Implementasi Pelayanan Publik Pada Program SIDUKUN 3 In 1 Dalam Pengurusan Administrasi Kependudukan Di DKI Jakarta

  • Iqbal Aidar Idrus Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta
  • Komang Jaka Ferdian Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta
Keywords: Implementasi Kebijakan; Pelayanan Publik; Administrasi Kependudukan.

Abstract

Penelitian ini menjawab Implementasi program SIDUKUN 3 In 1 dalam pelaksanaan pelayanan administrasi kependudukan. Program tersebut dikembangkan untuk mengimplementasikan Undang-Undang No. 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan (Adminduk). Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif, yang dilakukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta  yang saling terintegrasi dengan instansi rumah sakit dan BPJS Kesehatan terkait dengan kualitas pelayanan administrasi kependudukan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemerintah DKI Jakarta  cukup berhasil melaksanakan pelayanan administrasi kependudukan, akan tetapi masih kurang dalam mesosialisasikan program tersebut. Sehingga masih banyak masyarakat yang belum mengetahui program “SIDUKUN 3 in 1” dalam memberikan layanan bagi anak yang dilahirkan di rumah sakit, langsung mendapatkan Surat Keterangan Kelahiran dari rumah sakit, Nomor Induk Kependudukan (NIK) bayi, Kartu keluarga yang sudah update, akta kelahiran, kartu identitas anak dan BPJS Kesehatan untuk bayi. Dengan  pengurusan pelayanan yang cepat  dan tidak dipungut biaya, pada tahun 2019 sudah 79 rumah sakit, 44 puskesmas  dan 5700 akte kelahiran yang sudah di cetak oleh Dinas Dukcapil.

References

Anonimus. LAN-RI. !999. Pedoman Penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Jakarta : LAN-RI.
Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. California: SAGE Publication
Governance in Practice: Belajar dari Pengalaman di Indonesia. Yogyakarta: Dies FisipolUGM ke 49.
Grindle, merille S., (ed.), 1980, Politics and Policy Implementation in the Third Word, New jersey: Princentown University Press.
Moleong, J. L. (2007). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mukarom,Wijaya laksana,2016. Manajemen Pelayanan Publik.Bandung.CV Pustaka Setia
Muluk, K. (2008). Knowledge Management: Kunci Sukses Inovasi Pemerintahan Daerah.Malang: Bayu Media.
Nugroho, Riant, 2009. Public Policy. Jakarta , Gramedia.
Osborne, S. P. (2005). Managing Change and Inovation in Public Service Organizations. New
Purwanto Erwan Agus, 2009. Strategi Penerapan Standar Pelayanan Untuk Reformasi Birokrasi,Gaya Media, Yogyakarta.
Rukayat, Y. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan diKecamatan Pasir Jambu. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Adminitrasi Vol 11, No. 2.
Setiyono, B. (2016). Birokrasi dalam Perspektif Politik Administrasi. Bandung : NuansaCendekia.
Suaedi, d. W. (2010). Revitalisasi Administrasi Negara Reformasi Birokrasi dan E-Government. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Widayahseno, B. (2015). Inovasi Bupati di ruang demokrasi membangun kesadaran InovasiBirokrasi. Jurnal Ilmu Sosial dan Politik.
York: Routledge.Pratikno. (2004). Dari Good Governance Menuju Just and Democratic Governance.
Published
2019-11-28