batasan dan saran penelitian secara berurutan. Implikasi adalah nasehat praktis dari hasil penelitian. Batasan penelitian mencakup hal-hal yang dapat dilakukan peneliti dalam melakukan penelitiannya. Sedangkan saran merupakan saran untuk penelitian selanjutnya berdasarkan keterbatasan yang tidak dapat dilakukan peneliti dalam penelitiannya.


UCAPAN TERIMAKASIH
Bagian ini diberikan kepada penulis untuk mengucapkan terima kasih baik kepada para penyandang dana penelitian maupun pihak lain yang telah berkontribusi dalam realisasi penelitian. Bagian ini tidak wajib

REFERENSI

Judul bagian Referensi harus menggunakan APA style. Disarankan bagi penulis untuk menulis dengan menggunakan manajemen referensi yaitu mendeley.

Isunju, J. B., Schwartz, K., Schouten, M. A., Johnson, W. P., & van Dijk, M. P. (2011). Socio-Economic Aspects of Improved Sanitation in Slums: A review. Public Health, 125(6), 368–376. https://doi.org/10.1016/j.puhe.2011.03.008

Omole, K. F. (2010). An Assessment of Housing Condition and Socio-Economic Life Styles of Slum Dwellers in Akure, Nigeria. Contemporary Management Research, 6(4), 273–290. https://doi.org/10.7903/cmr.2980

Parvin, K., Sultana, N., & Naved, R. T. (2016). Disclosure and help seeking behavior of women exposed to physical spousal violence in Dhaka slums. BMC Public Health, 16(1), 1–8. https://doi.org/10.1186/s12889-016-3060-7